Kabar Gembira bagi Pengidap Hipertensi, Sederet Jus Buah Ini Ternyata Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi loh,

Kamis, 18 November 2021 | 14:00
pixabay

Ilustrasi alami hipertensi atau tekanan darah tinggi

GridHype.ID - Hipertensi atau tekanan darah tinggi masih menjadi momok mengerikan bagi semua orang.

Pasalnya, tekanan darah tinggi adalah kondisi yang tak boleh dibiarkan begitu saja.

Bahkan tekanan darah tinggi dikenal sebagai silent killer karena seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan dini.

Inilah alasan mengapa dalam banyak kasus penyakit ini tetap tidak terdiagnosis dan orang-orang mengetahuinya ketika sudah mencapai tingkat yang berbahaya.

Melansir dari Kompas.com, tekanan darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Orang dewasa dapat didiagnosis menderita hipertensi atau darah tinggi jika memiliki tekanan darah 140/90 mmHg.

Angka 140 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut sebagai tekanan sistolik.

Sedangkan angka 90 berarti tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa atau kerap disebut sebagai tekanan diastolik.

Salah satu garis pertahanan pertama yang bisa dilakukan untuk melawan tekanan darah tinggi adalah diet atau mengatur pola makan.

Menerapkan diet ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat tanpa efek samping seperti yang dapat disebabkan oleh obat-obatan.

Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, beberapa jenis minuman juga dapat membantu.

Baca Juga: BERITA POPULER: Kabar Gembira Bagi Penderita Darah Tinggi, Orang dengan Kondisi ini Dilarang Makan Mentimun hingga, Perempuan dengan Shio ini Dijamin Sayang Suami

Berikut ini ada salah satu minuman untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat dipertimbangkan:

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Jus Tomat

Salah satu cara termudah untuk mengelola tekanan darah tinggi kamu adalah dengan menyeruput segelas jus tomat tawar setiap hari.

Dilansir dari timesofindia via SajianSedap.com, studi menunjukkan bahwa jus tomat tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah tetapi juga membantu mengelola kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Untuk penelitian ini, para peneliti memeriksa hampir 500 peserta Jepang termasuk pria dan wanita.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Nutrition, para peserta diberikan jus tomat tawar selama satu tahun penuh.

Mereka diminta untuk membuat buku harian di mana mereka mencatat dengan tepat berapa banyak jus yang mereka konsumsi setiap hari dan perubahan yang mereka perhatikan pada kesehatan mereka.

Di akhir penelitian, ditemukan bahwa tekanan darah dari 94 peserta dengan pra-hipertensi atau hipertensi yang tidak diobati turun secara signifikan setelah minum jus ini secara teratur.

Efek menguntungkan serupa di antara pria, wanita dan kelompok usia yang berbeda.

Tekanan darah sistolik turun dari 141,2 menjadi 137 mmHg, dan tekanan darah diastolik turun dari 83,3 menjadi 80,9 mmHg.

Baca Juga: Kabar Gembira bagi Penderita Darah Tinggi, Tak Perlu Lagi Bolak-balik ke Apotek, Kamu Bisa Konsumsi Bawang Putih yang Diolah Menjadi Seperti Ini

Potensi manfaat jus tomat karena berbagai senyawa bioaktif, seperti karotenoid, vitamin A, kalsium, dan asam gamma-aminobutyric, hadir dalam buah merah.

Senyawa ini diyakini berperan besar dalam menjaga kesehatan fisik dan psikis, termasuk pencegahan penyakit kardiovaskular.

Ini juga kaya akan likopen, antioksidan kuat dengan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Cara Membuat Jus Tomat Agar Manfaatnya Maksimal

Untuk manfaat maksimal, minumlah jus tomat tawar tanpa garam.

Lebih baik membuat jus ini di rumah karena yang tersedia di pasaran mengandung pengawet dan mungkin tidak bermanfaat bagi kesehatan kamu.

Selain jus tomat, kamu juga bisa memanfaatkan buah ini untuk menurunkan terkanan darah tinggi.

Menambahkan dari Kompas.com, inilah sederet minuman untuk menurunkan darah tinggi yang dapat dipertimbangkan:

Jus delima

Delima bukan hanya kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, tetap juga memiliki efek antiinflamasi yang kuat.

Maka, tidak mengherankan jika jus buah delima dapat berkontribusi pada diet jantung sehat.

Sebuah tinjauan terhadap delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Baca Juga: 4 Jenis Luka Mengerikan Ini Jadi Pertanda Gula Darah Tinggi, Pahami dan Waspada Mulai Kini

Tinjauan ini telah diterbitkan dalam Jurnal Pharmacological Research pada 2017.

Efek pada tekanan darah tidak bergantung tergantung pada seberapa lama partisipan mengonsumsi jus delima dan seberapa banyak.

Sementara, para peneliti merekomendasikan dosis konsumsi jus buah delima setidaknya 240 mililiter untuk menurunkan tekanan darah diastolik.

Jika kamu memutuskan untuk menambahkan jus delima ke dalam makanan kamu, pastikan itu adalah jus 100 persen tanpa tambahan gula.

Jus beri

Seperti buah delima, buah beri, terutama blueberry memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Namun, sedikit yang diketahui tentang manfaat jantungnya. Ulasan pada 2020 melaporkan bahwa minum jus cranberry atau ceri dapat meningkatkan tekanan darah.

Ulasan lain yang diterbitkan di Jurnal Nature pada 2016 menemukan bahwa mengonsumsi buah beri dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol jahat.

Dalam kedua kasus tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa buah beri kemungkinan memiliki manfaat kardiovaskular.

Meski demikian, lebih banyak penelitian tetap perlu dilakukan untuk mengklarifikasi peran buah beri dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung.

Jika kamumemilih jus beri yang dibeli di luat, pastikan jus tersebut tidak mengandung gula tambahan.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah MeskiGaram Himalaya Banyak Dipilih Pengidap Darah Tinggi, Ahli Beberkan Fakta Mengejutkan, Benarkah Lebih Sehat?

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, sajiansedap.com

Baca Lainnya