Berikut Adalah Bacaan Doa Ketika Sedang Ziarah Kubur, Baca dan Amalkan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 20:49
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Doa ziarah kubur kubur singkat, bisa dibaca saat nyekar

GridHype.ID - Kumpulan doa harian berikut ini bisa diamalkan umat Muslim saat ziarah kubur ke makam orang-orang tersayang.

Rasulullah SAW mengajarkan kumpulan doa harian saat ziarah kubur bisa untuk melepas kesedihan usai ditinggal orang tercinta.

Tak hanya itu, dengan mengamalkan kumpulan doa harian saat ziarah kubur juga bisa memberikan keselamatan untuk orang yang sudah meninggal dunia.

Bahkan doa untuk jenazah itu disarankan dibaca setiap setelah salat dan menjadi amalan doa harian.

Bacaan Doa Ketika Ziarah Kubur

Berikut ini Tribunjabar.id rangkum bacaan mendoakan jenazah orang tercinta lengkap dengan bacaan doa ziarah kubur:

1. Membaca Al Fatihah.

2. Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas.

3. Membaca doa tahlil 33 kali.

4. Membaca Ayat Kursi.

5. Membaca doa-doa keselamatan untuk jenazah.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

"Allahummaghfirli wa la hu (ha) wa’qibni min hu (ha) ‘uqbaa hasanah."

Artinya: "Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik."

Bacaan doa tersebut dapat disesuaikan dengan dlamir (kata ganti orang).

Boleh dibaca 'wa la hu' bila yang meninggal laki-laki. Boleh juga dibaca 'wa la ha' bila yang meninggal adalah perempuan

6. Doa Ketenteraman untuk Ahli Kubur.

اللَّهُمَّ أَنْزِلْ فِيْ قَبْرِهِ الرَّحْمَةَ وَالضِّيَاءَ وَالنُّوْرَ، وَالبَهْجَةَ وَالرَوْحَ وَالرَيْحَانَ وَالسُّرُوْرَ، مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إِلَى يَوْمِ البَعْثِ وَالنُّشُوْرِ، إِنَّكَ مَلِكٌ رَبٌّ غَفُوْرٌ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah di kuburnya (almarhum fulan) rahmat, sinar, cahaya, kegembiraan, kesenangan, keharuman, dan kebahagiaan sejak hari ini hingga hari kebangunan dan kebangkitan. Sungguh, Kau penguasa, tuhan yang maha pengampun.”

Baca Juga: Doa Harian, Ini Dia Bacaan Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadhan 2023, Dilengkapi Juga dengan Tata Cara Berziarah

7. Doa Keselamatan untuk Ahli Kubur

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

"Assalamu'alaikum Ahlad Diyaar Minal Mu'miniina Wal MuslimiinYarhamulloohul Mustaqdimiina Minna Wal Musta'khiriinWa Inna Insyaa Allaahu Bikum La-laahiquun, Wa As Alullaaha Lanaa Walakumul 'Aafiyah."

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

8. Doa diajarkan Allah SWT dalam firman Al Quran Surat Al Hasyr:10

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb Kami, beri ampunlah Kami dan saudara-saudara Kami yang telah beriman lebih dulu dari Kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati Kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb Kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

9. Doa Kelapangan Kubur

اللَّهُمَّ اِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَاَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَاَصْبَحَ فـَـقِـيْرًا اِلـَى رَحْمَتِكَ، وَاَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقـَـدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ اِلـَـيْكَ شُفـَـعَاءَ لـَـهُ، اللـّٰهُمَّ اِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ اِحْسَانِهِ وَاِنْ كـَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلـَـقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلـَــقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ اْلاَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى تَبْعَثَــهُ آمِنًا اِلـَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, dia kembali kepada-Mu. Engkau adalah sebaik-baik tempat kembali. Ia membutuhkan rahmat-Mu. Sementara Engkau tidak perlu menyiksanya. Kami mendatangi-Mu seraya mengharap kepada-Mu agar dapat memberikan syafa’at baginya. Ya Allah, jika ia orang baik, maka tambahkanlah kebaikannya. Jika ia orang jahat, maka maafkanlah keburukannya. Pertemukan ia dan ridha-Mu berkat rahmat-Mu. Peliharalah ia dari fitnah dan azab kubur. Lapangkanlah kuburnya. Jauhkanlah dinding bumi dari kedua sisi badannya. Pertemukanlah ia dan keamanan berkat rahmat-Mu dari azab-Mu hingga Engkau membangkitkannya dalam keadaan aman menuju surga-Mu berkat rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih."

Baca Juga: Doa Harian, Takut dengan Hantu Ketika Berkunnjung ke Tempat Baru? Buruan Baca Doa Ini

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : TribunJabar.ID

Baca Lainnya