Setelah 12 Bulan Tak Kunjung Menemui Titik Terang, Kini Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Akhirnya Sudah Ditangkap, Siapa?

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:00
Facebook

Foto motor biru yang parkir di rumah korban saat penemuan jasad pembunuhan di Subang, Jawa Barat.

GridHype.ID -Beberapa waktu lalu, pembunuhan ibu dan anak di Subang sempat menggemparkan masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui, Tuti Suhartini (55) dan anaknya, Amalia Mustika Ratu (23), ditemukan tewas di Subang, Jawa Barat, pada 18 Agustus 2021 lalu.

Ibu dan anak itu ditemukan tewas di dalam bagasi mobil Alphard mereka yang diparkir di garasi rumah.

Kini setelah setahun lamanya, mengutip dari GridHits.ID, kasus pembunuhan di subang akhirnya mulai menemukan titik terang.

Bila sebelumnya polisi kesulitan mencari pelaku pembunuhan, kini pelaku pembunuhan mulai ada titik terang, bahkan sudah ditangkap.

Pelaku ini diduga berinsial S seorang anak buah kapal alias ABK.

Pelaku pembunuhan Amel dan Tuti Amalia sudah diamankan oleh Polda Jawa Barat.

Kasus ini memang sempat ramai dan viral beberapa waktu lalu.

Pembunuhan terhadap ibu dan anak ini terbilang sadis.

Usai membunuh, keduanya diletakkan di mobil alphard.

Sayangnya, polisi kesulitan menangkap pelaku karena rusaknya TKP.

Selain itu, banyak orang yang masuk TKP hingga memunculkan banyak sidik jari yang menyulitkan polisi melakukan pengembangan.

Baca Juga: Ferdy Sambo Ditetapkan sebagai Tersangka atas Pembunuhan Brigadir J, Sang Kuasa Hukum Sebut Ada Motif Kuat: Apa pun yang Diperbuat Klien Kami Tentunya Ada Motif...

Berikut berita selengkapnya.

SOSOK PEMBUNUH

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya sudah memeriksa 121 saksi pada kasus pembunuhan ibu dan anak ini.

“Sudah 216 barang bukti yang kita sita, melibatkan 10 TKP, melibatkan beberapa ahli, forensik, kesehatan jiwa, ahli DNA, ahli sketsa dan beberapa yang lain,” kata Ibrahim Tompo, dilansir dari Kompas TV, Sabtu (13/8/2022).

Dari pemeriksaan tersebut, polisi rupanya sudah mengamankan terduga pelaku, dan kini sedang dilakukan pendalaman.

Lantas siapa sosok terduga pelaku pembunuhan Tuti dan Amalia?

Simak ulasannya seperti dilansir TribunnewsBogor.com di artikel berjudul Sosok Terduga Pelaku Kasus Subang, Ditangkap di Muara Angke, Ini Posisinya Saat di TKP Pembunuhan:

1. Inisial S

Dilansir TribunnewsBogor.com dari Kompas TV, teruga pelaku merupakan seorang pria berinisial S.

Terduga pelaku berinisial S ini juga rupanya cukup asing di mata keluarga korban.

2. Diamankan di Muara Angke

Menurut polisi, S diamankan oleh petugas di Pelabuhan Muara Angke pada tanggal 2 Agustus 2022.

Baca Juga: Ditetapkan sebagai Tersangka Atas Pembunuhan Brigadir J, Siapa Sangka Sederet Kasus Besar Ini Justru Berhasil Dibongkar Irjen Ferdy Sambo

“Diamankan di Muara Angke Jakarta Utara, berinisial S. Telah diamankan dan masih dalam pemeriksaan,” kata Ibrahim Tompo.

3. Ada di TKP saat kejadian

Sesaat setelah mayat Tuti dan Amalia ditemukan, S disebutkan pergi meninggalkan Subang dan naik kapal ke Kalimantan.

Menurut Ibrahim Tompo, sosok S ini diduga berada di TKP saat kejadian.

“Kita sekarang masih melakukan pendalaman terkait peran dan keberadaan yang bersangkutan di TKP. Karena sesuai dengan KUHAP Pasal 184 itu di mana harus ada kesesuaian antara alat-alat bukti yang ada tersebut. Makanya ini tetap kita lakukan pendalaman terhadap yang bersangkutan,” ujar Ibrahim Tompo.

4. Seorang ABK

Sosok S ini juga sempat dikabarkan merupakan seorang ABK atau anak buah kapal.

Hal itulah yang diduga menjadi alasan kenapa S pergi ke Kalimantan dan diamankan di Pelabuhan Muara Angke.

“Saudara S ini ikut dengan kapal Kalimantan, tanggal 2 akan berlabuh di sekitar Muara Angke. Akhirnya didapatkan seseorang bernama S ini,” jelas Ibrahim Tompo lagi

5. Statusnya Belum Ditetapkan

Meski sudah diamankan polisi dan diduga merupakan terduga pelaku, namun polisi belum bisa menetapkan status dan alasan keberadaannya di TKP.

Termasuk mengenai posisi S saat kejadian, Ibrahim Tomo masih enggan memberikan penjelasan.

Baca Juga: Ditetapkan sebagai Tersangka Atas Pembunuhan Brigadir J, Siapa Sangka Sederet Kasus Besar Ini Justru Berhasil Dibongkar Irjen Ferdy Sambo

“Posisinya ini tidak kita infokan ke publik karena memang merupakan teknis penyidikan, tetapi kesimpulan umumnya bahwa yang bersangkutan berada di sekitar TKP. Hal ini yang menjadi progres kita ke depan untuk pendalaman keterkaitan yang bersangkutan berada di TKP,” tutur Ibrahim Tompo.

6. Tidak Dikenali Keluarga Korban

Menambahkan dari Kompas.com, keluarga korban kasus Subang mengaku tidak mengenal seseorang berinisial S yang ditangkap polisi, Rabu (10/8/2022) di Jakarta Utara.

S diamankan terkait meninggalnya ibu dan anak di Subang yang kasusnya menjelang satu tahun.

Anak korban Tuti Suhartini, Yoris mengungkapkan, berdasarkan foto yang beredar, pihak keluarga tak mengenali seseorang yang diamankan diduga terlibat kasus di Jalancagak, Subang tersebut.

"Saya maupun keluarga tak mengenali orang tersebut," ungkap Tuti seperti dikutip dari Tribun Jabar, Kamis (11/8/2022).

Yoris berharap, adanya seseorang yang diamankan di Muara Angke Jakarta Utara, bisa menjadi titik terang pengungkapan kasus yang menimpa ibu dan adiknya.

"Mudah-mudahan ini menjadi titik terang, pengungkapan kasus yang menimpa Ibu dan adik saya yang hampir satu tahun pada satu pekan lagi," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Lilis Sulastri, kakak kandung Tuti Suhartini.

"Ya mudah-mudahan ini kabar baik, untuk pengungkapan kasus ini, semoga bisa segera terungkap," kata Lilis.

Lilis mengungkapkan, kasus yang menimpa adik dan keponakannya tersebut sepekan lagi akan genap satu tahun, namun belum juga Terungkap siapa dalang dan pelakunya.

"Kami keluarga berharap, pihak kepolisian bisa mengungkap kasus yang menimpa adik dan keponakan saya tersebut dengan terang benderang. Kami pihak keluarga sudah tak sabar ingin tahu siapa dan apa motif pelaku yang tega menghabisi adik dan keponakan saya tersebut," ucapnya.

Berdasarkan pantauan Tribunjabar.id di TKP, rumah yang menjadi saksi bisu kasus perampasan nyawa Ibu dan anak tersebut, saat ini kondisinya makin kumuh dan ditumbuhi rerumputan tebal menjulang tinggi, serta masih di pasang garis polisi.

Baca Juga: Heboh Seekor Domba Dijadikan Tersangka dan Harus Jalani Hukuman Penjara 3 Tahun, Siapa Sangka Kasus Pembunuhan Jadi Penyebabnya

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, GridHits.ID

Baca Lainnya