Padahal Jadi Sumber Vitamin C, Buah Sejuta Umat ini Justru Harus Dihindari Oleh Penderita Batuk dan Pilek

Selasa, 06 September 2022 | 09:00
Kompas.com

Ilustrasi batuk

GridHype.id-Batuk dan pilek merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menjangkit siapa saja.

Terutama di musim penghujan, virus batuk dan pilek akan dengan mudah menyerang seseoragn dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Ada banyak pantangan ketika seseorang terkena batuk maupun pilek.

Salah satunya ialah tidak boleh meminum minuman dingin.

Hal ini diyakini akan memperparah gejala batuk dan pilek yang sedang dirasakan.

Namun tak hanya minuman dingin saja yang perlu Anda waspadai.

Pasalnya ada beberapa makanan yang selama ini dianggap dapat membantu penyembuhan batuk dan pilek, justru sebenarnya sangat berbahaya.

Makanan yang dianggap dapat meningkatkan imun tubuh ketika terserang batuk dan pilek ini justru memiliki efek yang sebaliknya.

Jika Anda tengah menderita batuk dan pilek sebaiknya Anda menghindari buah stroberi.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Cincau Tak Hanya Jadi Campuran Es Pelepas Dahaga, Siapa Sangka Kandungannya Ampuh Rontokkan Beragam Masalah Kesehatan di Dalam Tubuh

Meski stroberi merupakan sumber vitamin C yang sangat baik namun stroberidapat melepas histamin yang dapat berkontribusi pada kondisi hidung tersumbat.

Lendir bertenaga histamin dapat membuat rasa tidak nyaman di hidung Anda, dan menyebabkan sinusitis.

Selain stroberi, Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi susu.

Susu adalah makanan lain yang harus dihindari, karena dapat mengentalkan lendir untuk sementara, yang akan menyebabkan alergen berbahaya bertahan lebih lama di sistem tubuh Anda.

Selain itu, hindari rempah-rempah, seperti cabai karena capsaicin dalam cabai yang mengiritasi saluran hidung, menyebabkan produksi lendir yang lebih besar.

Selain stroberi dan susu, ada beberapa makanan lain yang sebaiknya juga Anda hindari.

Dikutip dari Verywell Health, berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari saat flu dan batuk.

1. Permen dan coklat

Makanan yang kaya gula seperti permen dan coklat menyebabkan peradangan, dan ini dapat menurunkan kekebalan Anda dengan melemahkan sel darah putih.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Kerap Dianggap Gulma, Siapa Sangka Daun Genjer Ampuh Tumpas Beragam Keluhan yang Menyiksa Tubuh

Selain itu, karena sel-sel ini bertanggung jawab untuk melawan infeksi, makan permen dan coklat akan menghambat kapasitas sel yang melawan penyakit untuk melawan flu dan pilek secara efektif.

2. Makanan pedas

Meski terasa menyegarkan saat mengonsumsi makanan pedas sata flu, sebaiknya jenis makanan ini Anda hindari.

Dikutip dari Kompas.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Critical Review in Food Science and Nutrition” di tahun 2016, capsaicin bisa merangsang produksi lebih banyak dahak.

Capsaicin merupakan kandungan cabai.

Memakan makanan pedas mungkin bisa meredakan gejala batuk dan pilek selama beberapa menit, tetapi dalam jangka panjang, justru akan akan memperburuk keadaan menunda pemulihan.

3. Minuman berkafein, alkohol dan minuman manis

Minuman berkafein seperti kopi, teh hitam dan minuman beralkohol bisa membuat Anda dehidrasi.

Flu dapat menyebabkan peningkatan suhu dan berkeringat, menyebabkan dehidrasi, dan kafein dan alkohol dapat memperburuk gejala Anda.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Dikira Cuma Tanaman Liar, Siapa Sangka Daun Ini Ternyata Ampuh Atasi Sederet Penyakit Mematikan Ini

Makanan lain yang harus dihindari adalah jus buah yang mengandung gula atau minuman bersoda, karena tidak padat nutrisi dan dapat membahayakan sistem kekebalan Anda.

4. Makanan yang sulit dikunyah dan dicerna

Wafer renyah dan makanan dengan tekstur serupa dapat semakin memperparah batuk dan sakit tenggorokan Anda.

Selain itu, flu dapat menyebabkan Anda sakit perut, jadi penting untuk tidak mengonsumsi makanan seperti roti panggang dan bahkan oat, karena makanan yang tinggi serat jauh lebih sulit untuk dicerna.

Selain itu, pertimbangkan untuk menahan diri dari makan makanan yang sulit dipecah dan keras pada sistem pencernaan Anda, daging berlemak.

Nah itulah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari sata flu dan pilek.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Sayang Banget Baru Tahu Sekarang, Daun yang Sering Dikira Tak Punya Manfaatnya Ini Ternyat Ampuh Obati Penyakit Mengerikan Ini

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Verywell Health

Baca Lainnya