Efek Samping Vaksin Covid-19 Dosis Kedua Bisa Jadi Lebih Kuat, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan Untuk Atasi Reaksi Tubuh Usai Vaksinasi

Kamis, 05 Agustus 2021 | 09:15
Freepik.com/master1305

Apakah Efek Samping Vaksin Covid-19 Muncul Lagi Setelah Dosis Kedua?

GridHype.ID - Demi memberikan kekebalan tubuh terhadap virus corona, pemerintah terus menggalakan program vaksin covid-19 untuk masyarakat.

Setelah mendapatkan vaksinasi, sebagian orang pun merasakan efek samping vaksin covid-19 yang beragam.

Namun, jangan buru-buru panik dengan efek samping vaksin covid-19.

Sebab, munculnya reaksi tubuh usai vaksinasi merupakan halumum yang ditimbulkan hampir semua jenis vaksin, termasuk vaksin Covid-19.

Gejala yang mungkin muncul

Melansir Serambunews.com dari dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 diterangkan, bahwa reaksi yang mungkin terjadi setelah vaksinasi Covid-19 hampir sama dengan vaksin yang lain.

Beberapa gejala tersebut antara lain:

1. Reaksi lokal

Ini termasuk nyeri, kemerahan dan bengkak pada tempat suntikan.

Reaksi lokal lain yang berat, misalnya selulitis.

2. Reaksi sistemik

Ini termasuk demam, nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (atralgia), badan lemas dan sakit kepala.

3. Reaksi lain

Ini termasuk reaksi alergi misalnya urtikaria (biduran) atau oedem (pembengkakan), reaksi anafilaksis, dan Syncope (pingsan).

Baca Juga: Berbagai Isu Muncul Pertanyakan Efektivitas Vaksin Sinovac, Ahli Bongkar Fakta Sebenarnya di Balik Segala Rumor Itu

Cara atasi efek samping vaksinasi

Kemudian muncul pertanyaan, apa yang harus dilakukan jika tubuh mengalami reaksi efek samping tersebut usai menerima vaksin Covid-19?

Seperti dikutip dari dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, disarankan bagi masyarakat apabila mengalami kejadian ikutan pasca vaksinasi (KIPI), untuk tetap tenang dan mengikuti petunjuk yang telah diberikan oleh petugas kesehatan di lokasi pemberian vaksin.

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) merupakan semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi.

Sesuai prosedur, setelah selesai divaksin, masyarakat akan diberikan kertas berisi informasi kontak yang bisa dihubungi jika mengalami KIPI.

Selain itu, setiap penerima vaksin juga diminta untuk menunggu di lokasi vaksinasi selama minimal 15 menit agar kondisinya tetap terpantau.

Hal yang harus dilakukan

Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi gejala reaksi usai Vaksin Covid-19 berbeda-beda, tergantung jenis efek samping apa yang muncul.

Jika terjadi reaksi ringan lokal usai vaksin Covid-19 seperti nyeri, bengkak dan kemerahan pada tempat suntikan vaksin, petugas kesehatan akan menganjurkan penerima vaksin untuk melakukan dua hal, yaitu:

- kompres dingin pada lokasi bekas suntikan

- minum obat paracetamol sesuai dosis.

Tetapi jika muncul reaksi ringan sistemik seperti demam dan malaise usai vaksinasi, petugas kesehatan akan menganjurkan penerima vaksin akan menyuruh penerima vaksin untuk mengonsumsi air lebih banyak hingga obat paracetamol.

Baca Juga: Virus Corona Makin Merajalela, Kemenkes Izinkan Ibu Hamil Lakukan Vaksinasi Covid-19, Ini Syarat dan Jenis Vaksin yang Diperbolehkan

Berikut hal yang akan harus dilakukan untuk mengatasi reaksi ringan sistemik setelah vaksin Covid-19.

- minum air putih lebih banyak

- menggunakan pakaian yang nyaman

- kompres atau mandi air hangat

- minum obat paracetamol sesuai dosis

Sementara mengutip Kompas.com dari kipi.covid19.go.id, beberapa orang dapat mengalami efek samping vaksin Covid-19 yang lebih kuat setelah mendapatkan dosis kedua. Namun ada pula yang tidak mengalaminya.

Semua reaksi ini normal dan jika terjadi, akan hilang dengan sendirnya dalam beberapa hari, sebagaimana reaksi pada dosis pertama.

Jika mengalami efek samping vaksin Covid19, penting untuk tetap tenang dan melaporkan ke petugas kesehatan melalui kontak yang tertera di kartu vaksinasi jika keluhan tak kunjung membaik.

Perlu diingat bahwa perlindungan optimal vaksin dari virus corona baru terbangun dua pekan setelah vaksinasi dosis kedua.

Setelah itu, berdasarkan laporan khusus, masih ada yang terinfeksi Covid-19, meski sangat jarang terjadi.

Gejala Covid-19 pada orang yang sudah menerima vaksin pun umumnya ringan, bahkan tidak mengalami gejala.

Oleh sebab itu, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Baca Juga: Jadi Syarat Bepergian Kemana-mana, Warga Ibukota Wajib Persiapkan Sertifikat Vaksin Covid-19

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Serambinews.com

Baca Lainnya