Gak Lagi Bolak-balik Rumah Sakit, Siapa Sangka Minuman Favorit Sejuta Umat Ini Bisa Hempas Asam Urat di Tubuh

Senin, 21 Maret 2022 | 18:00
The Health Site

Pria lebih rentan mengalami asam urat.

GridHype.ID - Penyakit asam urat menjadi salah satu masalah kesehatan yang masih menjadi momok mengerikan bagi banyak orang.

Sebagai informasi, penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit arthritis atau radang sendi yang umum terjadi.

Melansir HelloSehat.com, penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang umum terjadi pada orang dewasa.

Berdasarkan data Perhimpunan Reumatologi Indonesia, penyakit ini terjadi pada 1-2% orang dewasa dan merupakan kasus arthritis inflamasi terbanyak pada pria.

Gout diperkirakan terjadi pada 13 orang dari 1.000 pria dan 6 orang dari 1.000 wanita.

Sementara itu, jenis athritis lain yang sering terjadi pada wanita, yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Penyakit asam uratsendiri adalah peradangan pada sendi yang terjadi karena kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh yang terlalu tinggi (hiperurisemia).

Kondisi ini secara tiba-tiba bisa menyebabkan persendian terasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Persendian yang terkena umumnya di jempol kaki, tetapi sendi lainnya juga bisa terpengaruh, seperti di pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan tangan.

Baca Juga: Bukan Maksud Hati Menakut-nakuti, Mulai Sekarang Kurangi Minum KopiJika Tubuh Sudah Alami Tanda-tanda Ini, Jangan Disepelekan!

Bila dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan gout kronis pada penderitanya.

Bahkan, seiring waktu, penyakit ini bisa merusak persendian Anda secara keseluruhan.

Nah untuk mengatasinya, kebanyakan orang biasanya akan minum obat agar gejala penyakit ini bisa cepat mereda.

Namun rupanya, ada bahan alami yang bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh, loh.

Hal ini tentunya bisa membuat penyakit Anda jadi jarang kabuh karena kadar asam urat dalam tubuh selalu terkontrol.

Manfaat Minum Kopi Bisa Mengatasi Asam Urat Tinggi

Nah, rupanya salah satu cara mengatasi penyakit asam urat ini ternyata bisa dengan mengonsumsi kopi.

Mengutip SajianSedap.com, beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak mengembangkan asam urat.

Misalnya, tahun 2010, analisis data dari peserta wanita dalam Nurses' Health Study menemukan bahwa risiko asam urat menurun seiring dengan meningkatnya konsumsi kopi.

Wanita yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan risiko asam urat sebesar 22 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Baca Juga: Biasa Dikonsumsi di Pagi Hari, Sederet Kopi Sachet Ternyata Punya Kandungan Paracetamol dan Sidenafil, Hati-hati Bisa Picu Penyakit Mengerikan ini

Sejumlah penelitian juga mengaitkan konsumsi kopi dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2014 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit kardiovaskular paling rendah.

Karena orang dengan asam urat memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, minum kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Tips Aman Minum Kopi

Satu cangkir kopi seduh umumnya mengandung sekitar 95 mg kafein.Minum kopi yang masih dianggap wajar adalah 3-5 cangkir atau rata-rata 400 mg kafein per hari.

Meski begitu, dosis kopi mungkin berbeda untuk setiap orang. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

Sebelumminum kopi, tentukan berapa banyak kopi yang dikonsumsi dan bagaimana efeknya pada pola suasana hati dan pola tidur Anda.

Selain itu perhatikan juga cara menyimpannya. Simpanlah kopi di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan.

Baca Juga: Biasanya Jadi Minuman Penghilang Kantuk, Ternyata Kopi Bisa Turunkan Resiko Penyakit Mengerikan, Jangan Kaget Kalau Nggak Perlu Bolak-balik ke RS

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : SajianSedap.com, Hellosehat.com

Baca Lainnya