Dikira Sehat Malah Bawa Petaka, Pemilik Golongan Darah O Sebaiknya Jangan Lagi Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan Ini, Efeknya Ngeri Banget

Senin, 30 Mei 2022 | 15:00
Pexels

Golongan darah O (Ilustrasi)

GridHype.ID - Sudah bukan rahasia lagi kalausayuran danbuah-buahan adalah bahan makanan yang dapat memberikan cukup banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Meski demikian, ada hal yang wajib kamu ketahui nih.

Siapa sangka kalau ternyata ada klasifikasi sayuran dan buah-buahan yang lebih cocok dan kurang cocok dikonsumsi oleh seseorang dengan mempertimbangkan perbedaan golongan darah.

Bagi para pemilik golongan darah O misalnya.

Melansir dari SajianSedap.com, disebutkan bahwa orang dengan golongan darah O perlu mewaspadai dalam mengonsumsi sayuran dan buah-buahan ini.

Karena penelitian menunjukkan perbedaan golongan darah ternyata memiliki respons masing-masing terhadap asupan makanan.

Di mana, bahan pangan tertentu bisa bermanfaat, tapi bisa bersifat racun bagi gologan darah ini.

Sayuran yang Perlu Diwaspadai Pemilik Golongan Darah O

Melansir Buku Menu Sehat & Lezat Sebulan untuk Golongan Darah O (2007) oleh Budi Sutomo, S.Pd & dr. Yoanita Ristyaningrum, orang yang memiliki golongan darah O cenderung mudah mengalami peningkatan asam lambung.

Baca Juga: Pantas Saja Obat Pelangsing Mulai Nggak Laku, Ternyata Begini Cara Diet Golongan Darah O yang Bisa Turunkan Berat Badan sampai Berkilo-kilo

Dari evolusi genetik, golongan darah O diketahui memiliki ciri mempunyai kandungan asam lambung tinggi, sehingga mudah mengalami gangguan pencernaan.

Penyakit lain yang rentan dialami pemilik golongan darah O, di antaranya yakni:

- Gangguan tiroid- Radang sendi- Alergi- Sinusitis- Penyakit Jantung

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut, para pemilik golongan darah O pun kiranya penting untuk memahami berbagai makanan yang perlu dihindari.

Melansir Buku Jus Sehat Golongan Darah O: Berdasarkan Buku Laris Dr. Peter J. D’ Adamo (2007) oleh Wied Harry Apriadhi, ada beberapa jenis sayuran yang seyogianya dihindari para pemilik golongan darah O apabila tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: Pemilik Golongan Darah O Merapat! Ternyata Minum Jus Nanas Bisa Bikin Tubuh Terbebas dari Masalah Pencernaan, Buah Favorit Sejuta Umat Ini Malah Harus Dihindari

Berikut ini beberapa sayuran yang patut diwaspadai para pemilik golongan darah O:

1. Terung-terungan atau terong

Sayuran lain yang sebaiknya diwaspadai pemilik golongan darah O, adalah sayuran dari keluarga terung-terungan alias Solanacea, terutama terung dan kentang.

Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis.

Sayuran dari keluarga ini yang menjadi pengecualian, yakni tomat.

Sayuran dari keluarga Solanacea ini memang mengandung lektin yakn kuat, yakni panhemaglutinan, suatu senyawa khusus yang mampu membekukan darah semua golongan darah.

Tapi, kandungan lektin ini ternyata tidak dapat dinetralkan di dalam tubuh pemilik golongan darah O.

2. Kubis-kubisan

Sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O, yang notabene secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Baca Juga: Waspada! 3 Golongan Darah Ini Rentan Sakit Saat Cuaca Panas Seperti Ini

Berikut daftar sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan:

- Kol hijau- Kol putih- Kol merah- Kembang kol- Cuciwis

3. Taoge

Pemilih golongan darah O juga patut berhati-hari terhadap taoge alfalfa karena mengandung senyawa yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga bisa memperparah hipersensitivitas yang mungkin diderita.

4. Jamur

Baca Juga: Dikira Sehat dan Tak Timbulkan Masalah Kesehatan, Siapa sangka Pemilik Golongan Darah O Disarankan Jangan Makan Terong, Bisa Bahaya!

Pemilik golongan darah O juga perlu waspada terhadap jamur shiitake dan buah zaitun hitam yang diawetkan karena bisa memicu alergi.

5. Jagung

Jagung juga perlu dihindari oleh para pemilik golongan darah O karena kandungan lektinnya dapat menghambat produksi insulin.

Kondisi ini akan menjadikan pemilik golongan darah O lebih mudah mengalami kegemukan dan berisiko menderita kencing manis atau diabetes mellitus.

Buah yang perlu diwaspadai pemilik golongan darah O

Melansir dari Kompas.com, ada saja jenis buah-buahan yang dianggap tidak cocok bagi pemilik golongan darah O.

Hal itu merujuk pada sifat sistem pencernaan golongan darah O yang sangat asam.

Di mana, para pemilik golongan darah O tak dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang juga mengandung asam untuk mengurangi risiko gangguan lambung dan iritasi dinding lambung.

Berikut ini beberapa contoh buah-buahan yang patut dihindari pemilik golongan darah O karena kandungan asamnya kurang bersahabat:

  • Jeruk orange
  • Jeruk keprok
  • Jeruk Pontianak
  • Jeruk medan
  • Jeruk garut
  • Stroberi
Para pemilik golongan darah O ini melainkan disarankan untuk lebih memilih buah-buahan pembentuk basa guna menghindari masalah kesehatan tersebut.

Buah plum, prune (plum kering), dan buah ara (fig) dianggap sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi pemilik golongan darah O.

Warna merah gelap, biru, dan ungu gelap pada buah itu mengisyaratkan bahwa buah dapat memberikan reaksi basa di dalam sistem pencernaan.

Jeruk grapefruit juga boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan.

Meski kandungan asamnya tinggi, tetapi buah ini termasuk makanan pembentuk basa setelah dicerna.

Buah pembentuk basa yang patut diwaspadai juga

Meski terbukti baik, tidak semua buah pembentuk basa ternyata baik bagi pemilik golongan darah O.

Sebagai contoh, buah melon.

Beragam jenis melon terbukti bersifat membentuk basa tetapi buah ini cukup banyak mengandung jamur.

Padahal tubuh golongan darah O sangat sensitif terhadap jamur.

Maka dari itu, buah melon dan semangka sebaiknya dikonsumsi oleh pemilik darah O dalam jumlah yang secukupnya saja.

Sementara, khusus melon jenis honeydew dan blewah disarankan dihindari sama sekali karena kandungan jamurnya paling tinggi.

Buah-buahan beri juga bagus bagi kesehatan pemilik golongan darah O, seperti ciplukan atau gooseberry.

Namun, blackberry sebaiknya dihindari karena mengandung lektin yang dapat mengganggu sistem pencernaan golongan darah O.

Sementara itu, rajin mengonsumsi jus nanas juga bisa sangat membantu mencegah dan mengatasi retensi air dan perut kembung.

Dua hal itu diketahui berperan dalam kegemukan pada tubuh pemilik golongan darah O.

Kamu pun disarankan menyantap buah 3-4 kali per hari.

Pada masing-masing kesempatan, kamu sebaiknya makan 1 buah atau 85-100 gram.

Akan lebih baik dan sehat, kamu rutin sekaligus mengonsumsi jus buah atau sayuran 2-3 kali per hari, masing-masing 1-2 gelas atau 250-500 ml.

Baca Juga: Bukan Sehat Malah Jadi Petaka, Mulai Sekarang Pemilik Golongan Darah Ini Jangan Lagi Makan Terong, Efeknya Bahaya Banget

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, SajianSedap.com

Baca Lainnya