Capek Minum Obat Terus, Mending Konsumsi Makanan Enak Ini untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi, Ternyata Kurma Jadi Salah Satunya

Senin, 28 Maret 2022 | 18:15
AndreyPopov

Ilustrasi hipertensi

GridHype.ID - Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu masalah kesehatan yang ditakutkan banyak orang.

Bagaimana tidak, hipertensi cenderung tidak memiliki gejala apa pun, kecuali sudah sangat parah.

Melansir Alodokter.com,hipertensi yang tidak terkendali bisa menyebabkan munculnya penyakit serius yang mengancam nyawa.

Seperti misalnya gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tekanan darah tinggi atau tidak adalah melalui pemeriksaan rutin.

Hipertensi sendirisebenarnyabisa diatasi dengan menjalani pola hidup sehat.

Seperti mengonsumsi makanan sehat, menghentikan kebiasaan merokok, dan mengurangi konsumsi minuman berkafein, dan rutin berolahraga.

Bahkan, untuk mencegah hipertensi dapat dilakukan dengan makan beberapa karbohidrat pilihan.

Mengutip Nakita.ID dari Kompas.com, ada beberapa karbohidrat pilihan yang menawarkan manfaat unik untuk menurunkan hipertensi, yaitu:

Baca Juga: Satu Indonesia Belum Tahu, Mulai Sekarang Coba Rebus Apel Dulu Sebelum Dimakan, Siap-siap Tubuh Rasakan Perubahan Menakjubkan Ini

Pisang

Pisang menjadi salah satu makanan kaya karbohidrat yang bisa mendukung tekanan darah yang sehat. Pisang bisa dimakan secara langsung tanpa perlu mengolahnya ke dalam bentuk lain.

Polong-polongan

Polong-polongan menawarkan beberapa karbohidrat alami bersama dengan protein nabati, vitamin, dan mineral, termasuk magnesium yang dapat mengontrol tekanan darah sehat.

Menurut meta-analisis yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertensio, orang yang makan lebih banyak polong-polongan dan lentil mengalami penurunan tekanan darah sistolik, terlepas dari apakah mereka memiliki diagnosis hipertensi.

Faktanya, makan rata-rata 1 2/3 porsi harian dari polong-polongan selama periode penelitian 10 minggu rata-rata, secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,25 mmHg.

Yoghurt

Selain mendukung kesehatan usus kita, yogurt ternyata juga bisa mengontrol tekanan darah.

Temuan yang diterbitkan dalam International Dairy Journal menunjukkan bahwa di antara sampel kecil orang dengan hipertensi, makan yogurt dapat membantu menurunkan angka tekanan darah.

Baca Juga: Nggak Perlu Keluar Untuk Biaya Dokter Mahal, Hanya 5 Menit Rebus Bawang Putih dan Dimakan Ketika Perut Kosong, Hasilnya Benar-benar Menakjubkan

Yoghurt susu secara alami mengandung trifecta mineral pendukung tekanan darah yang sehat, kalsium, magnesium, dan potasium.

Plus, probiotik yang terkandung dalam yogurt juga dapat memainkan peran dalam mengurangi tekanan darah, menurut tinjauan uji klinis yang diterbitkan dalam Hypertension.

Kurma

Kurma selain rasanya manis, juga menyehatkan karena dapat membantu mengontrol tekanan darah dan baik untuk diet jantung sehat karena mengandung serat, potasium, dan magnesium.

Oat

Oat mengandung nutrisi yang lebih berlimpah dan beragam dengan lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibandingkan dengan sebagian besar biji-bijian olahan.

Makan banyak biji-bijian kaya serat ini dapat mengurangi risiko hipertensi dengan meningkatkan mikrobiota usus

Oat mungkin sangat berharga karena mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan. Makan jenis serat ini telah dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah.

Baca Juga: Dikira Gak Berguna, Siapa Sangka Air Rebusan Daun Tanaman Liar Ini Ampuh Obati Diabetes sampai Hipertensi loh, Buruan Coba Sekarang

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Nakita.ID, Alodokter.com

Baca Lainnya