Jenazah Putra Sulungnya Sudah Dikebumikan, Ridwan Kamil Beri Penyataan Usai Prosesi Pemakaman Eril: Mohon Dibukakan Pintu Maaf

Senin, 13 Juni 2022 | 14:30
YouTube Humas Jabar

Ridwan Kamil dalam pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz.

GridHype.ID - Prosesi pemakaman anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) telah berlangsung pada Senin (13/6/2022) siang.

Prosesi pemakaman Eril sendiri digelar secara terbatas di Cimaung, Kabupaten Bandung dan hanya diikuti oleh pihak keluarga.

Selama prosesi pemakaman Eril, seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Kompas TV terdengar sayup-sayup alunan ayat suci Al-quran yang memuji kebesaran Tuhan.

Terlihat masyarakat yang bukan masuk dalam keluarga besar Ridwan Kamil dan bukan merupakan tamu undangan memadati area pemakaman tempat Eril dikebumikan.

Sementara itu, keluarga besar Ridwan Kamil dan istrinya Atalia beserta kedua adik dari Eril, Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach mendampingi prosesi pemakaman di sisi liang lahat.

Nampak juga petugas pemakaman berseragam biru berjumlah setidaknya delapan orang membantu menurunkan jenazah Eril ke liang lahad.

Usai diturunkan ke liang lahad, Ridwan Kamil kemudian memulai menyekop tanah untuk menutup pemakaman Eril.

Prosesi ini kemudian dilanjutkan oleh delapan petugas pemakaman tersebut.

Setelah selesai, tabur bunga pun dilakukan pertama kali oleh keluarga inti Eril, yakni Ridwan Kamil, Atalia, dan Zahra.

Baca Juga: Warga Berduka Ikut Doakan Anak Ridwan Kamil, Dinding Gedung Pakuan Dipenuhi Kertas Warna Warni Berisi Pesan untuk Eril dan Keluarga

Tampak juga adik bungsu Eril, Arkana digendong Atalia untuk ikut menaburkan bunga pertama di makam Eril.

Kini, setelah doa bersama selesai dilakukan, Ridwan Kamil tampak memberikan beberapa pernyataan dalam prosesi pemakaman Eril.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil memohon dibukakan pintu maaf untuk putra pertamanya semasa Eril hidup.

"Kami memohon dibukakan pintu maaf kepada almarhum Emmeril Kahn Mumtadz jika selama hidupnya ada ucapan, tindakan, dan hal yang kurang berkenan, kami mohon dibukakan pintu maafnya dari kekhilafan dan dosa," kata Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan kepada seluruh pihak yang masih memiliki urusan terhadap Eril terkait utang piutang atau janji yang belum tunai agar dapat segera menghubungi keluarga.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, itu dilakukan agar Eril bisa terlepas dari tanggung jawab dunia dengan cara sempurna.

"Jika ada hal-hal yang masih bersangkutpaut dengan urusan dunia, urusan utang piutang, janji atau komitmen yang belum tunai kami mohon segera untuk menghubungi keluarga kami untuk diselesaikan agar almarhum bisa lepas dengan tanggung jawab di dunianya secara sempurna," ujarnya.

Waktu melayat bagi warga umum

Untuk mendoakan jenazah Eril, para wargakhususnya di area Desa Pasirhuni bisa ikut takziah ke makam anak Ridwan Kamil.

Baca Juga: Pimpin Doa untuk Jenazah Eril, Habib Usman Suami Kartika Putri Jadi Saksi Kondisi Anak Ridwan Kamil: Jenazahnya Wangi Banget

Namun untuk waktunya sendiri, para warga diharapkan memperhatikan seksama agar bisa turut serta mendoakan secara hikmat.

Sebelumnya, Erwin Muniruzaman, kakak Ridwan Kamil, mewakili keluarga besar menjelaskan, warga bisa turut hadir dan takziah langsung di lokasi setelah prosesi pemakaman keluarga.

Waktunya, kata Erwin, diperkirakan setelah pukul 12.00 WIB siang hari hingga waktu magrib tiba atau pukul 17.45 WIB.

Jika ada perubahan atas waktu takziah bagi warga ini, imbuh Erwin, akan diinformasikan lagi.

“Lokasi pemakaman masih dibuka untuk ziarah kubur untuk yang mendoakan, dibuka sampai sebelum magrib ditutup, kira-kira pukul 17.45 masih diperkenakankan untuk ziarah,” paparnya dalam Breaking News KOMPAS TV, Sabtu (11/6/2022).

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya menjelaskan, untuk keesokan harinya, pemakaman juga dibuka untuk warga yang ingin berdoa dan ziarah.

"Untuk selanjutnya, umum Selasa-Minggu dibuka mulai jam 8 pagi sampai 17.00 WIB. Kalau yang mau ziarah kubur, dipersilakan," sambungnya.

Foto tangkap layar / Youtube KompasTV

Prosesi pemakaman jenazah Eril, putra Ridwan Kamil.

Baca Juga: Jenazah Eril Dimakamkan Hari Ini, Keluarga Beri Aturan untuk Para Pelayat, Masuk Area Pemakaman Harus Punya 2 Hal Ini

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas TV

Baca Lainnya