Padahal Kemarin Tolak Tawaran Kuasa Hukum Ferdy Sambo, Hotman Paris Banjir Kritikan dan Ungkap Alasan Jadi Pengacara Irjen Teddy Minahasa

Senin, 24 Oktober 2022 | 14:15
KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI | Kompas.tv/Ant

Hotman Paris Hotapea mengaku menjadi kuasa hukum Teddy Minahasa atas kasus narkoba.

GridHype.ID - Hotman Paris Hutapea merupakan salah satu pengacara kondang.

Namanya sudah malang melintang di dunia hukum sebagai pengacara.

Hotman Paris sering menjadi kuasa hukum orang-orag berpengaruh.

Setelah sebelumnya Hotman Paris sempat menolak menjadi kuasa hukum Freddy Sambo.

Padahal Ferdy Sambo sempat tergiur hendak menerima tawaran tersebut.

Sayangnya tawaran tersebut ditolak oleh Hotman Paris Hutapea.

Sang pengacara dengan tampilan nyentrik ini mempertimbangkan saran dari anak dan istrinya.

Mengutip dari TribunStyle, Hotman Paris mengaku diamuk istri saat ditunjuk jadi pengacara Ferdy Sambo.

Hotman Paris mengakui dirinya sempat diminta menjadi pengacara Ferdy Sambo.

Dipinang untuk jadi pengacara Ferdy Sambo sekaligus Putri Candrawathi, Hotman Paris terpikir untuk menerimanya.

Baca Juga: Institusi Kembali Tercoreng, Baru Jabat 4 Hari Kapolda Jatim, Irjen Teddy Minahasa Keciduk Propam Terlibat Narkoba

Namun pemikiran tersebut diubah Hotman Paris dalam waktu tiga hari.

Hingga akhirnya, Hotman Paris membulatkan tekad untuk menolak tawaran Ferdy Sambo, sang tersangka utama kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat ( Brigadir J).

Secara blak-blakan, Hotman Paris menceritakan dirinya yang nyaris jadi sorotan khalayak karena membela Ferdy Sambo.

"Saya diminta oleh Sambo jadi pengacaranya. Diminta juga jadi pengacara istrinya (Putri Candrawathi), setelah saya tiga hari mikir keras, akhirnya saya menyatakan menolak," ungkap Hotman Paris dilansir TribunnewsBogor.com dari tayangan Insert Trans TV, Selasa (20/9/2022).

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan keputusan Hotman Paris yang menjadi pengacara Teddy Minahasa.

Mengutip dari Tribun Jatim, Menurut netizen, tindakan Hotman paris seakan-akan mendukung gembong pengedar narkoba.

Pasalnya, Teddy Minahasa diduga terlibat kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, terkait 5 kilogram sabu-sabu.

Keputusan Hotman Paris tentu menuai kritikan publik.

Hingga akhirnya Hotman Paris menguak alasan dirinya mau menjadi pengacara dari Irjen Teddy Minahasa dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba

Dilansir dari Kompas.com, Hotman Paris mengatakan jika dirinya telah mengenal Irjen Teddy Minahasa jauh sebelum pandemi Covid-19 dan saat itu masih jadi karo Paminal di Propam Mabes Polri.

Baca Juga: 'Terus dengan Bahasa yang Kurang Mengenakkan' Rizky Febian Jebloskan Teddy Pardiyana ke Penjara dan Ungkap Kekecewaannya

"Saya mau karena saya sudah kenal Teddy ini jauh sebelum pandemi Covid-19.

Waktu dia jadi Karo Paminal di Propam Mabes Polri, dia banyak bantu pengaduan rakyat kecil yang datang ke Kedai Kopi Joni," ucap Hotman dikutip dari Kompas.com, Minggu (23/10/2022).

Hotman Paris membeberkan jika sosok Irjen Teddy Minahasa banyak membantu pengaduan rakyat kecil yang datang ke Kedai Kopi Joni.

Terlebih dengan terang-terangan Hotman Paris mengatakan jika sejak awal dirinya diminta menjadi pengacara Teddy Minahasa.

Irjen Teddy Minahasa batal jabat Kapolda Jatim

Sebelumnya dikutip dari Kompas.com, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan penunjukan Irjen Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jawa Timur.

Langkah ini menyusul kasus jaringan peredaran gelap narkoba yang menyeret Kapolda Sumatera Barat itu

"Terkait dengan posisi Irjen Pol TM (Teddy Minahasa) yang kemarin baru saja kita keluarkan TR (telegram rahasia) untuk mengisi Polda Jatim, hari ini saya akan keluarkan TR pembatalan dan kita ganti dengan pejabat yang baru," kata Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Sigit menjelaskan, terungkapnya keterlibatan Teddy dalam kasus ini berawal dari laporan masyarakat terkait jaringan peredaran gelap narkoba.

Berangkat dari situ, Polda Metro lantas mengamankan tiga orang dari unsur masyarakat sipil.

Baca Juga: Kini Hidup Bergelimang Harta Tembus Triliunan Rupiah, Hotman Paris Beri Pengakuan Menakjubkan Hampir Akhiri Hidup

Kemudian, dilakukan pengembangan yang ternyata mengarah pada keterlibatan anggota polisi berpangkat Bripka dan polisi berpangkat Kompol dengan jabatan Kapolsek.

Kasus ini terus dikembangkan hingga terungkap seorang pengedar yang mengarah pada personel Polri berpangkat AKBP, yakni mantan Kapolres Bukittinggi.

"Dari situ kemudian kita melihat ada keterlibatan Irjen TM," ujar Kapolri. Atas dugaan tersebut, Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri menjemput dan melakukan pemeriksaan terhadap Teddy Minahasa.

Kemudian, dilakukan pengembangan yang ternyata mengarah pada keterlibatan anggota polisi berpangkat Bripka dan polisi berpangkat Kompol dengan jabatan Kapolsek.

Kasus ini terus dikembangkan hingga terungkap seorang pengedar yang mengarah pada personel Polri berpangkat AKBP, yakni mantan Kapolres Bukittinggi.

"Dari situ kemudian kita melihat ada keterlibatan Irjen TM," ujar Kapolri. Atas dugaan tersebut, Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri menjemput dan melakukan pemeriksaan terhadap Teddy Minahasa.

Baca Juga: Tanpa Tedeng Aling-aling Gandeng Pengacara Kondang Hotman Paris Setelah Dilaporkan Dukun, Pesulap Merah Disebut Tutupi Ketakutanya

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas.com, Tribunstyle.com

Baca Lainnya