Virus Covid-19 Diprediksi Tidak Akan Hilang dan Menjadi Endemi, Pemerintah Indonesia Telah Siapkan 5 Langkah ini Untuk Jangka Panjang

Rabu, 18 Agustus 2021 | 17:00
iStockphoto

Covid-19 coronavirus vaccine treatment vector background. Covid19 vaccine bottle, syringe injection tool and coronavirus text in white background for corona virus immunization. Vector illustration.

GridHype.ID-Sejak ditemukan pada akhir tahun 2019 silam, virus Covid-19 yang menjangkit di hampir seluruh dunia telah ditetapkan sebagai pandemi.

Pandemi sendiri merupakanepidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia

WHO (World Health Organization) juga telah menetapkan Covid-19 sbagai penyakit endemik.

Sebab, sejak penularannya yang memasuki tahun kedua tak kunjung mereda, sehingga WHO menyebutkan bahwa penyakit ini akan terus ada dan tidak sepenuhnya hilang.

Melansir dari Kompas.com, hal serupa juga dikatakan olehJuru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Ia menyebut jika virus corona akan tetap hidup menjadi sebuah endemi di dunia.

"Bahwa 89 persen di antaranya sepakat bahwa virus Covid-19 akan tetap hidup bersamaan dengan kita sebagai sebuah endemi atau yang artinya virus ini tidak akan berakhir menghilang sepenuhnya," kata Wiku dalam konferensi pers daring, Selasa (17/8/2021) kemarin.

Dengan adanya prediksi tersebut, kata Wiku, hal baik yang dapat ditangkap yakni di masa mendatang kekebalan masyarakat akan meningkat terhadap virus corona seiring dengan akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah.

Baca Juga: Perbanyak Konsumsi 5 Buah Berikut ini di Masa Pandemi, Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh Untuk Tangkal Covid-19

Dengan demikian, angka perawatan dan kematian pasien Covid-19 akan berkurang meskipun virus masih tetap ada dan terus beredar.

Namun demikian, untuk mencapai hal tersebut harus dilakukan berbagai upaya.

Setidaknya ada 5 hal yang diupayakan pemerintah Indonesia untuk membentuk ketahanan kesehatan masyarakat dalam jangka panjang.

Pertama, pengendalian kegiatan masyarakat dan modifikasi perilaku menjalankan protokol kesehatan.

"Selama virus ini masih ada maka proses mengetat-longgarkan kegiatan akan terus dilakukan demi mencapai masyarakat yang sehat dan produktif serta aman," ujar Wiku.

Kedua, mempercepat pembentukan kekebalan imunitas atau herd immunity secara gradual atau bertahap, mulai dari pembentukan kekebalan regional, daerah aglomerasi, hingga perlahan terbentuk kekebalan menyeluruh secara nasional.

Apabila Indonesia telah mencapai kekebalan komunitas secara nasional, kata Wiku, RI bakal menyumbang angka cukup besar dalam eliminasi Covid-19 secara global.

Upaya ketiga, yakni terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur kesehatan secara merata di seluruh pelosok daerah melalui testing, tracing, dan treatment.

Baca Juga: Belum Terdata Petugas? Tenang, Pendaftaran Vaksin Covid-19 Sekarang Bisa Lewat Online, Begini Caranya

Keempat, mengawasi distribusi varian virus yang muncul dan terus berkembang. Diupayakan pula untuk terus memperbarui teknologi guna meminimalisasi efek varian virus, baik terhadap upaya pengobatan diagnostik maupun upaya pelayanan kesehatan lainnya.

Upaya terakhir yakni menyusun rencana ketahanan kesehatan masyarakat jangka panjang dengan melibatkan pertimbangan multidisiplin seperti interaksi antarmanusia, hewan, dan tumbuhan sebagai investasi kesehatan jangka panjang.

"Hal ini akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk menangani Covid-19, namun juga mempersiapkan diri terhadap ancaman kedaruratan kesehatan masyarakat di masa yang akan datang," kata Wiku. (*)

Baca Juga: Hingga Kini Masih Jadi Misteri, Pakar WHO Duga 'Pasien Nol' Covid-19 Tak Lain adalah Pekerja Lab Wuhan

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : WHO, kompas

Baca Lainnya