Bisa Nyesal Seumur Hidup, Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Makan Nasi Hangat Dicampur dengan Sup, Bukannya Sehat Malah Bikin Tubuh Sakit-sakitan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:15
Tribun Pontianak - Tribunnews

Bahaya makan nasi dicampur sup.

GridHype.ID - Seringkali sejumlah orang menyantap nasi hangat dicampur dengan sup.

Selain kuahnya yang menyegarkan, makan sup dipercaya bisa membawa segudang manfaat untuk tubuh.

Sebab biasanya, sup terbuat dari berbagai bahan makanan yang menyehatkan.

Banyak orang beranggapan makan nasi yang dicampur dengan sup terasa lebih mudah disantap dan mengenyangkan.

Tak jarang pula, para ibu-ibu menyajikan nasi dan sup kepada anaknya yang masih kecil agar mudah dicerna.

Namun siapa sangka, di balik kenikmatannya, ternyata mengonsumsi dua makanan ini bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan.

Para ahli percaya bahwa ini adalah kebiasaan buruk dan berbahaya yang harus dihilangkan untuk menghindari efek buruk pada sistem pencernaan.

Lalu apa bahayanya?

Alasan Makan Nasi Tidak Boleh Dicampur Sup

Melansir SajianSedap.com dari TipsMake.com, menurut para dokter, selama makan Anda harus membatasi nasi dan sup, atau drink filtered water, maupun soft drink.

Baca Juga: Bukannya Untung Malah Buntung, Siapa Sangka 5 Makanan Sehat ini Tidak Bisa Dimakan Secara Berlebihan, Dampaknya Tak Main-main Bagi Tubuh

Pasalnya, air akan mengencerkan getah lambung, membuat makanan di lambung belum tercerna masuk ke usus halus, sehingga mudah menimbulkan penyakit pencernaan.

Tidak dapat disangkal manfaat sup dalam makanan kita.

Akan tetapi ketika makan sup nasi, proses ini akan membuat nasi masuk ke perut tanpa mengunyah dengan baik.

Hal ini tentu membuat perut bekerja lebih keras daripada mengunyah makanan.

Kebiasaan ini dalam jangka panjang akan membuat Anda menderita sakit perut.

Bagi mereka yang sakit perut, sama sekali tidak dianjurkan makan nasi.

Saat mengunyah makanan, enzim dalam air liur menghasilkan dukungan untuk pencernaan dan penyerapan makanan, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ketika nasi dimasak dalam sup yang sama, cairan pencernaan diencerkan oleh air, sehingga mengurangi penyerapan nutrisi, menciptakan rasa kenyang tetapi kualitas nutrisinya sangat sedikit, kata dokter.

Campuran Nasi dan Sup Berbahaya untuk Anak Kecil

Banyak keluarga sering menggunakan sup untuk makan nasi agar anak lebih cepat makan, namun nyatanya anak sering makan sup dulu.

Pada saat itu kandungan air di perut akan sangat banyak mengarah pada keadaan penyerapan sebenarnya, dalam jangka panjang akan kurang berkualitas.

Baca Juga: Selama Ini Berakhir di Tempat Sampah, Ternyata Buang Nasi Sisa Bikin Seisi Rumah Rugi Besar, Lakukan Hal Ini untuk Dapatkan Manfaatnya

Selain itu, kebiasaan ini akan membentuk refleks malas untuk mengunyah, yang berdampak buruk pada perkembangan otot rahang pada anak.

Ketika sistem pencernaan bekerja dengan normal, makanan mudah dicerna dan tubuh dapat menyerap nutrisi lebih cepat.

Bagaimana Cara Makan Nasi dengan Sup yang Benar?

Makan sup itu baik, tetapi memakannya dengan benar akan meningkatkan efek penuhnya.

Simak beberapa tips berikut untuk menciptakan kebiasaan makan yang baik bagi keluarga Anda.

- Saat makan nasi, Anda harus makan nasi kering, tidak merendam sup, mengunyah perlahan, mengunyah dengan baik untuk menyerap nutrisi dari makanan dan membantu melindungi kesehatan dan saluran pencernaan Anda.

- Praktek kebiasaan makan untuk anak kecil, untuk menghindari penyakit malang di masa depan.

- Selain sup untuk nasi, juga tidak boleh makan dan minum setiap kali makan, terutama minuman berkarbonasi. Karena dalam minuman berkarbonasi seringkali mengandung karbon dioksida dalam jumlah besar, yang menyebabkan tekanan, menyebabkan sakit perut akut.

- Saat makan, makanlah sup sebelum dan sesudah makan, bukan dengan nasi. Orang dewasa, sebaiknya makan sup sebelum mulai makan nasi dan makanan lain atau makan sup terakhir. Mereka yang ingin menurunkan berat badan bisa minum 1-2 mangkuk sup sebelum makan, menciptakan rasa kenyang, mencegah makan nasi terlalu banyak.

- Jika nasinya kering, sulit ditelan, kuahnya mungkin berkurang, atau kuahnya lebih mudah dikunyah. Tapi Anda tetap harus ingat saat makan dengan benar.

- Khusus untuk anak-anak, sebaiknya orang tua hanya memberi anak sup terakhir, hindari membuatnya terlalu kenyang, tidak mau makan.

Baca Juga: Ya Ampun Jangan Langsung Dibuang, Nasi Sisa Kemarin Ternyata Bisa Datangkan Manfaat yang Tak Terduga bagi Tubuhmu

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya