Suaminya Dituding Bikin Onar hingga Diusir, Istri Penumpang Turkish Airlines Pasang Badan Beri Pembelaan: Beliau Membela Diri...

Jumat, 14 Oktober 2022 | 09:45
Tribun Medan

Seorang penumpang pesawat Turkish Airlines diduga mabuk dan menyerang kru pesawat

GridHype.ID - Dunia maya tengah ramai soal kabar keritbutan yang terjadi dalam penerbangan Turkish Airlines.

Dikabarkan seorang penumpang berinisial MJ yang dituding membuat onar di dalam penerbangan tersebut.

Tampak dalam video yang beredar MJ dikeroyok oleh penumpang lain lantaran menyerang ktu pesawat dan membuat keributan.

Kemudian, beredar video klarifikasi penumpang yang membuat kegaduhan di penerbangan Turkish Airlines rute Istanbul-Cengkareng yang terjadi pada Selasa (11/10/2022).

Penumpang yang membuat onar ini, merupakan salah satu karyawan Lion Air Group. Penumpang dimaksud (yang bersangkutan) sedang tidak dalam posisi bertugas kepentingan profesi dan perusahaan.

Dalam video tersebut, pria yang bernama John Jaiz (JJ) ini tengah dirawat, dan dijenguk oleh temannya, pada Rabu (12/10/2022).

Dalam keterangan di video yang dimaksud, JJ mengaku tidak dalam kondisi mabuk saat melakukan penerbangan Turkish Airlines.

"Berita yang beredar penumpangnya (dikabarkan dalam kondisi) mabuk, Masya Allah. Saya berbuat (mabuk) enggak, boro-boro minum," ucap JJ dalam video yang posting akun Twitter dengan username @dede_dedot96.

Dari informasi yang diperoleh Tribunnews.com, MJ melakukan kegaduhan lantaran ada penumpang di baris belakang yang mengeluarkan seekor anjing dengan sengaja. Dan JJ pun terganggu.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan ini, Ternyata Pakai Bahan Alami ini Ampuh Bikin Rambut Beruban Kembali Hitam Legam

Istri Pilot Lion Air Ikut Buka Suara

Puti Intan Ageyani Boudewijn, istri dari penumpang pesawat Turkish Airline berinisial MJ, memberikan klarifikasi atas apa yang terjadi pada suaminya pada penerbangan Istanbul (Turki) - Soekarno-Hatta Cengkareng, Selasa (11/10/2022) lalu.

Pihak kepolisian menyebutkan bahwa MJ yang merupakan pilot Lion Air itu dalam keadaan mabuk serta memukul pramugara hingga membuat pesawat mendarat darurat di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Namun, Puti menyangkal pernyataan itu.

"Kita (keluarga) tidak terima suami saya dikatakan mabuk, karena notabene mabuk itu pernah mabuk, dia (MJ) jauh dari mabuk," ujar Puti dalam jumpa pers di kediamannya di Komplek Griya Loka BSD, Tangerang Selatan, Kamis (13/10/2022) malam.

Puti juga membantah bahwa suaminya membuat onar di penerbangan itu. Ia justru menyebut suaminya hanya membela diri setelah pramugara pesawat Turkish Airline memukul lebih dulu.

"Suami saya hanya membeka diri kok. "Saya sedih, sebagai istri nama baik suami saya terancam.

Saya hanya minta diklarifikasi-lah, jangan sampai seperti itu," ucap Puti sambil meneteskan air mata.

Supri Abu, rekan MJ sesama pilot, yang ikut hadir dalam konferensi pers itu, membeberkan kronologi awal mula cekcok antara MJ dan pramugara.

Menurut dia, mulanya MJ yang hendak shalat subuh melihat ada penumpang lain membawa anjing yang disembunyikan di balik selimut. Anjing itu kemudian sempat melompat dan menjilat celana MJ.

Baca Juga: Usai Sang Suami Ditetapkan Tersangka KDRT, Lesti Kejora Langsung Temui Rizky Billar di Polres Dikawal Ketat

"Beliau muslim taat selalu menjaga wudhunya, tentu saja orang seperti ini sangat terganggu dengan kondisi seperti itu," kata Supri.

MJ pun lalu menegur pramugara dan mempertanyakan mengapa anjing itu bisa lolos masuk ke dalam pesawat.

"Terjadi mungkin adu argumen yang keras yang menyebabkan korban dipukul dulu, di situ beliau membela diri enggak tahu kenapa penumpang lain ikut memukul korban," kata Supri.

Keterangan Polisi Berbeda Adapun MJ yang sempat diturunkan dari pesawat di Bandara Kualanamu itu sudah diterbangkan ke Jakarta.

Kepala Kepolisian Resor Kota Deli Serdang Kombes Irsan Sinuhaji mengatakan, MJ sudah terbang pada Kamis (13/10/2022) 09.00 WIB.

MJ dipersilakan pulang setelah polisi memastikannya tidak mengonsumsi narkoba lewat tes urine.

Irsan menyebutkan, MJ sempat dirawat di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Kualanamu. Selama di sana, MJ didampingi istrinya.

Selama MJ dirawat, Irsan berbincang dengannya beberapa saat. Perbincangan itu dilakukan untuk memastikan MJ dalam keadaan mabuk atau tidak.

"Saya kan ada di bandara saya tidak ada cium bau alkohol. Kemudian hasil cek urinenya kemarin negatif," sebut Irsan.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, 5 Bahaya Konsumsi Madu Berlebih, Tubuh Alami Kerugian Besar

Irsan menyatakan, MJ tidak diperiksa lebih lanjut karena dianggap tidak ada dasar hukum untuk melakukannya.

Adapun keterangan yang menyebut MJ mabuk datang dari Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

"Informasi dari petugas Turkish Airlines di Bandara Soekarno-Hatta bahwa delayed terjadi karena adanya penumpang WNI di pesawat Turkish Airlines yang mabuk, kemudian memukul crew atau pramugara," kata Zulpan.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Begini Cara Membersihkan Paru-paru Bagi yang Sering Terpapar Asap Rokok, Cuma Butuh Air Hangat

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Twitter, Tribun Bisnis, Kompas

Baca Lainnya