Kenali Lebih Dalam Soal Sujud Sahwi, Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah dan Bacaan Doa Sujud Sahwi Lengkap

Kamis, 17 Februari 2022 | 06:15
freepik.com

Ilustrasi Sujud

GridHype.ID - Sujud merupakan salah satu gerakan yang termasuk dalam rukun salat.

sujud diartikan berlutut serta meletakkan dahi ke lantai dan juga sebagai bentuk pernyataan hormat dengan berlutut serta menundukkan kepala sampai ke tanah.

Dalam praktiknya, gerakan ini dilakukan dengan dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan ujung jari kaki yang menempel pada lantai, seperti dalam salat pada umumnya.

Ketika kita melakukan melakukan kesalahan dalam salat, maka bisa dilakukan dengan sujud sahwi.

Dikutip dari Tribunnews.com, Ustaz Khalid Basalamah dalam ceramahnya menerangkan, Sahwi artinya kelalaian.

Bila seseorang dalam salatnya lupa membaca bacaan tertentu atau lupa mengerjakan gerakan tertentu dalam shalat, maka dianjurkan untuk menutupnya dengan sujud sahwi.

Dengan demikian, sujud sahwi berarti sujud yang dilakukan karena lupa membaca bacaan tertentu atau lupa mengerjakan gerakan tertentu dalam shalat.

Ada beberapa sebab-sebab sujud sahwi dilakukan, diantaranya:

Baca Juga: Penderita Asam Urat Bisa Sujud Syukur, Gak Perlu Lagi Beli Obat Mahal, Penyakitmu Bisa Langsung Sembuh Cuma Modal Jahe, Begini Caranya

Karena lupa duduk tahiyat awalKarena ragu-ragu jumlah rakaat yang dikerjakanKarena rakaat yang dikerjakan kurangKarena rakaat yang dikerjakan kelebihan.

Beberapa riwayat yang menceritakan tentang sujud sahwi, yakni:

Artinya: “Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam salatnya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia salat, tiga ataukah empat rakaat, maka buanglah keraguan dan ambillah yang yakin.

Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia salat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan salatnya.

Lalu jika ternyata salatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan.” [HR. Muslim no. 571]

Rasulullah juga pernah lupa tidak melakukan tarsyahud awal dan melakukan sujud sahwi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melaksanakan shalat Zhuhur namun tidak melakukan duduk (tasyahud awal). Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali, dan beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk sebelum.

Beliau lakukan seperti ini sebelum salam. Maka orang-orang mengikuti sujud bersama beliau sebagai ganti yang terlupa dari duduk (tasyahud awal).” (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)

Cara Sujud Sahwi

Sujud sahwi dilakukan dengan dua cara, yakni ketika seseorang lagi salat dan dia ingat kesalahannya dalam salat, (sebelum salam ingat kesalahannya), maka hendaknya sujud sahwi sebelum salam.

Baca Juga: Sering Diamalkan Rasulullah SAW, Simak Doa yang Kerap Dipanjatkan Nabi Ketika Bersujud Lengkap dengan Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Namun jika seseorang sudah selesai salat (sudah salam), kemudian ada yang mengingatkan tentang kesalahannya, maka hendaknya langsung berdiri menambah rakaat yang kurang (jika rakaatnya kurang).

"Jadi kalau teringat kesalahan dalam salat, sujud sahwinya dalam salat sebelum salam. Tapi kalau kita ingat setelah bubar salat, maka salam dulu baru sujud sahwi," terang Ustaz Khalid.

Sujud sahwi dilakukan dengan dua kali sujud dengan ditutup salam, meskipun dilakukan sesudah salam sholat sebagai tanda sholat sudah berakhir.

Contoh Praktik

Dilakukan sebelum salam, sujud sahwi dilakukan sesudah selesai membaca tasyahud akhir, lalu membaca takbir untuk mulai sujud sahwi, kemudian membaca takbir untuk duduk di antara dua sujud dan membaca bacaan seperti biasa.

Setelah itu takbir lagi untuk sujud yang kedua dengan membaca seperti pada sujud pertama, dan takbir lagi untuk duduk kembali lalu salam.

Jika dilakukan setelah salam, dimulai dengan takbir untuk memulai sujud sahwi, dan seterusnya sama.

Perlu dicatat, jika kesalahannya karena kekurangan rakaat, maka hendaknya menambah jumlah rakaat yang kurang terlebih dahulu, lalu salam kemudian melakukan sujud sahwi.

Jika meninggalkan tasyahud awal, maka tasyahud awal yang ditinggalkan tidak perlu diganti saat melaksanakan sujud sahwi.

BacaanSujud Sahwi

Lalu bagaimana dengan bacaan saat sujud sahwi?

Baca Juga: Kadung Berkoar Tuding Sule Punya Pesugihan dan Main Ilmu Hitam, Keluarga Nathalie Holscher Langsung Sujud Mohon Ampun

Selama ini banyak yang memberi tuntunan tentang bacaan sujud sahwi sebagai berikut :

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

“Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw” (Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa).

Muhammadiyah dalamFatwa Tajrihnyamenerangkan bacaan tersebut tidak ditemukan dalam dalil-dalil tentang sujud sahwi, sehingga bacaan sujud sahwi adalah bacaan saat melaksanakan sujud di dalam sholat :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي

Artinya: “Maha suci engkau ya Allah, wahai Tuhan kami dan dengan memujimu ya Allah, ampunilah aku”,

Artikel ini telah tayang diTribunnews.comdengan judul Apa Itu Sujud Sahwi? Berikut Tata Cara dan Doa yang Dibaca dalam Sujud Sahwi

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya