Kabar Baik bagi Para Pengidap Kanker Payudara, WHO Siapkan Obat Murah agar Bisa Menjangkau Seluruh Perempuan di Dunia

Sabtu, 31 Juli 2021 | 08:45
freepik.com

ilustrasi penderita kanker payudara

GridHype.ID - Bagi para penderita kanker payudara ada kabara gembira nih untuk kalian.

Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa mereka untuk pertama kalinya menyetujui obat "biosimilar" - yang berasal dari sumber-sumber hidup daripada bahan kimia.

Obat tersebut diperuntukkan untuk membuat perawatan kanker payudara terjangkau bagi perempuan secara global.

Obat Trastuzumab telah menunjukkan "kemanjuran tinggi" dalam menyembuhkan kanker payudara stadium awal dan dalam beberapa kasus bentuk penyakit yang lebih lanjut, WHO mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tetapi biaya tahunan obat asli rata-rata $ 20.000,

"Harga yang membuatnya jauh dari jangkauan banyak wanita dan sistem perawatan kesehatan di sebagian besar negara," pernyataan itu menambahkan.

Baca Juga: Tak Hanya Menyerang Wanita, Lelaki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini Gejala dan Penyebabnya

Namun, versi biosimilar dari Trastuzumab umumnya 65% lebih murah daripada yang asli.

"Dengan daftar WHO ini, dan lebih banyak produk diharapkan dalam pipa prakualifikasi, harga akan turun lebih jauh," kata WHO.

Obat bioterapi yang lebih murah, tetapi sama efektifnya dihasilkan dari sumber biologis seperti sel daripada bahan kimia yang disintesis.

Mereka biasanya diproduksi oleh perusahaan setelah paten pada produk asli telah kedaluwarsa.

"Prakualifikasi WHO untuk biosimilar Trastuzumab adalah berita baik bagi wanita di mana-mana," kata Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

" Perempuan di banyak budaya menderita ketimpangan gender dalam hal mengakses layanan kesehatan.

Di negara-negara miskin, ada beban tambahan karena kurangnya akses ke pengobatan bagi banyak orang, dan tingginya biaya pengobatan.

Baca Juga: Lima Mitos Tentang Bra yang Tak Perlu Kamu Percaya, Dari Efek Hingga Cara Merawatnya

Perawatan kanker payudara yang efektif dan terjangkau harus menjadi hak bagi semua wanita, bukan hak istimewa beberapa orang," tambahnya.

Beberapa biosimilar dari Trastuzumab telah tersedia di pasaran dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tidak ada yang sebelumnya telah dikualifikasi oleh WHO.

Prakualifikasi WHO memberi negara jaminan bahwa mereka membeli produk kesehatan yang berkualitas.

"Kita perlu bertindak sekarang dan berusaha menghindari kematian yang lebih dapat dicegah," kata Dr. Mariangela Simao, asisten direktur jenderal WHO untuk Obat-obatan dan Produk Kesehatan.

"Ketersediaan biosimilar telah menurunkan harga, membuat perawatan inovatif bahkan lebih terjangkau dan mudah-mudahan tersedia untuk lebih banyak orang," tambahnya.

Baca Juga: Ada Kabar Gembira Nih! Kandungan Oleochantal pada Minyak Zaitun Ternyata Dipercaya Ampuh Musnahkan Sel Kanker Payudara

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : WHO, Gridhealth

Baca Lainnya