Aneka Tips Kesehatan, Atasi Kolesterol Jahat dengan Sederet Rebusan Daun Murah Meriah Ini

Rabu, 30 November 2022 | 08:15
https://www.freepik.com/free-photo/young-male-psysician-with-patient-measuring-blood-pressure_619011

Aneka tips kesehatan, daun rebusan ini ternyata ampuh obati kolesterol jahat.

GridHype.ID -Aneka tips kesehatan ini pasti bikin penderita kolesterol tinggi ketagihan.

Sebab, aneka tips kesehatan ini akan menyajikan sederet rebusan daun yang ternyata ampuh atasi kolesterol tinggi.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak aneka tips kesehatan berikut sampai selesai!

Melansir dari GridHealth.ID, kolesterol merupakan salah satu penyakit yang umum didengar oleh masyarakat namun masih banyak yang mungkin belum mengenali manajemen penyakit ini dengan baik.

Penyakit ini akan sangat bergantung pada gaya hidup penderitanya, sehingga saat seseorang memiliki riwayat penyakit kolesterol maka penting untuk melakukan upaya pencegahan.

Pencegahan kolesterol sangat mungkin dilakukan dan ada beragam bentuknya, salah satunya adalah dengan menggunakan rebusan daun yang bagus untuk kolesterol.

Berikut ini ulasannya.

Mengenal Kolesterol Jahat

Kolesterol pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang secara alami di dalam darah, dengan fungsinya yang baik untuk tubuh.

Secara umum kolesterol dikenal ada dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Akan menjadi masalah dan menimbulkan penyakit, jika kadar kolesterol jahat meningkat dari yang seharusnya karena berisiko terjadinya timbunan lemak atau plak yang membuat penyumbatan pada aliran darah hingga terbentuk komplikasi seperti stroke dan serangan jantung.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Mulai Sekarang Jangan Anggap Sepele, Makan Ikan ini Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Jahat Meningkat

Konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang berlebih akan dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dalam darah seseorang.

Contoh dari lemak jenuh dan lemak trans dapat ditemukan pada produk susu, daging olahan seperti nuget, sosis, bakso, dan lainnya.

Rebusan Daun yang Bagus Untuk Kolesterol

Disebut-sebut berkhasiat dan memiliki manfaat baik, berikut ini daftar rebusan daun yang bagus untuk kolesterol, yaitu:

1. Daun Salam

Rebusan daun salam disebut baik untuk kolesterol karena dapat mengurangi glukosa serum, kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta sebaliknya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada penderita diabetes tipe-2.

Mulailah dengan merebus 20 gram daun salam dalam 400 ml air selama 15 menit.

2. Daun Kelor

Rebusan daun yang bagus untuk kolesterol lainnya adalah daun kelor karena menganduk rendah lemak dan tidak ada kolesterol berbahaya, juga kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. Mulailah untuk rutin mengonsumsinya.

3. Daun Avokad

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Mitos atau Fakta, Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Makan Telur? Begini Jawabannya

Daun avokad juga disebut dapat menjadi rebusan daun untuk kolesterol setelah adanya penelitian yang menunjukkan air rebusan daun avokad mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

4. Daun Sirih

Daun ini terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol LDL, kolesterol total, dan trigiserida, serta sekaligus membantu meningkatkan kolesterol HDL.

5. Daun Sirsak

Daun sirsak menjadi salah satu rebusan daun yang bagus untuk kolesterol karena disebut memiliki efek mengendalikan berat badan dan kolesterol darah, berasal dari flavonoid yang dapat menghambat enzim pembentukan kolesterol.

6. Daun Kari

Selanjutnya adalah daun kari, disebut bagus untuk kolesterol karena berkhasiat menurunkan kolesterol dan gula darah, meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat rebusan daun kari.

7. Daun Kumis Kucing

Memiliki kandungan flavonoid membuat daun kumis kucing juga menjadi pilihan untuk rebusan daun yang bagus untuk kolesterol, karena dapat membantu menurunkan kadarnya dalam darah.

8. Daun Serai

Pada penelitian dengan hewan, konsumsi daun serai telah terbukti dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun perlu penelitian lebih lanjut pada manusia terkait cara menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Minyak Zaitun Ampuh Lenyapkan Kolesterol Tinggi, Beigini Cara Pakainya

9. Daun Terminala Arjuna

Daun ini mungkin masih asing didengar, namun daun arjun ini disebut-sebut sangat luar biasa untuk semua masalah jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi racun dalam tubuh.

Cobalah gunakan bubuk daun arjun dalam jumlah 500 dan langsung diminum dua kali sehari setelah makan atau merebusnya dalam 400 ml air dan diminum jika sudah tersisa 100 ml.

10. Daun Ara Suci

Daun yang lain adalah daun ara suci yang juga baik untuk pengobatan jantung, cobalah rebus daun ini dengan air dan tunggu hingga air sisa seperempat lalu diminum, cobalah konsumsi selama beberapa hari.

11. Daun Ashwagandha

Rebusan daun yang bagus untuk kolesterol adalah daun ashwagandha yang dipercaya baik untuk jatung dengan membantu melebarkan pembuluh darah dan mengeluarkan racun lainnya.

Cobalah untuk gunakan 500 mg bubuk daun ini dan tuang dalam segelas air putih setiap hari dua kali, atau dengan cara direbus.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul "Macam-macam Rebusan Daun yang Bagus Untuk Atasi Kolesterol Jahat"

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, WASPADA Kaki Kram Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi, Begini Cara Mengidentifikasinya

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya