Buat Dunia Hiburan Heboh, Pemain Film Ini Peringatkan Banyak Orang Soal Kematian yang Datang Kapan Saja, Tetiba Dilarikan ke Rumah Sakit dalam Keadaan Kritis

Minggu, 10 Oktober 2021 | 07:45
Instagram/@chicco.jerikho

Chicco Jerikho

GridHype.ID - Kabar tak menyenangkan datang dari aktor Chicco Jerikho.

Pasalnya sang aktor tetiba dilarikan ke rumah sakit.

Suami dari Putri Marino itu kritis oleh dokter.

Chicco yang dikenal memiliki gaya hidup sehat ini mendadak kondisinya drop dan dilarikan ke rumah sakit.

Kabar Chicco Jerikho kritis ini dibagikan lewat akun sosial media instagram miliknya.

Bahkan tertulis 'umur enggak ada yang tahu', ternyata Chicco tengah berjuang melawan penyakit mematikan.

Bagaimana kondisinya sekarang?

Chicco Jerikho mengaku dokter sudah menyatakan kondisinya kritis.

Kini ia masih dalam masa pemulihan, Chicco pun membeberkan kondisi ketika tengah berjuang melawan penyakit 'silent killer' ini.

Diakui suami Putri Marino ini sebelum jatuh sakit, kesehatan Chicco Jerikho tidak ada yang mengkhawatirkan alias sehat wal afiat.

Baca Juga: Positif Virus Corona, Chicco Jerikho: Akhirnya Kenalan Juga Sama Covid

Namun mendadak kondisinya langsung drop, "yang dibilang umur enggak ada yang tahu. Gue kaya bener-bener ngalamin itu. Paginya sehat walafiat, malemnya masuk rumah sakit," tulis Chicco Jerikho di kolom komentar akun instagram miliknya, dikutip GridFame.id, Jumat (8/10/2021).

Chicco juga mengatakan menurut dokter ia terkena sepsis.

"Sejauh ini hasil dari observasi dokter adalah sepsis. Bisa disearch di Google," tulis Chicco lagi menjawab pertanyaan netizen.

Chicco Jerikho pun menceritakan momen saat ia tiba-tiba jatuh sakit dengan kondisi serius.

Penyakit tersebut disebut misterius lantaran sampai saat ini Chicco Jerikho dan dokternya tak bisa menemukan apa penyebabnya.

"Karena belakangan banyak banget teman-teman gue yang tiba-tiba masuk rumah sakit dengan kondisi yang berat, padahal sebelumnya baik-baik aja.

Kayanya gue juga harus berbagi cerita ini ke kalian, biar kita bisa saling menjaga diri

Padahal dari pagi sampai sore, gue masih beraktivas kayak biasa. Bahkan masih berolahraga dan shooting," tulis Chicco.

Baca Juga: Pernikahannya Disebut Tiba-tiba, Chicco Jerikho Ungkap Alasan Dirinya Seriusi Putri Marino

Tangkap layar Instagram/@chicco.jerikho

Unggahan Chicco Jerikho

Suami Putri Marino ini merasa sangat bersyukur karena bisa sembuh setelah dirawat secara intensif di rumah sakit beberapa waktu lalu.

"Jujur, kayak dapat kesempatan hidup yang kedua. Karena saat itu kondisi gue dinyatakan sama dokter sudah kritis," tulis Chicco.

Selama dirawat di rumah sakit, Chicco Jerikho ditangani oleh tiga dokter spesialis sekaligus.

"Setelah dilakukan pengecekan, Dokter mendiagnosis ada infeksi virus (sepsis). Itu yang bikin badan gue drop dalam waktu cepat sampe akhirnya harus dibawa ke rumah sakit. Tapi penyebabnya karena apa? Sampai sekarang belum ada jawabannya," jelas ayah 1 anak itu.

"Saat itu kondisi heart rate gue dibawah 50 dan tensi rendah sampe 60/40. Jujur dengarnya aja gue takut. Hal yang nggak pernah dibayangin sebelumnya masuk ruang HCU,"

Puji Tuhan gue bisa lewati itu semua. Dokter yang menangani sempat kaget karna proses pemulihannya yang dibilang cukup cepat.

Dokter gue bilang, ini pasti karena pola hidup yang sehat, olahraga dan multivitamin yang gue konsumsi selama ini,

Setelah tiga hari di ruang HCU gue bisa pindah ke ruang rawat inap biasa," terang eks kekasih Laudya Cynthia Bella itu..

Baca Juga: Jangan Ngaku Doyan Ngopi Kalau Belum Coba 7 Kedai Kopi Milik Artis Ini

Instagram Chico Jerikho

Chicco Jerikho kritis

Bersyukur bisa melewati masa kritis, Chicco Jerikho sengaja membagikan pengalamannya orang lebih peduli dengan kesehatan.

"Intinya kenapa gue share ini karena gue mau kalian untuk selalu jaga kesehatan dan menjadikan kesehatan itu prioritas utama. Karena penyakit bisa dateng kapan aja dan menyerang siapa aja," tutupnya.

Rekan Sesama Artis Khawatir Sampai Panik

Meski telah melewati masa kritis, rekan sesama artis dibuat panik mengetahui perjuangan Chicco Jerikho melawan penyakit tersebut.

"Ya ampun Chicco, alhamdulillah sudah pulih kembali," kata akun Ginasnoer.

"Kak, segerea pulih! Aamiin," tulis akun Nonangie dilengkapi dengan emoticon sedih.

"Ya ampun Tuhan! Chicco Jericho tersayang yang tangguh, memang selalu penuh berkat. Sehat terus ya," tulis akun happy Salma.

Banyak artis lainnya yang menuliskan doa untuk kesembuhan Chicco Jerikho.

"Semangat adinda, segera pulih," tulis akun si.rano.

"Get well soon ya bro," tulis akun Stefanwilliam.

Baca Juga: Usai Luncurkan Buku Kumpulan Puisi, Putri Marino Dihujat Netizen

Mengenal Sepsis, Penyakit Mengancam Jiwa atau Silent Killer

Melansir CDC, sepsis adalah respons ekstrem tubuh terhadap infeksi. Ini adalah keadaan darurat medis yang mengancam jiwa. Sepsis terjadi ketika infeksi di dalam tubuh memicu reaksi berantai di seluruh tubuh Anda.

Infeksi yang menyebabkan sepsis paling sering dimulai di paru-paru, saluran kemih, kulit, atau saluran pencernaan. Jika tak diobati tepat waktu, sepsis dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan jaringan, kegagalan organ, dan kematian.

Ahli sepsis dan konsultan perawatan intensif anak Dr Colin Begg, wali dari badan amal Sepsis Research FEAT (sepsisresearch.org.uk) mengatakan, dampak utama sepsis adalah pada orang yang berusia sangat muda dan sangat tua.

Meski demikian, penyakit ini juga menjadi salah satu penyakit yang dapat membunuh orang dewasa muda yang sehat dalam hitungan jam.

“Sepsis muncul ketika respons normal tubuh terhadap infeksi melukai dan menguasai jaringan dan organnya sendiri.

Ini dapat menyebabkan syok, kegagalan multi-organ, dan kematian – terutama jika tidak dikenali lebih awal dan segera diobati.” Demikian seperti dikutip dari the Independent.

Dijelaskan Begg, sepsis biasanya dimulai dengan infeksi, misalnya di dada, kulit, urin atau meningitis, tetapi pada tahap awal, gejalanya bisa samar dan sulit dikenali oleh dokter dan perawat.

“Beberapa orang menggambarkannya sebagai perasaan seperti ditabrak bus, dan sering bingung dengan gejala seperti flu yang buruk,” ujarnya.

(*)

Baca Juga: Adu Gaya Nia Ramadhani, Maia Estianty, dan Putri Marino Pakai Baju Kembar dengan Aksen Transparan, Cocok Mana?

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Instagram, gridfame

Baca Lainnya