Jalani Pemeriksaan Medis Seperti Aprilia Manganang, Sang Kakak Juga Idap Hipospadias Sebut Temukan Identitasnya Setelah Penantian Panjang

Minggu, 21 Maret 2021 | 08:15
KOMPAS TV

Kakak kandung dari Serda Aprilia Manganang yang bernama Amasya Anggraini Manganang juga mengalami hipospadia.

GridHype.ID - Belum lama ini Serda Aprilia Manganang resmi mengubah nama dan jenis kelaminnya.

Mantan atlet bola voli putri itu berubah jenis kelamin dari semula berjenis kelamin perempuan menjadi kelamin laki-laki.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tondano di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara pun menetapkan pergantian nama Aprilia Santini Mangangang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Baca Juga: Resmi Ganti Jenis Kelamin Jadi Seorang Pria, Diam-diam Aprilia Manganang Telah Memiliki Kekasih, Kerabat Singgung Soal Meminang Sang Wanita Pujaan

Hal ini terjadi karena rupanya Aprilio mengalami kelainan Hipospadia atau letak lubang kemih pada bayi laki-laki tidak normal yang dideritanya sejak lahir.

Usai menjalani pemeriksaan medis, operasi pun dilakukan sebagai upaya agar Aprilio dapat buang air kecil dengan normal.

Namun, melalui video yang diunggah kanal Youtube Star Story pada Jumat (19/3/2021) rupanya hal ini tak hanya terjadi pada dirinya.

Baca Juga: Atlet Voli Aprilia Manganang Kini Statusnya Sah Jadi Laki-laki Tulen, Netizen Akui Senang: Akhirnya Bisa Jatuh Cinta

Kejadian tak terduga itu juga dialami oleh sang kakak, Amasya Mangangang.

"Saya memberanikan diri ke Pak Kasat minta diperiksa juga dan ternyata hasilnya kan sudah keluar. Keputusan saya ya sudah saya lanjut seperti April," ujar Amasya Manganang.

Diakuinya ia sudah merasa ada yang janggal pada dirinya saat memasuki usia remaja.

Meski begitu, ia tetap melanjutkan kehidupannya seperti teman-teman pada umumnya.

Ia juga tak menyangka ketika mendapatkan hasil dari pemeriksaan medis yang menyatakan dirinya juga mengidap kelainan hipospadia.

Baca Juga: Ucap Syukur Saat Dipastikan Sebagai Pria, Guru SMA Aprilia Manganang Bongkar Fakta Sang Atlet Sudah Miliki Kekasih Seorang Wanita, Siap Menikah?

"Kalau kita sih SMP, SD itu masih biasa. Di SMP kan sudah masuk masa pubertas pasti ada perbedaan sedikit, tapi kita masih bertanya-tanya. Makanya kita masih terus menjalani aja sampai April berkeinginan pengin periksa. Apalagi sudah difasilitasi TNI kan, akhirnya hasilnya keluar, makanya itu kita nggak nyangka aja," kisah Amasya.

Menjalani kehidupan sebagai perempuan sejak kecil, membuat ia dan Aprilio disebut sebagai cewek tomboy.

"Namanya manusia ya pastinya hidupnya pingin jelas juga, kita kan menjalani administrasi yang tertulis. Akta kelahiran aja kan perempuan tapi yang namanya jiwa dari dalam itu kan, makanya dibilang tomboy," sambung Amasya.

Baca Juga: Kejutkan Publik Usai Ditetapkan Resmi Jadi Pria, Ini Nasib Karier Aprilia Manganang, Jenderal Andika Perkasa Beri 2 Opsi

Identitas aslinya kini dinyatakan sebagai seorang pria, Amasya pun mengaku bahwa kedua orang tuanya selalu mendukung apa yang menjadi pilihan mereka berdua.

"Kalau papa sama mama si setuju setuju aja, apapun keputusan aku sama dia tetep support nggak ada protes segala macem, keluarga besar juga mendukung semua, udah kita lanjut aja

Amasya pun mengungkap perasaannya setelah identitasnya kini menjadi laki-laki.

"Intinya si kayak penantian yang udah lama banget si, tapi kita nggak menyangka kalau hari ini saatnya, ternyata kan di umur 31 (tahun) ada jalannya," ujarnya.

Ia juga membeberkan rencananya usai menjalani operasi hipospadianya itu.

"Aku kan ada lisensi pelatih, mungkin lebih fokus ke situ," pungkas Amasya.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : YouTube

Baca Lainnya