Gegera Kejadian Ini Ferdy Sambo Murka Pada Brigadir J Sampai Tega Hilangkan Nyawanya, Timsus Polri Kini Selidiki Detail Kejadian dan Bukti di Magelang

Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:00
Facebook

Ferdy Sambo dan Brigadir J

GridHype.ID - Penyidikan kasus penembakan Brigadir j yang diotaki Irjen Ferdy Sambo hingga kini masih terus bergulir.

Saat ini, tim khusus (timsus) bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini cek langsung ke Magelang.

Seperti diketahui, beredar kabar ada kejadian di Magelang yang menjadi penyebab penembakan Brigadir J pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Namun, mengutip Tribunnews.com, hanya ada gambaran besar dan belum ada rincian secara detail terkait peristiwa tersebut.

Ini membuat timsus Polri berangkat ke Magelang untuk menelusuri secara detail detik-detik sebelum kejadian penembakan Brigadir J.

"Tim sedang ke Magelang untuk menelusuri kejadian di sana agar secara utuh kejadian bisa tergambar," kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto saat dikonfirmasi awak media, Minggu (14/8/2022).

Agus Andrianto menyatakan, timsus akan mendalami seluruh keterangan sebagaimana diungkapkan Irjen pol Ferdy Sambo terkait pemicu kejadian penembakan.

Sebab dalam pemeriksaan Ferdy Sambo mengaku kejadian di Magelang yang membuatnya marah dan emosi hingga dia membuat skenario untuk membunuh Brigadir Yosua.

Tak hanya itu, timsus Polri juga kata Agus, akan mencari sejumlah barang bukti di Magelang yang berkaitan dengan kasus ini.

"Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapan Pak FS, (untuk barang bukti, red) yang pasti hal yang dibutuhkan penyidik," tutur Agus.

Jenderal polisi bintang tiga itu menambahkan, tujuan dari diberangkatkannya timsus ke Magelang ini guna mengetahui secara detail rangkaian peristiwa yang terjadi.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Ferdy Sambo Mendadak Diisukan Jadi Backingan Kuat Nikita Mirzani Selama Ini, Nyai Akhirnya Bongkar Inisial FS yang Sebenarnya

Sebab kata dia, dalam beberapa keterangan yang beredar termasuk keterangan dari Ferdy Sambo, faktor pemicu terjadinya penembakan itu karena adanya peristiwa di Magelang.

Hanya saja Agus tidak memberikan secara detail apa saja yang akan digali oleh timsus, sebab, sejauh ini pihaknya kata dia, masih bekerja.

"Rangkaian peristiwanya begitu kan enggak bisa kita hilangkan."

"Yang pasti tahu apa yang terjadi ya Allah SWT, almarhum (Brigadir J, red) dan bu PC."

"Kalaupun Pak FS dan saksi lain seperti Kuat, Ricky, Susi dan Richard hanya bisa menjelaskan sepengetahuan mereka," kata Agus.

Hanya saja, dalam kesempatan ini, sosok yang saat ini menjadi saksi atas insiden di Magelang yakni Putri Candrawathi tidak ikut serta.

Kata Agus, yang bersangkutan masih diperlukan juga untuk dimintai pendalaman keterangan.

"Tidak, kita juga mendasari keterangan yang bersangkutan juga dalam proses penyidikan yang kami lakukan," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Jayadi mengungkap alasan atau motif pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, yang dilakukan Irjen Ferdy Sambo sebagai dalang dari kematian Brigadir J.

Dalam keterangan Berita Acara Pemeriksaan (BAP), kata Andi, Ferdy Sambo marah lantaran mendapat laporan dari sang istri, Putri Chandrawathi.

"Tersangka FS mengatakan bahwa dirinya menjadi marah dan emosi setelah mendapat laporan dari istrinya PC," kata Brigjen Andi Rian Jayadi dalam konferensi pers di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Hotman Paris Heran Istri Ferdy Sambo Ngotot Laporkan Kasus Pelecehan, Kini Putri Candrawathi Telan Pil Pahit Tak Bisa Dapat Perlindungan dari LPSK

"Yang mengalami tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarga yang terjadi di Magelang yang dilakukan almarhum Yoshua," ujarnya.

Karena emosi, Sambo lantas memanggil tersangka RR dan RE untuk melakukan rencana pembunuhan tersebut.

"FS memanggil tersangka RR dan tersangka RE untuk melakukan rencana pembunuhan terhadap almarhum Yoshua," ucap Andi.

Kendati demikian, tindakan melukai harkat dan martabat yang diduga dilakukan oleh Brigadir J tersebut tidak dirinci.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan penjelasan secara rinci akan diungkap dalam persidangan nantinya.

"Secara spesifik ini hasil pemeriksaan dari tersangka FS. Untuk nanti menjadi jelas tentunya nanti dalam persidangan akan dibuka semunya," ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Selama ini Jadi Bekingan? Netizen Auto Curigai Nikita Mirzani Melepem Tak Komentari Kasus Besar Penembakan Brigadir J yang Didalangi Irjen Ferdy Sambo

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya