Kumpulan Doa Harian, Lengkap dengan Amalan di Hari Jumat, Inilah Sederet Doa Spesial yang Bisa Dibaca di Hari Jumat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:30
Pexels

Kumpulan doa harian untuk hari Jumat.

GridHype.ID -Kumpulan doa harian ini wajib kamu amalkan hari ini.

Sebab, kumpulan doa harian berikut ini akan membagikan doa-doa spesial untuk hari Jumat.

Untuk itu, mari kita simak kumpulan doa harian di bawah ini sampai selesai!

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa.

Adapun di antara keistimewaan hari yang juga dikenal dengan sebutan sayyidul ayyam, dan ini adalah adanya waktu yang mustajab berdoa bagi kaum Muslim.

Berbagai keutamaan bisa didapatkan di Hari Jumat mulai dari dilipatgandakannya pahala, doa yang diijabah dan hari Istimewa.

Sehingga dianjurkan dalam Islam untuk memperbanyak amalan sholeh.

Sebagian ulama mengistilahkan hari ini sebagai Sayyidul Ayyam.

Artinya, hari tersebut merupakan hari yang menjadi rajanya hari-hari yang lain.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Ada Doa Nabi Ibrahim AS, Inilah Bacaan Doa Agar Cepat Memiliki Keturunan

Dikutip dari berbagai sumber, Kata Nabi, jika kita merasa dosa kita begitu besar, bahkan sebanyak buih di lautan, berdoalah di hari Jumat.

Hal ini berdasarkan hadis dari sahabat Anas bin Malik soal sebuah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Anas bin Malik mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa membaca 'Astagfirullahalladzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi' sebanyak tiga kali pada Jumat pagi sebelum shalat Ghadat (Subuh), maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya walaupun (dosa itu) sebanyak buih di lautan." (HR. Ibnu Sinni).

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa yang dapat dibaca pada pagi hari Jumat.

Astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu, wa atubu ilaihi.

Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya."

Orang-orang saleh selalu istikamah mengamalkan amalan dan doa di setiap tiba malam hari Jum'at.

Mereka memperbanyak zikir dan ibadah sejak waktu sore hingga sore hari Jum'at.

Agar hidup menjadi berkah, berikut kumpulan doa hari Jumat yang bisa dilantunkan setelah sholat maupun sepanjang waktu.

Baca Juga: Kumpulan Doa, Salah Satunya Baca 3 Surat Pendek ini, Berdoalah Sebelum Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Dalam Sunnah Nabi Muhammad SAW, memang tidak ada doa yang khusus untuk dibaca pada hari Jumat.

Namun, berikut ini doa-doa yang bisa kamu amalkan untuk mengisi pagi hari Jum'at, agar rezeki kamuselalu lancar dan selalu dilimpahkan dengan keberkahan.

1. Doa Agar Diberikan Rezeki yang Cukup:

اللهم عليك توكلت فارزقني واكفني، وبك لذت فنجني مما يؤذيني، أنت حسبي ونعم الوكيل، اللهم رضني بقضائك، وقنعني بعطائك، واجعلني من أوليائك.

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

Artinya: "Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu."

2. Doa Minta Perlindungan

فَلَكَ الْحَمْدُ مُتَوَاتِرًا مُتَّسِقًا وَ مُتَوَالِيًا مُسْتَوْسِقًا, وَ صَلَوَاتُهُ عَلَى رَسُولِهِ أَبَدًا وَ سَلاَمُهُ دَائِمًا سَرْمَدًا. اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوَّلَ يَوْمِي هَذَا صَلاَحًا, وَ أَوْسَطَهُ فَلاَحًا, وَ آخِرَهُ نَجَاحًا. وَ أَعُوذُ بِكَ مِنْ يَوْمٍ أَوَّلُهُ فَزَعٌ, وَ أَوْسَطُهُ جَزَعٌ, وَ آخِرَهُ وَجَعٌ

Falakal hamdu mutawâtiran muttasiqan wa mutawâliyan mustausiqâ, wa shalawâtuhu ‘alâ rasûlihi abadan wa salâmuhu dâ`îmân sarmadâ. Allâhummaj‘al awwala yaumî hâdzâ shalâhâ, wa ausathahu falâhâ, wa ãkhirahu najâhâ, wa a‘ûdzu bika min yaumin awwaluhu faza‘, wa ausathahu jaza‘, wa ãkhiruhu waja‘.

Baca Juga: 'Doa Anak Kecil Polos ya' Ayu Ting Ting Bak Aminkan Sosok ini yang Bakal Jadi Pendamping Hidupnya, Sahrul Gunawan Mundur Teratur

Artinya: “Ya Allah jadikanlah permulaan hariku kemaslahatan, pertengahannya keberhasilan dan akhirnya keberuntungan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari hari yang awwalnya ketakutan, pertengahannya kegelisahan dan akhirnya kesakitan.”

3. Doa Agar Terus Dilimpahkan Kebahagiaan:

أسعدك الله بساعات هذا اليوم المبارك، ووسع عليك رزقك، وألهمك ذكره، وأجاب دعوتك، وزادك من فضله، وحفظ دينك وأيدك بنصره، ورضي عنك وأرضاك من حبه، وعن النار أبعدك وأدخلك جنته، وللخير أرشدك وكفاك نقمته

As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu

Artinya: "Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya.”

4. Doa memohon kebaikan untuk sesama

"Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah."

"Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

5. Doa Agar Lepas dari Kesempitan:

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Lantunan Selawat Busyro Lana yang Bisa Jadi Tanda Cinta Seorang Hamba kepada Nabi Muhammad

اللهم إني أسألك يا من لا تغلطه المسائل، يا من لا يشغله سمع عن سمع، يا من لا يبرمه إلحاح الملحين، اللهم إني أعوذ بك من جهد البلاء ودرك الشقاء، وسوء القضاء، وشماتة الأعداء، اللهم اكشف عني وعن كل المسلمين كل شدة وضيق وكرب، اللهم أسألك فرجًا قريبًا، وكف عني ما أطيق، وما لا أطيق، اللهم فرج عني وعن كل المسلمين كل هم وغم، وأخرجني والمسلمين من كل كرب وحزن.

Allahumma inni asaluka ya man la tughallithuhul masail, ya man la yusyagghiluhu sam’u an sami’a, ya man la yubrihumuhu ilhah al-mulihhin, Allahumma inni audzubika min juhdil bala wa darkis syaqa’ wa su’il qadha’ wa syamatatil a’da’. Allahummaksyif ‘anni wa ‘an kullil muslimin kulla syiddatin wa dhiqin wa karabin, Allahumma aslaluka farjan qariban, wa kaffa anni ma uthiq, wama la uthiq, Allahumma farrij ‘anni, wa an kullil Muslimin wa kul hammin wa ghammin, wa akhrijni wal muslimina min kulla karabin wa huznin.

Artinya: "Ya Allah, Aku meminta kepadamu wahai Yang tidak tercampuradukkan perkara (bagi-Nya), wahai Yang tidak tersibukkan pendengaran meraka yang mendengarkan, wahai Yang ketentuannya tak berpengaruh rintihan orang yang (berdoa) merintih, aku berlindung kepada-Mu dari malapetaka dan kesengsaraan, ketetapan yang buruk, dan caci maki musuh.

Ya Allah, lepaskanlah dariku dan dari setiap Muslim setipa kesusahan dan kesempitan dan impitan, Ya Allah aku meminta kepada-Mu jalan keluar segera, cukupkan dari apa yang aku mampu dan apa yang aku tidak mampu, Ya Allah angkatlah kesedihan dan kegundahan dariku dan dari setiap Muslim.

Hentikan saya pada sesuatu yang dapat saya tanggung dan yang tidak bisa saya tahan. Angkat semua kekhawatiran dan kesusahan dari diri saya dan semua Muslim. Singkirkan keresahan dan kesedihan dari diri saya dan umat Muslim."

Amalan di Hari Jumat

Selain berdoa, berikut sejumlah amalan sunnah yang bisa dikerjakan di hari Jumat.

1. Membaca surah al kahfi

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Baca Doa dan Dzikir Penarik Rezeki, Mulai dari Asmaul Husna hingga Surah Al Waqiah

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

2. Perbanyak Shalawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.

Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?”

Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).

3. Perbanyak Sedekah

Hari Jumat adalah hari dimana pahala sedekah berlipat ganda.

Rasulullah SAW bersabda "pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jum'at."

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Sedekah tidak hanya berupa uang, Rasullah bersabda,

" Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah." (HR Muslim).

Sedekah di hari Jumat memiliki keutamaan lain, yakni setara dengan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan.

Tentunya bulan Ramadan sendiri merupakan bulan yang penuh berkah sehingga pastinya nilai kebaikan dan amalan yang terkandung didalamnya akan sangat mulia.

Sebagaimana dalam hadist berikut ini : Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

4. Perbanyak doa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.”

Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Perbanyak dzikir

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Ini Rangkaian Bacaan Saat Ziarah Kubur, Bisa Jadi Penyelamat Orang Tercinta yang Sudah Meninggal Dunia

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk salat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9).

Bersegera mengingat Allah bisa dilakukan dengan berzikir.

6. Bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis

Sebagaimana riwayat hadist dari Anas radhiyallahu 'anhu: "(Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) memberikan tempo kepada Kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan menggunting bulu kemaluan supaya tidak dibiarkan begitu saja lebih dari 40 malam." (H.R Abu Dawud dan Ahmad)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun selalu bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis setiap hari Jumat sebelum berangkat ke masjid untuk salat Jumat berjamaah.

"Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum Beliau pergi salat jumat." (H.R Al-Baihaqi dan At-Thabrani)

7. Memakai Pakaian Terbaik

Salat sebaiknya dilakukan dengan pakaian yang bersih, rapi, dan baik.

Jangan hanya mengenakan pakaian terbaik untuk urusan duniawi saja, terlebih saat melaksanakan salat Jum’at, seharusnya kita menggunakan pakaian terbaik.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani.

Demikian beberapa doa dan amalan di hari Jumat yang dapat dibaca baik setelah shalat maupun sepanjang hari.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul "Doa-doa Spesial Hari Jumat, Umat Islam Perlu Membacanya Agar Diberi Perlindungan Hingga Melebur Dosa"

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Keistimewaan Surah Yusuf Ayat 4 yang Dipercaya Bisa Memikat Hati Lawan Jenis hingga Mendekatkan Jodoh

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Bangkapos.com

Baca Lainnya