Bukan Sehat Malah Jadi Petaka, Mulai Sekarang Pemilik Golongan Darah Ini Jangan Lagi Makan Terong, Efeknya Bahaya Banget

Selasa, 22 Maret 2022 | 09:00
Freepik

Ilustrasi berbagai golongan darah

GridHype.ID -Tak bisa dipungkiri kalau sayuran adalah bahan makanan yang dapat memberikan cukup banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Namun pada kenyataannya, ada klasifikasisayuran yang lebih cocok dan kurang cocok dikonsumsi oleh seseorang dengan mempertimbangkan perbedaan golongan darah.

Bagi para pemilik golongan darah O misalnya.

Melansir dari SajianSedap.com, rupanya ada efek samping yang berbahaya yang mengintai pada golongan darah O apabila sering mengonsumsi terong.

Yap, pada beberapa kondisi, terong ternyata bisa memberikan efek samping yang berbahaya pada tubuh.

Lantas kondisi seperti apa yang dimaksud?

Berikut ulasannya untuk kamu.

Bahaya Makan Terong

Meski lazim dikonsumi, ternyata tidak semua orang disarankan bisa mengonsumsi terong, terutama orang yang memiliki golongan darah O.

Baca Juga: Fenoman Darah Emas Gemparkan Warga Dunia, Anugerah atau Kutukan?

Teori ini dilandasi penelitian bertahan-tahun yang dilakukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS).

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa setiap bahan pangan memiliki reaksi berbeda terhadap golongan darah.

Di mana, bahan pangan tertentu bisa bermanfaat, tapi bisa bersifat racun bagi gologan darah lainnya.

Kondisi itu bisa terjadi karena hampir setiap bahan makanan mengandung lektin, yakni sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh.

Apabila golongan darah tidak cocokdengan lektin, akan terjadi gangguan kesehatan, seperti penggumpalan darah yang dapat memicu beragam penyakit.

Nah, salah satu sayuran yang harus diwaspadai golongan darah O adalah sayuran dari keluarga terung-terungan alias Solanacea, terutama terung dan kentang.

Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis.

Sayuran dari keluarga ini yang menjadi pengecualian, yakni tomat.

Sayuran dari keluarga Solanacea ini memang mengandung lektin yakn kuat, yakni panhemaglutinan, suatu senyawa khusus yang mampu membekukan darah semua golongan darah.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Ungkap Karaktermu Berdasarkan Golongan Darah, Ada yang Terkenal Ramah Adapula yang Lebih Senang Menyendiri

Tapi, kandungan lektin ini ternyata tidak dapat dinetralkan di dalam tubuh pemilik golongan darah O.

Meski demikian, kamu bisa melakukan pemerikasaan.

Pasalnya setiap orang yang memiliki golongan darah O memiliki kondisi spesifik yang berbeda.

Bisa jadi ada yang tidak mengalami efek samping ini, namun ada juga yang mengalaminya tanpa disadari.

Sehingga perlu adanya pemeriksaan ataupun tes terkait hal ini.

Serta jika kamu ingin mengonsumsinya, sebaiknya jangn konsumsi secara berlebihan.

Selain terong, beberapa sayuran lain sebaiknya dikurangi konsumsinya atau bahkan perlu dihindari.

Melansir Buku Jus Sehat Golongan Darah O: Berdasarkan Buku Laris Dr. Peter J. D’ Adamo (2007) oleh Wied Harry Apriadhi, ada beberapa jenis sayuran yang seyogianya dihindari para pemilik golongan darah O apabila tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa sayuran yang patut diwaspadai para pemilik golongan darah O:

Baca Juga: Bak Tak Miliki Rasa Takut, Urutan Golongan Darah yang Terkenal Nekat untuk Mencapai Keinginannya, Ada yang Sering Ambil Keputusan tanpa Logika

1. Kubis-kubisan

Sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O, yang notabene secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Berikut daftar sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan: Kol hijau, Kol putih, Kol merah, Kembang kol Cuciwis.

2. Taoge

Pemilik golongan darah O juga patut berhati-hari terhadap taoge alfalfa karena mengandung senyawa yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga bisa memperparah hipersensitivitas yang mungkin diderita.

3. Jamur

Pemilik golongan darah O juga perlu waspada terhadap jamur shiitake dan buah zaitun hitam yang diawetkan karena bisa memicu alergi.

Buah yang perlu diwaspadai pemilik golongan darah O

Melansir dari Kompas.com, ada jenis buah-buahan yang dianggap tidak cocok bagi pemilik golongan darah O.

Baca Juga: Benarkah Golongan Darah Berpengaruh Besar Terinfeksi Covid-19, Berikut Penjelasan Ahli

Hal itu merujuk pada sifat sistem pencernaan golongan darah O yang sangat asam.

Di mana, para pemilik golongan darah O tak dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang juga mengandung asam untuk mengurangi risiko gangguan lambung dan iritasi dinding lambung.

Berikut ini beberapa contoh buah-buahan yang patut dihindari pemilik golongan darah O karena kandungan asamnya kurang bersahabat:

  • Jeruk orange
  • Jeruk keprok
  • Jeruk Pontianak
  • Jeruk medan
  • Jeruk garut
  • Stroberi
Para pemilik golongan darah O ini melainkan disarankan untuk lebih memilih buah-buahan pembentuk basa guna menghindari masalah kesehatan tersebut.

Buah plum, prune (plum kering), dan buah ara (fig) dianggap sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi pemilik golongan darah O.

Warna merah gelap, biru, dan ungu gelap pada buah itu mengisyaratkan bahwa buah dapat memberikan reaksi basa di dalam sistem pencernaan.

Jeruk grapefruit juga boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan.

Meski kandungan asamnya tinggi, tetapi buah ini termasuk makanan pembentuk basa setelah dicerna.

Baca Juga: Sering Dianggap Tak Punya Hati, Berikut Urutan Golongan Darah dari yang Paling Dingin

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, SajianSedap.com

Baca Lainnya