Pantas Selalu Diburu Selama Bulan Ramadhan, Makan Kurma Saat Buka Puasa Ternyata Bisa Cegah Penyakit Paling Ditakutkan Para Orang Tua

Senin, 11 April 2022 | 16:15
Kompas/Galiyah Assan

Ramadan 2022, selain disunnahkan Nabi Muhammad SAW, inilah manfaat berbuka dan sahur dengan buah kurma.

GridHype.ID - Kurma agaknya selalu jadi primadona selama puasa Ramadhan, ya.

Pasalnya, sebagian orang makan kurma saat berbuka puasa maupun santap sahur.

Bukan tanpa alasan, kurma merupakan salah satu kudapan yang dianjurkan Rasulullah Saw untuk berbuka puasa Ramadhan.

Tak hanya itu, kurma juga ternyata menyimpan manfaat yang tak main-main untuk kesehatan tubuh.

Melansir Nova.ID,berikut ini manfaat kurma untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan tulang

Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Semua zat tersebut telah dipelajari potensinya untuk mencegah kondisi yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis.

Inilah mengapa manfaat kurma untuk kesehatan tulang sangat penting dan sangat baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Pantas Saja Selama Setahun Tak Pernah ke Rumah Sakit, Ternyata Rahasianya Cuma Makan Buah Tropis Ini, Dijamin Hasilnya Bikin Ketagihan

2. Mencegah sembelit

Sebuah penelitian pada 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama tiga pekan, mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan mengalami peningkatan buang air besar yang signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak makan kurma.

Adapun serat dalam kurma mungkin bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah meningkat terlalu tinggi setelah makan.

Dikarenakan hal itu, kurma mempunyai indeks glikemik (GI) rendah, yang mengukur seberapa cepat gula darah naik setelah mengonsumsi makanan tertentu.

3. Mengandung antioksidan

Antioksidan melindungi sel-sel dari radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh dan menimbulkan penyakit.

Tiga antioksidan paling kuat dalam kurma yaitu flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.

Selain untuk tubuh, antioksidan juga penting untuk kesehatan kulit, loh.

Baca Juga: Batu Ginjal Bisa Rontok Tanpa Operasi, Kuncinya Cuma 2 Sendok Makan Bahan Dapur Ini, Gak Perlu Bolak-balik Rumah Sakit Deh!

4. Menjaga kesehatan otak

Studi laboratorium menemukan, kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6) di otak.

Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak penyebab kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

Oleh sebab itu, penting untuk mencegah masalah kesehatan tersebut dengan asupan yang tepat.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi makan makanan yang dicampur dengan kurma memiliki memori dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik, serta perilaku terkait kecemasan yang lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya.

Selain kurma, ada banyak buah lain yang tak kalah kaya manfaatnya untuk dimakan saat berbuka puasa. Buah apa saja?

1. Semangka

Mengutip Kompas.com, buah yang satu ini terkenal dengan kandungan airnya yang banyak. Namun, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Pantas Gak Pernah Ngeluh Selama Ramadan, Ternyata Ini 4 Makanan Terbaik yang Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Selain sebagai sumber air dan elektrolit, semangka juga dapat membantu mencegah beberapa penyakit sepertipenyakit jantung dan kanker prostat, juga mencegah inflamasi.

2. Apel

Saat berbuka puasa, sebuah apel dapat membantu sistem pencernaan Anda perlahan-lahan menyiapkan organ-organnya untuk menerima makanan yang lebih kompleks.

Meski kandungan air pada apel tidak sebanyak semangka, tetapi apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Mulai dari mengurangi risiko diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah katarak, hingga melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Anggur

Anggur juga termasuk jenis buah yang gampang dicerna karena tinggi air dan mengandung serat, sehingga baik untuk dimakan sebelum Anda mulai makan utama saat berbuka puasa.

Selain itu anggur juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain, seperti mengatasi sembelit,mencegah bertambah parahnya tekanan darah tinggi,hinggamencegah risiko terjadinya kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, dan kanker usus besar.

Baca Juga: Satu Indonesia Gak Sadar, Siapa Sangka Daun yang Sering Dianggap Tanaman Liar Ini Ampuh Bikin Asam Urat Anjlok, Begini Cara Mengolahnya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Nova.ID

Baca Lainnya