GridHype.ID -Siapa sih yang tak memiliki aplikasi WhatsApp di ponselnya?
Bisa dipastikan hampir semua orang yang memiliki ponsel atau handphone memiliki aplikasi pesan seperti WhatsApp ya.
Nah, membahas soal WhatsApp, baru-baru ini WhatsApp Business tengah ramai diperbincangkan.
Pasalnya, WhatsAppa Business memiliki fungsi untuk mempermudah seseorang menjalankan bisnisnya dengan berbagai fitur.
Melansir dari Nakita.ID, fitur WhatsApp Business ini juga bisa digunakan di ponsel Android dan iPhone.
Kelebihannya, WhatsApp Business bisa digunakan secara gratis.
WhatsApp Business memberikan layanan interaksi otomatis bagi para pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggannya.
Ada berbagai fitur WhatsApp Business yang berfungsi mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat.
Hampir sama dengan WhatsApp Messenger, WhatsApp Business didesain sebagai media percakapan yang memungkinkan pemilik bisnis bisa saling mengirim pesan, foto, hingga video dengan pelanggannya.
Cara Unduh WhatsApp:
1. Pertama buka Google Play Store untuk ponsel Android, atau App Store untuk iPhone.
2. Kemudian, download atau unduh aplikasinya, hingga selesai dan ter-install di ponsel kamu.
3. Selanjutnya, lakukan verifikasi nomor telepon bisnis kamu.
4. Setelah itu, jika ingin memulihkan cadangan chat, kamu bisa melakukan pencadangan WhatsApp.
5. Lalu, atur nama bisnis pada akun WhatsApp Business kamu.
6. Selanjutnya, lengkapi profil, dengan meng-klik pengaturan, lalu nama bisnis kamu.
Cara Menggunakan WhatsApp Business
1. Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business, sebelum menggunakan WhatsApp Business, klik Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.
2. Kemudian lakukan pendaftaran, pilih negara dan tambahkan kode negaranya, lalu masukkan nomor telepon kamu dalam format nomor telepon internasional.
3. Klik Selesai atau Lanjut, lalu klik Oke untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon.
4. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang kamu terima.
5. Izinkan akses ke kontak dan foto, kontak dari buku alamat telepon kamu dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business.
Baca Juga: Tegas Tolak Sahrul Gunawan, Ayu Ting Ting Sampai Blokir Kontak WhatsApp-nya karena Hal Ini: Maaf Yah
Kamu juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon.
6. Buat akun, kemudian masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.
7. Untuk mengatur profil bisnis, klik "Jelajahi" kemudian klik "Profil Bisnis".
Kamu juga bisa menambahkan informasi penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain sebagainya.
8. Klik mulai chat untuk lakukan percakapan pertama kali.
Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Beralih ke WhatsApp Business
1. Jika kamu sudah memiliki akun WhatsApp Messenger sebelumnya, pindahkan dulu informasi akun, seperti riwayat chat dan media ke akun WhatsApp business yang baru.
2. Perlu kamu ketahui, bahwa riwayat chat tidak dapat dipindahkan kembali ke WhatsApp Messenger jika kamu memutuskan untuk berhenti menggunakan aplikasi WhatsApp Business.
3. Pengguna bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger secara bersamaan selama kedua akun tertaut ke nomor telepon yang berbeda.
Karena WhatsApp tidak memungkinkan untuk menautkan satu nomor telepon ke kedua aplikasi pada waktu yang sama.
Fitur WhatsApp Business
Baca Juga: Heboh Pengguna WhatsApp Akunnya Diblokir dan Diberi Peringatan, ini Penyebab dan Solusinya
Melansir dari Tribunnews.com, WhatsApp Business juga menyediakanberbagai fitur, diantaranya:
1. Katalog
Fitur Katalog berfungsi untuk menampilkan informasi produk yang ditawarkan oleh akun WhatsApp Business tersebut.
Selain itu, fitur Katalog juga menyediakan layanan melalui akun bisnis kamu.
Seperti katalog produk pada umumnya, pemiliki akun WhatsApp Business dapat menulis deskripsi produk serta harganya.
2. Tautan pendek
Fitur Tautan pendek berfungsi untuk mempermudah pelanggan baru untuk terhubung dengan pemilik akun.
Pengguna dapat membagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis kepada pengguna.
Sehingga, pengguna dapat menyematkan tautan pendek agar orang lain dapat membuka tautan untuk memulai percakapan.
3. Fitur perpesanan
Fitur perpesanan merupakan fitur templat untuk menjawab pesan yang dikirimkan ke akun WhatsApp Business.
Pengguna dapat membuat salam yang dikirim secara otomatis untuk berinteraksi dengan pelanggan baru.
Setel pesan di luar jam kerja agar pelanggan kamu mengetahui kapan bisnis kamu akan buka kembali.
Selain itu, kamu dapat mengaturnya dengan mengaktifkan balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.
4. Label
Fitur Label berfungsi untuk membagi percakapan pelanggan menjadi beberapa kategori.
Pengguna dapat mengurutkan percakapan, seperti “Pelanggan baru” atau “Pesanan dalam proses.”
Baca Juga: WhatsApp Web Error, Lakukan 5 Langkah Ini Agar Bisa Digunakan Lagi
(*)