Padahal Sudah Babak Belur di Tangan Rizky Billar, Lesti Kejora Malah Cabut Laporan KDRT

Jumat, 14 Oktober 2022 | 16:00
(Instagram/lestykejora & rizkybillar)

Kolase foto Lesti Kejora dan Rizky Billar

GridHype.ID - Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang menimpa pedangdut Lesti Kejora nampaknya menemukan titik terang.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke polisi atas dugaan kasus KDRT.

Setelah dilaporkan, kini Rizky Billar telah ditetapkan sebagai tersangka.

Meski begitu, belum lama ini berhembus kabar kalau Lesti Kejora berupaya mencabut laporannya.

Benarkah demikian?

Melansir dari Tribunnews.com, polisi membenarkan jika Lesti Kejora berupaya mencabut laporan KDRT untuk melepaskan Rizky Billar dari jeratan hukum.

Lesti datang ke Polres Metro Jakarta Selatan untuk mencabut laporan saat penyidik resmi menahan Rizky Billar seusai penetapannya sebagai tersangka.

Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, saat dihubungi, Kamis (13/10/2022).

"Pihak Lesti tiba-tiba dia datang dan ingin cabut laporan. Saya belum menerima keterangan resmi dari pihak mereka," kata Zulpan.

Zulpan menyebut pihak kepolisian mempersilahkan jika Lesti benar-benar ingin mencabut laporan yang dibuatnya tersebut.

Pihak kepolisian saat ini hanya melakukan penegakan hukum sesuai prosedur yang berlaku.

Baca Juga: Pulang Umrah Langsung Cabut Laporan KDRT Rizky Billar Demi Sang Anak, Lesti Kejora Sebut Suaminya Sudah Akui Perbuatan

"Kalau mau mencabut itu silakan saja hak daripada korban tapi itu ada mekanisme dan prosedur," jelasnya.

Lebih lanjut, Zulpan menerangkan jika laporan tersebut secara resmi dicabut, namun tidak serta merta menggugurkan status tersangka dari Rizky Billar.

Dia mengungkapkan semuanya memiliki proses dan mekanisme yang harus dijalankan dalam suatu perkara tindak pidana.

"Proses hukum yang kita lakukan polisi respon laporan korban dalam rangka berikan keadilan kepada semua pihak terutama korban KDRT agar masyarakat mengerti dan hargai terutama korban karana langkah penegakan hukum ini dilakukan atas dasar laporan korban juga jadi kita hormati prosedur hukum yang ada," ucapnya.

"Ada mekanisme yang harus dilalui dalam prosedur hukum ini. Ada permohonan penangguhan, pencabutan nanti penyidik gelar perkara untuk memutuskan ini layak atau tidak," sambungnya.

Sebelumya, Pedangdut Lesti Kejora telah sampai di Tanah Air seusai menjalani ibadah umrah.

Istri Rizky Billar itu pun terlihat menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan sekitar pukul 16.45 WIB.

Lesti Kejora Hadir bersama kuasa hukumnya Sandy Arifin dengan pengawalan ketat.

Keduanya terlihat hadir ketika Kabid Humas Polda Metro Jaya tengah merilis kasus perkembangan Rizky Billar.

Pesinetron berusia 27 tahun itu dihadirkan menggunakan baju tahanan berwarna oranye.

Tanpa diketahui awak media, biduan satu anak itu melewati pintu belakang dan naik menggunakan lift khusus menuju lantai atas.

Baca Juga: Nikita Mirzani Bela Lesti Kejora, Singgung Soal Karma yang Bakal Diterima Rizky Billar Akibat Ulahnya: Loe Pikir Hebat?

Lesti tidak terdengar mengucapkan sedikitpun kata-kata, ia terlihat mengenakan kemeja putih dengan kerudung coklat menggunakan master berwarna hitam.

Sandy Arifin yang berada disamping kliennya itu berusaha untuk menjaga Lesti Kejora dari kejaran awak media yang berusaha mengambil gambar wajah sang biduan.

Sementara itu, Rizky Billar membuat sebuah statemen yang cukup mengagetkan usai dirinya dihadirkan dalam rilis di Polres Metro Jakarta Selatan.

Digiring polisi sembari menggunakan pakaian tahanan berwarna oren, Billar mengatakan bahwa Lesti akan menyabut laporannya.

Hal itu diucapkan Billar ketika dirinya dikerubungi awak media untuk dimintai keterangan soal tindakan KDRT yang dilakukannya.

"Istri saya mau cabut laporan," ucap Rizky Billar dengan wajah tegas sembari jalan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022).

Saat dikonfirmasi ke pihak kepolisian soal kemungkinan pencabutan laporan dilakukan oleh Lesti, Kapolres Metro Jakarta Selatan belum bisa memberikan penjelasan.

"Kami tidak bisa berandai-andai (cabut laporan)," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi

"Sampai dengan saat ini kami masih lakukan proses penyidikan," ujarnya.

Rizky Billar dalam Keadaan Sadar Saat Lakukan KDRT kepada Lesti Kejora

Melansir dari Kompas.com, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, artis peran Rizky Billar dalam keadaan sadar saat melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, pedangdut Lesti Kejora.

Baca Juga: Lesti Kejora Dikabarkan Sudah Cabut Laporan Soal KDRT, Kuasa Hukum Rizky Billar Kecewa Berat Kliennya Masih Ditahan

"Tidak dalam pengaruh minuman keras alkohol atau narkoba, yang bersangkutan dalam keadaan normal," ujar Zulpan di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022).

Zulpan mengatakan, penyidik sudah mengecek atau melakukan tes urine kepada Rizky Billar sejak awal pemeriksaan kasus KDRT.

"Iya sudah dilakukan, tidak ada pengaruh. Negatif semua. Alkohol juga negatif. Jadi dalam keadaan sadar," ucap Zulpan.

Sebelumnya, Rizky ditetapkan tersangka kasus KDRT terhadap Lesti Kejora.

Penetapan status tersebut diumumkan saat konferensi pers di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (12/10/2022).

Adapun Rizky Billar disangkakan Pasal 44 Ayat 1 UU No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT. Berdasarkan Pasal 44 Ayat 1 UU No. 23 Tahun 2004 tersebut, Rizky Billar terancam hukuman 5 tahun penjara.

Adapun Lesti sebelumnya melaporkan Rizky Billar atas dugaan kasus KDRT ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis 29 September 2022.

Kejadian bermula saat Lesti mengetahui suaminya itu selingkuh dan mengungkapkan niat untuk pulang ke rumah orangtuanya.

"Terjadi pertengkaran dua kali kejadian hari itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, dalam konferensi pers pada, 30 September 2022.

"Kekerasan ini adalah terlapor berusaha mendorong dan membanting korban ke kasur dan mencekik korban hingga terjatuh ke lantai dan hal itu dilakukan berulang kali," kata Endra Zulpan.

Baca Juga: Kliennya Sempat Ditetapkan Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Rizky Billar Klaim Lesti Kejora Sepakat Berdamai: Keduanya Ingin Memiliki Hubungan Baik

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya