Nggak Perlu Keluarkan Uang Puluhan Juta Buat ke Rumah Sakit, Cukup Makan 4 Cabai Setiap Hari Bisa Jadi Solusi Bagi Pengidap Sakit Jantung

Rabu, 08 Desember 2021 | 11:00
Tribun Timur

Garam bisa jadi penyebab gagal jantung

GridHype.id-Orang dengan penyakit jantung tentu harus selalu menjaga kesehatan jantungnya lebih ekstra lagi dibandingkan dengan orang biasa.

Mereka yang memiliki riwayat jantung harus lebih memerhatikan pola hidup mereka agar tidak memicu terjadinya gagal jantung.

Selain menjaga pola hidup dan pikiran, mereka yang memiliki penyakit jantung koroner biasanya juga telah tergantung dengan obat-obatan untuk menjaga kesehatan jantungnya.

Tentu obat dan perawatan medis yang diterima penderita jantung bukanlah hal yang murah.

Namun tahukah Anda, jika ada solusi lain bagi penderita jantung koroner agar tak tergantung dengan obat-obatan dan perawatan medis yang mahal.

Caranya cukup sederhana, hanya dengan bermodal empat buah cabai setiap hari, penderita jantung bisa bernafas lega.

Mengutip dari WebMD, cabai memiliki kandungan capsaicin yang mampu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko kematian pada penyakit jantung.

Tak heran jika pemilik penyakit jantung disarankan rutin mengonsumsi cabai secara rutin.

Hal ini bahkan sudah diteliti melalui sebuah penelitian.

Baca Juga: Nyawa Pianis Jazz Terbaik Indonesia Melayang Akibat Gagal Jantung, Kenali Langkah Pencegahannya Sedari Dini

Mengutip dari Very Well Health, penelitian tersebut dilakukan pada 2.300 orang.

Dalam penelitian tersebut, terbukti bahwa 61 persen orang yang mengonsumsi cabai dengan teratur lebih kecil kemungkinan meninggal karena penyakit stroke.

Manfaat rutin makan cabai untuk menurunkan risiko kematian pada pemilik penyakit jantung.

Sementara itu, 40 persen lainnya lebih kecil mengalami kemungkinan serangan jantung mematikan.

Lebih lanjutnya, orang yang rutin mengonsumsi cabai terbukti berhasil menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik hingga 44 persen.

Menurut dr. Marialaura Bonaccio dari Institute for Research, Rawat Inap, dan Perawatan Kesehatan (IRCCS) Neuromed di Molise, Italia membongkar fakta tak terduga.

"Fakta yang menarik adalah perlindungan dari risiko kematian justru tidak tergantung pada jenis diet yang diikuti orang," tutur Bonaccio.

"Dengan kata lain, seseorang dapat mengikuti diet Mediterania yang sehat, orang lain dapat makan dengan kurang sehat, tetapi bagi mereka semua, cabai memiliki efek perlindungan," jelasnya.

Baca Juga: Penyakit Jantung Bahaya Jika Tak Diatasi, Turunkan Risikonya dengan 5 Makanan Ini

Ia juga membongkar bahwa dalam sebuah penelitian, makan cabai secara rutin setidaknya 4 kali dalam sehari memang sangat ampuh memperkecil risiko kematian.

Kemungkinan pasien untuk bertahan hidup hingga delapan tahun ke depan jauh lebih mungkin terjadi dibandingkan mereka yang tak pernah mengonsumsi cabai.

Penelitian terhadap efek cabai pada pengidap jantung bukan kali pertama di dunia kesehatan.

Penelitian sebelumnya ia telah menunjukkan cabai dapat melindungi terhadap kanker dan diabetes, sebagai penghilang rasa sakit, meningkatkan bakteri usus dan memerangi obesitas.

Baca Juga: Pantas Masih Lincah Temani Cucu Bermain, KunciSehat Nenek Ini Akhirnya Terbongkar, Ternyata Rutin Minum Ramuan Asam Jawa

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : WebMD

Baca Lainnya