Pengguna WhatsApp yang Sudah Meninggal Dunia Tetiba Left Grup, Jangan Takut Ternyata Pihak WA Punya Aturan Seperti Ini

Senin, 14 November 2022 | 09:15

Grup WhatsApp

Gridhype.id-WhatsAppmasih menjadi aplikasi andalan masyarakay untuk melakukan interaksi secara daring.

Salah satu fiturWhatsAppyang banyak digunakan adalah grup, berfungsi untuk melakukan obrolan dengan sejumlah orang tertentu sebagai anggota di dalamnya.

Adapun setiap anggota grupWhatsAppdapat kapan saja meninggalkan grup sesuai kebutuhan masing-masing.

Pada dasarnya, meninggal grup dapat terjadi dalam dua kondisi, yaitu keluar secara mandiri atau dikeluarkan oleh admin grup.

Namun, tahukah Anda jika seorang anggota grupWhatsAppdapat sendirinya keluar dari sebuah grup karena suatu hal?

Kondisi yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang, ternyata penggunaWhatsAppyang sudah meninggal dunia bisa keluar dari grup dengan sendirinya.

Bukan soal perkara mistis, hal ini berkaitan dengan aktivitas pengguna yang sudah tidak lagi terdeteksi oleh pihakWhatsApp.

Tidak heran jika seorang anggota grup yang sudah meninggal dalam beberapa waktu tertentu secara tiba-tiba keluar dari grup tertentu.

Tidak perlu berpikiran negatif, ternyata hal tersebut merupakan salah satu keunggulan WhatsAppuntuk menjaga privasi penggunannya.

Seperti dilansir darikompas.com, akunWhatsAppyang tiba-tiba keluar dari grup secara tiba-tibabisa diakibatkan karena akun terdeteksi tidak lagi digunakan atau tidak aktif selama 120 hari.

Maksud dari tidak aktif itu adalah akun pengguna tidak terhubung dengan WhatsApp atauoffline.

Hal tersebut sempat disampaikan oleh Kepala Komunikasi WhatsApp wilayah Asia Pasifik, Jan Yap.

Baca Juga: WhatsApp Web Error, Lakukan 5 Langkah Ini Agar Bisa Digunakan Lagi

Ia menjelaskan bahwa WhatsAppdapat dihapus secara otomatis apabila penggunanya tidak digunakan selama 120 hari.

“Setelah 120 hari tidak aktif, akun WhatsApp umumnya akan dihapus. Dan ketika akun dihapus, mereka juga akan dihapus dari obrolan grup,” jelasnya.

Yap juga menjelaskan bahwa akun yang telah dihapus karena tidak aktif selama 120 hari akan dikeluarkan atau dihapus juga secara otomatis dari semua grup yang telah diikuti sebelumnya.

Senada dengan hal itu, laman resmi FAQ WhatsAppjuga menyebut bahwa penghapusan akun WA yang tidak aktif selama 120 hari itu bertujuan melindungi privasi pengguna sekaligus menjaga efisiensi data.

Dengan demikian, sangat mungkin bagi penggunaWhatsAppyang sudah beberapa bulan meninggal dunia tiba-tiba keluar dari grup yang diikutinya.

Baca Juga: WhatsApp Sharul Gunawan Langsung Diblokir Ayu Ting Ting, Sang Aktor Memohon Untuk Hal ini

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya