GridHype.id- Instagram selama ini dikenal sebagai platform berbagi foto yang banyak digandrungi masyarakat seluruh dunia.
Namun tak disangka, kini Instagram tak mau lagi disebut demikian.
Dikutip dari Kompas.com (4/7/2021), CEO Instagram Adam Mosseri terang-terangan mengatakan bahwa aplikasi tenar itu tak sekadar berbagi foto.
“Kami bukan lagi sekadar aplikasi berbagi foto atau aplikasi berbagi foto persegi (rasio 1:1),” ujarnya melalui akun Twitter pribadinya.
Baca Juga: Fitur di Instagram Kini Makin Ramai, Begini Cara Membuat Instagram Reels dan Music
Ia menganggap bahwa banyak orang membuka Instagram untuk mencari hiburan.
Atas sebab alasan itu, Instagram kini tengah berfokus pada empat hal yang berkaitan dengan konten hiburan.
Empat hal tersebut adalah creator, video, belanja, dan perpesanan.
Perubahan tersebut tidak lain diakibatkan adanya persaingan yang semakin ketat di dunia media sosial.
“Karena jujur saja, persaingan semakin ketat saat ini, TikTok sangat besar, Youtube bahkan lebih besar, dan masih banyak pemula lainnya,” ujarnya.
Perubahan yang bakal dilakukan oleh Instagram itu telah dimulai dengan memperbanyak fitur menarik.
CEO Instagram itu membeberkan beberapa fitur yang tengah disiapkan untuk mewarnai aplikasi fenomenal ini.
Salah satunya adalah fitur rekomendasi.
Fitur tersebut akan memberikan rekomendasi akun di Feed Instagram yang mungkin belum diikuti oleh pengguna.
Mosseri mengatakan bahwa fitur itu telah menjalani uji coba dengan cukup positif, sehingga aka nada uji coba yang baru.
Selain itu, pengguna Instagram juga dapat mengontrol rekomendasi tersebut.
Jenis unggahan yang tidak disukai dapat mereka sembunyikan.
Fitur lain yang tak kalah menarik adalah topics.
Fitur tersebut akan menampilkan rekomendasi topik tertentu yang kemungkinan diminati oleh pengguna.
Video yang kini mulai ramai di Instagram dengan nama reels juga bakal mendapat pembaruan.
Mosseri mengatakan bahwa video layar penuh akan menjadi pengalam baru bagi pengguna Instagram.
“Video layar penuh, imersif, menghibur, dan video yang mengutamakan seluler,” tuturnya.
Instagram juga bakal memanjakan kreatir video dengan fitur khusu yang dapat dipilih oleh penggunanya.
Pengguna yang ingin membuat video pendek seperti TikTok dapat memilih reels yang berdurasi 15 hingga 30 detik.
Bagi kreator lain yang ingin mengunggah video dengan durasi lebih panjang, dapat menggunakan fitur IGTV dengan durasi mencapai 60 menit.
(*)