Tips Kesehatan Konsumsi Taoge untuk Kesehatan, Salah Satunya Kontrol Gula Darah

Jumat, 17 Februari 2023 | 07:00
pixabay.com

manfaat taoge

Gridhype.id-Inilah tips kesehatan tentang konsumi taoge yang sangat baik bagi kesehatan.

Selama ini taoge memang dikenal memiliki banyak kandunga penting, pantas saja jika kerap digolongkan sebagai tips kesehatan.

Adapun tips kesehatan ini sangat menarik karena bisa membantu mengatasi sejumlah masalah di dalam tubuh.

Taoge banyak kita temui di berbagai hidangan Nusantara, baik disajikan mentah maupun matang.

Taoge merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Meski rendah kalori, taoge mengandung banyak nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Kandungan vitamin dan mineralnya juga bervariasi berdasarkan varietasnya.

Kandungan Nutrisi Taoge

Secara umum, proses perkecambahan meningkatkan kadar nutrisi sehingga membuat taoge lebih kaya akan protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, serta vitamin C dan K daripada tanaman yang tidak bertunas.

Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bertunas membantu meningkatkan kandungan protein.

Protein dalam taoge lebih mudah dicerna. Ini mungkin karena proses pertunasan, yang tampaknya mengurangi jumlah antinutrien, senyawa yang menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari tanaman hingga 87 persen.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makanan yang terbuat dari kacang bertunas juga lebih bergizi.

Misalnya, tahu dan susu kedelai yang terbuat dari kedelai kecambah mengandung protein 7–13 persen lebih banyak, lemak 12–24 persen lebih sedikit, dan antinutrisi 56–81 persen lebih sedikit daripada tahu dan susu kedelai yang dibuat dari kedelai tidak bertunas.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Sayur Murah Ini Ampuh Atasi Uban di Rambut

Manfaat Taoge untuk Kesehatan

Dilansir dariHealthline,berikut adalah beberapa manfaat taoge untuk kesehatan.

1. Mnegontrol Gula Darah

Taoge dapat membantu mengendalikan gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan, manfaat ini mungkin karena taoge mengurangi jumlah total karbohidrat dalam kecambah.

Teori lain mengatakan bahwa taoge mungkin memiliki kemampuan yang meningkat untuk mengatur aktivitas enzim amilase, yang digunakan tubuh untuk memecah dan mencerna gula dengan baik.

2. Meningkatkan Pencernaan

Taoge dapat membantu kita mencerna makanan dengan lebih mudah. Studi menunjukkan bahwa ketika biji bertunas, jumlah serat yang dikandungnya meningkat.

Misalnya, dalam sebuah penelitian, biji-bijian yang dibiarkan bertunas selama lima hari mengandung serat hingga 133 persen lebih banyak daripada biji-bijian yang tidak bertunas

Tumbuh tampaknya secara khusus meningkatkan jumlah serat tidak larut, sejenis serat yang membantu membentuk tinja dan memindahkannya melalui usus, mengurangi kemungkinan sembelit.

Selain itu, taoge tampaknya mengurangi jumlah gluten yang ditemukan dalam biji-bijian, yang membuatnya lebih mudah dicerna, terutama bagi orang yang sensitif terhadap gluten.

Baca Juga: Biasa Cuma Dimakan Saat Jadi Pelengkap Bakso, Mulai Sekarang Coba Rajin Kunyah Taoge Rebus Pagi-pagi, Efeknya Gak Main-main

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Taoge mungkin bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ini terutama karena taoge dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kadar kolesterol darah tinggi.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa makan kecambah dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol total serta kolesterol jahat.

Para peneliti juga mencatat bahwa tikus yang diberi kecambah mungkin mendapat manfaat dari peningkatan kolesterol darah yang serupa dengan yang dihasilkan dari penggunaan obat penurun kolesterol atorvastatin.

Hasil serupa telah diamati pada manusia. Dalam sebuah penelitian, 39 orang yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan diabetes tipe 2 dibagi menjadi dua kelompok. Satu diberi 60 gram kecambah lentil per hari, sedangkan yang lain tidak diberi kecambah.

Pada akhir studi delapan minggu, kelompok yang mengonsumsi kecambah lentil memiliki kadar kolesterol baik 12 persen lebih tinggi dan kadar trigliserida serta kolesterol LDL jahat 75-84 persen lebih rendah.

Artikel ini telah tayang dikompas.comdengan judul3 Manfaat Taoge untuk Kesehatan

Baca Juga: Bisa Nyesel Seumur Hidup Kalau Gak Coba, Mulai Sekarang Sering-sering Makan Taoge Rebus, Manfaatnya Lebih Dahsyat dari Obat Mahal

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya