Syukur Bisa Lepas dari Obat-obatan, Rutin Minum Kopi Ternyata Bisa Jauhkan Tubuh dari Penyakit Mematikan Ini

Minggu, 09 Januari 2022 | 15:15
Freepik/lookstudio

Ilustrasi minum kopi

GridHype.ID -Apakah kamu termasuk penggemar kopi?

Kalau iya, kamu perlu berbahagia nih.

Pasalnya,minuman paling populer di dunia ini ternyata punya segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan.

Melansir dari Kompas.com, kopi mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B5, vitamin B2, kalium, magnesium dan mangan.

Dalam segelas kopi tanpa gula, kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan yang cukup tinggi jika kamumenyeduhnya dalam takaran yang ideal.

Khasiat kopi yang sudah cukup banyak ini akan bertambah beberapa kali lipat jika kamumenambahkan beberapa bahan alami seperti rempah-rempah yang biasa ada di dalam dapur.

Seperti melansir dari Healthline, dengan mencampurkan beberapa rempah dapur ini, kamuakan mendapatkan manfaat tambahan dalam secangkir kopi.

Seperti mood yang makin terdongkrak menjadi lebih positif, depresi yang makin menjauh pergi, hingga sistem imun yang semakin maksimal.

Manfaat Rajin Minum Kopi

Baca Juga: Pantas Nyeri Haid Makin Parah, Siapa Sangka Minuman Favorit Ini Biang Keroknya, Stop Mulai Sekarang Jika Tak Ingin Tubuh Menderita!

Studi menunjukkan, bahwa minum kopi dalam jumlah yang tepat membantu menurunkan risiko terkena penyakit serius.

Melansir dari Healthline via SajianSedap.com, berikut 7 manfaat minum kopi bagi kesehatan:

1. Menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Gejala kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh.Khasiat kopi diklaim dapat menurunkan risiko kanker hati, dan kanker kolorektal.

Studi yang dipublikasikan Elsevier pada 2007 menunjukkan, bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati 40 persen lebih rendah.

Begitu pula, dalam satu penelitian manfaat kopi pada 489.706 orang menemukan, bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal.

2. Menurunkan berat badan

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Zat ini merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Penelitian menemukan, kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini dapat berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

Baca Juga: Bikin Satu Indonesia Melongo Tak Percaya, Kopi yang Dicampur Bahan Dapur Ini Ternyata Jauh Lebih Menyehatkan,Gak Akan Nyesel Seumur Hidup

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang diderita banyak orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistansi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Manfaat kopi yang dikonsumsi rutin secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi tahun 2009 menemukan, bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23-50 persen lebih rendah terkena penyakit tersebut.

Studi lain yang diterbitkan National Library of Medicine tahun 2008 menunjukkan efek minum kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 67 persen pada orang yang mengonsumsi kopi.

Menurut tinjauan dari 18 studi terhadap 457.922 orang, konsumsi satu cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen.

4. Manfaat kopi terhadap risiko alzheimer

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan merupakan penyebab utama dari demensia. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini seperti gaya hidup sehat, konsumsi makan sehat, serta rutin berolahraga.

Penelitian yang diterbitkan di Eropean Journal of Neurology menyebut bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65 persen lebih rendah.

Baca Juga: Bikin Satu Indonesia Melongo Tak Percaya, Kopi yang Dicampur Bahan Dapur Ini Ternyata Jauh Lebih Menyehatkan,Gak Akan Nyesel Seumur Hidup

5. Khasiat kopi melindungi organ hati

Hati adalah organ luar biasa yang memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh kita.

Beberapa penyakit umum terkait hati meliputi hepatitis, penyakit hati berlemak, maupun penyakit hati lainnya.

Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana hati sebagian besar digantikan oleh jaringan parut. Menariknya, kopi dapat melindungi organ hati dari sirosis.

Orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari terbukti memiliki risiko hingga 80 lebih rendah mengalami sirosis hati.

6. Tingkatkan energi dan fungsi otak

Khasiat minum kopi dapat mengurangi rasa lelah, hingga meningkatkan energi.

Hal tersebut disebabkan kandungan stimulan yang bernama kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Setelah kopi diminum, kafein diserap ke dalam aliran darah kemudian menuju ke otak.

Baca Juga: Efeknya Dijamin Bikin Seisi Rumah Kegirangan, Coba deh Mulai Sekarang Gantung Biji Kopi di Sudut Kamar dan Rasakan Sendiri Perubahannya

Di otak, kafein memblokir adenosin neurotransmitter. Ketika ini terjadi, jumlah norepinefrin dan dopamin pun meningkat.

Selain itu, rutin minum kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, maupun kewaspadaan.

7. Kopi meningkatkan suasana hati

Khasiat kafein dalam kopi mampu meningkatkan suasana hati atau mood.

Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu menurunkan depresi. Bahkan, riset menemukan kopi membantu mencegah risiko bunuh diri.

Efek minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 3 sampai 4 mm/Hg. Biasanya efeknya ringan dan hilang jika minum kopi secara teratur.

Beberapa bukti memperlihatkan, khasiat minum kopi dapat menurunkan risiko stroke pada wanita yang minum kopi.

Sementara itu, penelitian tahun 2013 menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Khasiat kopi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi konsumsi dalam jumlah berlebihan justru berpotensi memengaruhi kesehatan.

Baca Juga: Ada Jam Ideal untuk Meminumnya! Berikut 3 Tips Minum Kopi agar Lebih Sehat dan Aman

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, sajiansedap.com

Baca Lainnya