Bukan Maksud Hati Menakut-nakuti, Mulai Sekarang Kurangi Minum Kopi Jika Tubuh Sudah Alami Tanda-tanda Ini, Jangan Disepelekan!

Rabu, 16 Maret 2022 | 09:15
Freepik

ilustrasi minum kopi

GridHype.ID - Sejumlah orang mungkin punya kebiasaan minum kopi setiap hari.

Bahkan dalam sehari, seseorang bisa minum kopi lebih dari satu kali.

Jika sudah seperti itu, kebiasaan minum kopi pun sulit dihilangkan.

Padahal, minum kopi secara berlebihan bisa mengancam kesehatan tubuh.

Seperti yang diketahui, kopi mengandung kafeinyang cukup tinggi.

Melansir Nakita.ID dari Live Strong,Sunitha Posina, MD, dokter penyakit dalam di Stony Brook, New York berbicara soal efek samping minum kopi.

Menurutnya, kafein adalah stimulan yang bagi kebanyakan orang, mengonsumsi dalam jumlah wajar akan menimbulkan efek samping minimal.

Namun, saat kita sudah mengonsumsi kafein secara berlebihan maka tubuh akan menunjukan tanda-tanda.

Lantas, apa saja tanda-tanda kalau tubuh kita sudah kelebihan kafein? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Pilih Gambar Kopi Mana yang Menarik Perhatianmu, Hasilnya akan Ungkap Kemampuan Apa yang Kamu Miliki

Masalah Pencernaan

Kafein yang dikonsumsi terlalu banyak, maka akan menyebabkan keracunan kafein.

Biasanya gejala yang muncul seperti gelisah gugup, insomnia, detak jantung tidak teratur, dan gangguan pencernaan, menurut makalah Maret 2020 di Jurnal Penelitian Kafein dan Adenosin.

Terlebih lagi, kafein dapat memicu produksi gastrin yang meningkatkan pergerakan usus besar, sehingga tidak hanya mengalami sakit, perut, mual tetapi juga diare.

Gangguan Kecemasan

Kopi juga memberi efek selalu terjaga karena menghambat adenosin, zat kimia dalam tubuh yang membuat Anda merasa lelah.

Jika kopi dikonsumsi terlalu larut siang hari, maka akan mempengaruhi waktu tidur hingga menyebabkan kurang tidur, tentu hal ini dapat memicu gangguan kecemasan.

Sakit kepala

Faktanya, kafein juga ditambahkan sebagai pengobatan untuk sakit kepala dan migrain karena membantu menyempitkan pembuluh darah untuk meredakan sakit kepala menurut National Headache Foundation.

Baca Juga: Biasa Dikonsumsi di Pagi Hari, Sederet Kopi Sachet Ternyata Punya Kandungan Paracetamol dan Sidenafil, Hati-hati Bisa Picu Penyakit Mengerikan ini

Namun, sakit kepala adalah gejala umum kelebihan kafein. Anda akan merasakan sakit kepala setelah minum kopi terlalu banyak.

Kelelahan

Mungkin minum kopi memberi efek lebih berenergi namun setelah efeknya hilang tubuh akan mengalami penyesuaian seperti semula yang akan membuat tubuh lebih lelah.

Jantung berdebar dengan cepat

Mengalami kegugupan seperti jantung berdebar adalah akibat dari perubahan tekanan darah dan peningkatan detak jantung, yang dapat terjadi setelah mengonsumsi kafein.

Jika Anda dapat meraskan detak jantung yang begitu berdebar, maka sebaiknya harus mengurangi kopi.

Gejala seperti flu

Minum kafein sepanjang hari dapat menyebabkan gejala flu seperti mual, nyeri otot, sakit kepala hingga mudah marah dapat terjadi.

Lantas berapabatas aman konsumsi kopi?

Baca Juga: Biasanya Jadi Minuman Penghilang Kantuk, Ternyata Kopi Bisa Turunkan Resiko Penyakit Mengerikan, Jangan Kaget Kalau Nggak Perlu Bolak-balik ke RS

Mengutip Kompas.comdari Johns Hopkins Medicine, batas aman kafein sehari adalah sekitar 400 miligram kafein. Ini setara dengan empat cangkir kopi.

Ingat juga bahwa kafein terkandung pula di dalam minuman berenergi. Berhati-hati jika Anda meminumnya disamping kopi.

Pasalnya, 400 miligram kafein setara dengan dua botol minuman berenergi.

Khusus wanita yang berusaha hamil, sedang hamil, dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter untuk membatasi asupan kafein hariannya.

Biasanya konsumsi kafein akan dibatasi tidak lebih dari 200 miligram sehari.

Meminum kopi lebih dari 3 cangkir sehari pada ibu hamil meningkatkan resiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah (BBLR).

Jika Anda tetap ingin mengonsumsi kopi namun sangat sensitif terhadap kafein, Anda bisa mencoba mengonsumsi kopi decaffeinated.

Kopi ini hanya mengandung 8 miligram kafein dibandingkan kopi biasa yang bisa mengandung 85-100 miligram kafein per cangkir.

Baca Juga: Iseng Ganti Kopi dengan Air Hangat Campur Madu, Rasakan Efek Menakjubkan dan Lepas dari Obat!

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Nakita.ID

Baca Lainnya