Angin Segar! BLT BPJS Ketenagakerjaan Khusus Pemilik Rekening BCA dan Bank Swasta Segera Cair, Simak Jadwalnya

Senin, 13 September 2021 | 16:30
dok.Kompas.com

Bantuan subsidi upah 2020 yang belum ditransfer bakal disalurkan

GridHype.ID - Kabar gembira bagi calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) alias BLT BPJS Ketenagakerjaan khusus rekening BCA atau bank swasta.

Pasalnya, penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan khusus rekening BCA atau bank swasta bisa segera mencairkan bantuan pemerintah ini.

Seperti yang diketahui sebelumnya, BLT BPJS Ketenagakerjaan disalurkan pemerintah lewat bank Himbara.

Kini, penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 3 khusus untuk BCA dan bank swasta sudah ditetapkan.

Nantinya penerima bantuan subsidi gaji atau BSU ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta.

Sementara melansir GridFame.ID, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjelaskan terkait alur pencairan BSU khusus BCA dan bank swasta melalui laman bsu.kemnaker.go.id.

Pekerja yang memenuhi syarat dan lolos seleksi penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Tetapi khusus pemilik rekening BCA dan bank swasta, subsidi gaji tidak langsung disalurkan melalui rekening yang dimiliki saat ini.

Pekerja harus lebih bersabar lantaran pemilik rekening BCA dan bank swasta akan dibuatkan rekening baru secara kolektif terlebih dulu.

Baca Juga: Jangan Sampai Ketinggalan, Ada 6 Bantuan yang Siap Disalurkan Pemerintah di Bulan September 2021 ini, Begini Cara Cek Penerima Bantuannya

Sebagaimana dijelaskan Deputi Direktur Bidang Project Management Office BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek, Romie Erfianto.

Ia mengatakan, bagi pekerja yang belum memiliki rekening bank Himbara, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan pihaknya akan menyampaikan sejumlah data kepada Bank Himbara.

Nantinya Bank Himbara dan BSI akan menginformasikan kepada calon penerima subsidi upah untuk melakukan aktivasi rekening agar bisa dilakukan pencairan dana.

Di saat yang bersamaan dilakukan pembentukan rekening kolektif oleh bank Himbara secara sentralisasi.

Para pemberi kerja atau perusahaan dan tenaga kerja diharapkan segera menyampaikan kelengkapan data yang dibutuhkan dalam proses pembukaan rekening kolektif tersebut.

Kelengkapan data tersebut disampaikan HRD perusahaan melalui menu Pelaporan Data Perusahaan di website resmi BP Jamsostek (www.bpjsketenagakerjaan.go.id).

"Jadi kami bekerja sama untuk mendistribusikan kartu, peserta dapat melakukan aktivasi sesuai dengan bank yang telah bekerja sama dan ditunjuk untuk pembukaan rekening baru," kata Romie, dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Itulah yang menyebabkan pencairan subsidi gaji tahap 3 bagi pemilik rekening BCA dan bank swasta jauh lebih lama dibanding bank himbara, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

Sementara mengutip Kompas.com, penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji tahun 2021 untuk pekerja ditargetkan akan selesai secara keseluruhan pada akhir Oktober 2021.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah saat meninjau pengaktifan rekening pekerja penerima BSU di Kota Semarang.

Baca Juga: Buruan Cek, Pemerintah Bagikan 5 Bansos untuk Masyarakat, Mulai dari BSU Hingga UKT Kuliah, Begini Caranya

"Mudah-mudahan pada tahap 3, 4, 5, ini bisa lancar. Mudah-mudahan kita bisa selesaikan ini paling cepat akhir September, paling lama Oktober," kata Ida, Jumat (3/9/2021).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, penerima BSU yang memiliki rekening bank swasta atau non Himbara akan dibuatkan rekening bank terlebih dulu di Himbara secara kolektif agar dapat menerima BSU.

"Penerima BSU yang memiliki nomor rekening non Himbara akan dibuatkan (rekening Himbara) secara kolektif," kata Anwar saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Anwar menjelaskan, proses pembuatan rekening itu nantinya akan dilakukan oleh pihak Himbara bekerja sama dengan perusahaan tempat penerima subsidi upah bekerja.

"Pihak Himbara akan berkorkoordinasi dengan perusahaan," ujar Anwar.

Ia mengatakan, saat ini sebagian penerima BSU tahap 3 sudah mulai dibuatkan rekening secara kolektif di Himbara.

"Untuk angkatan ke 3 sebagian sudah dibantu dibuka secara kolektif," kata Anwar.

Anwar mengatakan, BSU akan dicairkan ke rekening pekerja yang telah dibuatkan rekening di Himbara setelah Kemnaker selesai melakukan pemadanan data.

"Setelah data yang kami peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan, kemudian kami lakukan pemadanan dengan penerima program Kartu Prakerja, PKH, dan BPUM," kata Anwar.

Baca Juga: Data Calon Penerima BLT Subsidi Gaji Tahap 3 Sudah di Tangan Kemnaker, Ini Tanda Anda Menjadi Calon Penerima BSU Rp1 Juta

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, GridFame.ID

Baca Lainnya