Aneka Tips Kesehatan, Heran Tetangga Tak Pernah Bolak-balik Rumah Sakit, Rahasianya Ternyata Rajin Makan Buah Belimbing, Efeknya di Tubuh Luar Biasa

Rabu, 07 September 2022 | 12:15
Kompas

cuma modal makan buah belimbing bisa bantu kolestrol tetap stabil

GridHype.ID - Aneka tips kesehatan, siapa sangka cuma makan buah belimbingbisa membawa manfaat baik untuk tubuh.

Anda mungkin sering melihat buah belimbing yang dijual di pasaran atau bahkan di pekarangan rumah.

Tanpa disadari jika Anda rutin makan buah belimbing, kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Bagaimana tidak, buah yang berbentuk bintang saat dipotong ini rupanya menyimpan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Melansir Sajian Sedap, belimbing kaya akan serat dan vitamin C.

Tentunya jika rajin dikonsumsi bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Namun lebih dari itu, mengonsumsi belimbing ternyata juga memiliki manfaat lain yang cukup mengejutkan.

Apa saja manfaat rajin konsumsi belimbing ini?

Berikut informasi lengkapnya.

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

Selain kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, beberapa manfaat lain belimbing berikut ini juga jangan sampai Anda lewatkan, dilansir dari Pharmeasy.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Tiga Minuman Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Wanita Sulit Hamil, Hindari Mulai Sekarang!

1. Mengatasi diabetes

Buah belimbing mengandung serat tidak larut yang dapat membantu menurunkan penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

Ekstrak kasar buah belimbing juga dapat secara signifikan menurunkan kadar glukosa darah dan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar insulin dalam darah.

Temuan ini menunjukkan bahwa itu dapat membantu dalam manajemen potensial untuk diabetes

2. Kandungan antioksidan tinggi

Tak hanya buahnya, daun belimbing kaya akan vitamin C dan senyawa bioaktif seperti fenol dan flavonoid, yang merupakan sumber anti oksidan alami yang melimpah3.

Anti-oksidan ini mungkin membantu dalam mengais radikal bebas seperti peroksida dan hiperoksida dan dapat menghilangkan racun penyebab peradangan dari tubuh.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah studi menemukan bahwa belimbing menurunkan kadar lipid.

Secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi indeks massa tubuh, indeks aterogenik (mencerminkan nilai trigliserida dan high-density lipoprotein) dan kolesterol hati pada model hewan, mencegah perkembangan perlemakan hati non-alkohol.

Hal ini dapat membantu dengan kadar kolesterol karena seratnya yang tinggi dan kandungan rendah lemaknya.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, WASPADA Jika Tubuh Mulai Rasakan Tanda-tanda Ini, Ternyata Segini Batas Aman Minum Kopi agar Tak Ketergantungan Kafein

4. Melawan infeksi

Daun, buah dan kulit buah belimbing ternyata memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan berbagai bakteri dan jamur, menunjukkan aktivitas anti-mikroba.

Ekstrak daun belimbing wuluh berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan Gram negatif seperti S. aureus, Klebsiella spp., E. coli, P. aeruginosa dan B. cereus.1,3

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Belimbing mengandung vitamin C, yang mungkin tidak hanya membantu dalam menangkal radikal bebas, tetapi juga dapat menghasilkan sel darah putih tingkat tinggi dan dapat membantu membangun sistem kekebalan yang kuat.

6. Membantu pengobatan kanker

Konsumsi buah belimbing mungkin bermanfaat dalam menurunkan risiko terkena kanker.

Polifenol seperti proanthocyanin, asam galat dan vitamin C hadir dalam belimbing dan dapat bertindak sebagai antioksidan kuat.

Antioksidan ini dapat mengais peroksida dan hiperoksida, membantu sistem kekebalan tubuh dan membantu racun tubuh, yang berpotensi membantu kanker.

Selain buahnya, daun belimbing juga memiliki manfaat kesehatan lain yang tidka bisa dianggap remeh.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Rahasia Bebas Penyakit Mematikan Ternyata Cukup Olah Daun Kelor Jadi Seperti Ini, Siap-siap Tubuh Alami Perubahan Menakjubkan

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : SajianSedap.com

Baca Lainnya