Tips Kecantikan, Ini Dia Tips Make Up Lebaran 2023 untuk Kamu Pemilik Kulit Sawong Matang

Kamis, 20 April 2023 | 12:30
FREEPIK

Ilustrasi make up

GridHype.ID -Tips kecantikan ini bisa banget kamu contek untuk Lebaran 2023 besok.

Tips kecantikan ini juga penting buat kamu yang memiliki kulit sawo matang.

Sebab, tips kecantikan ini akan membagikan tipsmake up lebaran untuk wanita kulit sawo matang.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak selengkapnya!

Memilih gaya make up untuk wanita Indonesia yang rata-rata memiliki kulit sawo matang ternyata tidaklah mudah.

Sebab, beberapa gaya make up yang tidak sesuai untuk kulit sawo matang bisa menyebabkan tampilan yang kurang menarik.

Misalnya, menimbulkan oksidasi yang bisa membuat kondisi make up menggelap atau menjadi keabu-abuan, serta wajah terlihat lebih berminyak.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, seorang make up artist profesional dari @semakeup.co, Septi Maulani, pun membagikan tips make up bagi para wanita berkulit sawo matang, khususnya saat merayakan Lebaran sebagai berikut.

1. Memakai skincare tanpa efek whitening

Menurut Septi, sebelum memulai menggunakan make up, kita perlu memakai rangkaian skincare yang terdiri dari pembersih (cleanser), toner, serum, day cream, dan sunscreen.

"Selain bisa memberikan hasil yang lebih bagus, memakai skincare sebelum make up juga bisa melindungi kulit dari bahan-bahan kimia."

Demikian penuturannya kepada Kompas.com ketika ditemui dalam acara Beauty Class by Mizzu di Bentara Budaya Jakarta, belum lama ini.

"Memakai skincare juga membantu menjaga kulit lebih kenyal dan lembap sehingga pengaplikasian make up jadi lebih awet," kata dia.

Baca Juga: WASPADA Produk Make Up Kadaluwarsa Sebelum Tanggalnya, Begini Cara Mengeceknya

Untuk penggunaan day cream dan sunscreen, Septi juga mengingatkan agar kita menghindari produk dengan kandungan pemutih (whitening), atau yang bisa menimbulkan efek white cast.

"Pastikan juga day cream mengandung moisturizer dan SPF. Pilihlah produk yang berbasis nature beauty karena bahan-bahannya pun lebih alami," sarannya.

2. Mengaplikasikan color corrector

Setelah memakai skincare, selanjutnya Septi merekomendasikan kita untuk mengaplikasikan color corrector, yang bisa membantu untuk membuat tampilan make up lebih flawless.

"Untuk wanita berkulit sawo matang, color corrector dengan warna shade orange itu adalah kunci jika kita memiliki foundation keputihan atau tidak cocok dengan warna kulit kita," terang Septi.

"Apa pun gaya make up-nya, color corrector itu wajib dipakai."

"Entah itu foundation atau bedak kita yang keputihan, warna orange dari corrector bisa menolong dari oksidasi dan menyeimbangkan warna kulit kita," jelas dia.

Lebih lanjut, Septi mengungkapkan bahwa untuk gaya make up wanita berkulit sawo matang, complexion yang paling cocok untuk merayakan Lebaran adalah warna-warna yang warm.

"Untuk kulit sawo matang, complexion yang sebaiknya dipakai di hari Lebaran adalah warna-warna warm seperti orange, terracotta, atau cokelat.

"Apalagi saat Lebaran kita bakal sering keliling dari rumah ke rumah, warna-warna warm ini biasanya awet dipakai seharian," tambah dia.

3. Warna lipstik nude dan merah

Selama beberapa tahun terakhir, lipstik nude dan merah telah banyak digemari wanita dengan beragam jenis maupun warna kulit.

Namun, khususnya bagi wanita berkulit sawo matang, Septi menyarankan untuk memakai perpaduan lipstik nude dan merah yang bisa membuat tampilan lebih segar dan cerah.

"Kalau warna lipstik untuk kulit sawo matang, sebenarnya nude dicampur merah sangat cocok," katanya.

"Itu juga merupakan warna-warna yang bakal kepakai seharian dari pagi sampai malam."

"Jadi, saran saya bisa memakai lipstik nude orange, kemudian di dalamnya ditambahkan ombre warna merah," imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Make Up Lebaran untuk Wanita Berkulit Sawo Matang"

Baca Juga: Ferdy Sambo Sampai Pasang Badan Ambil Tanggung Jawab Demi Sang Istri, Penampilan Putri Candrawathi Disebut Netizen Berubah Drastis : Make Up-nya gini ya

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya