3 Tanaman Herbal yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Covid-19, Wajib Dicoba!

Minggu, 01 Agustus 2021 | 18:00
pixabay

Ilustrasi tanaman herbal

GridHype.ID - Angka kasus Covid-19 di Indonesia belakangan ini memang semakin mengganas.

Meski sudah setahun lebih virus corona atau Covid-19 mewabah di negeri kita, tanda akan berakhirnya pandemi ini nampaknya belum juga muncul.

Karena itulah, kita harus terus menerapkan protokol kesehatan agarmemutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Selain itu, kita juga harus meningkatkan kekebalan tubuh kita agar terhindar dari infeksi Covid-19.

Sebagai contoh, kita mulai dari makan makanan bergizi, olahraga teratur hingga konsumsi vitamin.

Ada pula orang yang memilih tanaman herbal untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Sejumlah tanaman herbal memang dipercaya untuk mencegah penyakit, meningkatkan imun, dan bahkan ada yang bisa membuat awet muda.

Kabar baiknya, ada tanaman herbal yang digunakan sebagai terapi penyembuhan Covid-19 sekaligus bisa membuat awet muda.

Baca Juga: Heboh Tanaman Herbal yang Disebut Bisa Sembuhkan Covid-19, Keluarga Ini Sampai Rela Berburu Daun Sungkai ke Hutan, Begini Kata Ahli

Mengutip dari Kompas.com, dosen sekaligus peneliti tanaman herbal, Dr Fenny Yunita, MSi, PhD mengatakan kalau di China ada tanaman herbal yang digunakan untuk mempercepat kesembuhan pasien Covid-19.

Tanaman herbal digunakan untuk menstabilkan saturasi oksigen dan mencegah happy hypoxia.

"Pada pasien Covid-19 di China, pengobatan tradisional yang menggunakan herbal bisa menstabilkan saturasi oksigen, sehingga mencegah terjadinya happy hypoxia," bebernya dalam webinar Perkumpulan Disiplin Herbal Medik Indonesia (PDHMI), Jumat (30/7/2021).

"Selain itu, obat-obatan herbal juga dapat mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 tanpa ada gejala lanjutan atau long covid," tambah Fenny.

Fenny mengungkap sejumlah tanaman herbal di Indonesia yang memiliki fungsi demikian.

Di antaranya sambiloto (Andrographis paniculata), meniran (Phyllanthus urinaria), dan akar manis (Licorice).

Menurutnya, sambiloto bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada pasien Covid-19 bahkan sampai ke tingkat kritis karena antioksidannya.

Bonusnya, tanaman ini juga bisa membuatkamu menjadi lebih awet muda.

Baca Juga: 6 Jenis Tumbuhan yang Bikin Wajah Terlihat Awet Muda dan Sehat!

"Antioksidan di dalam sambiloto berfungsi mendinginkan penyakit-penyakit yang memicu peradangan atau inflamasi seperti Covid-19, dan juga bisa membuat kita lebih awet muda," ungkap Fenny.

"Bahkan, di Thailand, sambiloto sudah menjadi obat paten untuk mempercepat penyembuhan penderita Covid-19 dengan tingkat yang rendah maupun orang tanpa gejala (OTG)," tambahnya.

Sementara itu, meniran dipakai sebagai ramuan penunjang imun tubuh, memproteksi kesehatan hati, dan mengobati penyakit pernapasan.

Di sisi lain, akar manis memiliki antioksidan yang mampu melawan peradangan tubuh termasuk virus corona.

"Meski kerap digunakan sebagai antiseptik untuk melawan bakteri di mulut, akar manis ini juga baik untuk kesehatan paru-paru, pencernaan, dan meningkatkan sistem imun," kata Fenny lagi.

Artikel ini telah tayang di Nakita.ID dengan judul "Ada Kabar Baik dari Pakar Indonesia, Tanaman Herbal Ini Terbukti Ampuh Sembuhkan Covid-19 dengan Bonus Bisa Bikin Awet Muda"

Baca Juga: Sempat Berhasil Tangani Penyebaran Covid-19 di Negaranya, Kini Pemerintah China Kewalahan Akibat Lonjakan Kasus Varian Delta di 14 Provinsi

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya