Kejutkan Publik Usai Ditetapkan Resmi Jadi Pria, Ini Nasib Karier Aprilia Manganang, Jenderal Andika Perkasa Beri 2 Opsi

Jumat, 12 Maret 2021 | 06:45
Kolase Instagram @apriliamanganang_ & @manganang9

Aprilia Manganang tahan tangis ungkapkan hal ini pada Jenderal Andika Perkasa, bagaimana nasibnya di TNI?

GridHype.ID - Kabar mengejutkan datang dari pevoli Aprilia Manganang.

Salah satu atlet voli berprestasi asal Indonesia itu datang dengan kabar soal dirinya yang kini ditetapkan sebagai seorang pria.

Rekan sesama atlet Aprilia, Amalia Fajrina Nabila rupanya sadar akan perubahan sikap atlet voli itu.

Baca Juga: Galih Ginanjar Bantah Tudingan Berbie Kumalasari Hubungannya dengan Atlet Tenis Settingan, Sang Pacar Beberkan 2 Alasan Ini

Aprilia disebutnya kerap membatasi diri dengan yang lain.

"Sikapnya (yang lain) kepada kami yang saya rasakan dari kak April, dia membatasi ruang gerak bareng-bareng sama kami. Kayak misalnya saat mau latihan dia pasti sudah siap duluan. Lalu mandi enggak bareng, walau kita sama-sama di mess," kata Amalia.

Kapten Timnas Indonesia saat April memperkuat Timnas, Amalia Fajrina mengaku kaget mengetahui berita perubahan gender temannya tersebut.

"Kalau kaget, ya kaget, Mungkin gak saya aja, tapi semuanya juga kaget," kata Amalia, Selasa (9/3/2021).

Amalia mengatakan, selama ini Aprilia periksa-periksa terus, sebagai timnya dia, dia dan teman-temannya tidak pernah tahu hasil pastinya bagaimana.

"Itu urusannya ke pengurus. Kami rekan satu tim tahunya lolos-lolos aja. Kami fine tetap temanan, urusan di lapangan ya urusan di lapangan. Kalau di luar, kan bukan urusan kami," ujar kapten timnas yang akrab disapa Alia ini.

Baca Juga: Usai Bagikan Permen Jahe ke Wisma Atlet, Nikita Mirzani Berencana Sumbang Kondom ke Masyarakat

Menurut Alia, panggilan karib Amalia Fajrina Nabila, selama ini ia dan atlet lainnya menerima kehadiran Aprilia dengan baik-baik saja. Alia mengaku, secara pertemanan baik-baik saja tak ada masalah.

"Sampai dia ngumumin untuk pensiun terus dia ke Manado, aku masih ada beberapa kali kontak-kontakan sama dia," kata Alia.

Alia menjelaskan dari sisi pertemanan April merupakan sosok yang baik, sopan. Meski lebih senior darinya, kata Alia, April tetap menghargainya saat satu tim di timnas ketia Alya menjadi kapten.

Setahu Alia, sebenarnya PBVSI harus menghadirkan bukti bahwa dia perempuan karena ada protes dari negara lain. Alia mengatakan, pertanggungjawaban pervolian ada di tangan PBVSI.

"Kami cuma bisa ikut berempati dan simpati sama keadaan Kak April sekarang. Mau komentar apa juga bingung," ujarnya.

Kelanjutan Karir Aprilia Manganang

instagram/@apriliamanganang_ dan @maganang92

Nasib medali SEA Games Aprilia Manganang setelah dirinya mengubah status gender

Melansir dari Surya.co.id, inilah kelanjutan karir Aprilia Manganang setelah ditetapkan sebagai laki-laki.

Seperti diketahui, Aprilia Manganang sebelumnya menjadi anggota korps wanita angkatan darat (Kowad) TNI AD berpangkat Serda.

Baca Juga: Hanya Lewat Video Call, Relawan Medis Wisma Atlet Harus Ikhlas Menikah Virtual Usai Positif Covid-19

Serda Aprilia Manganang yang telah gantung sepatu sebagai pemain voli putri Timnas Indonesia itu ditetapkan sebagai laki-laki setelah menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto.

Lalu, bagaimana kelanjutan karir Aprilia Manganang setelah ditetapkan laki-laki?

Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal Andika Perkasa menyiapkan dua opsi penempatan tugas baru bagi salah satu prajuritnya, Sersan Dua Aprilia Manganang.

Penempatan tugas baru ini disiapkan menyusul dipastikannya Aprilia sebagai seorang pria berdasarkan hasil pemeriksan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Kemungkinan besar kita akan tempatkan pilihannya di perbekalan dan angkutan, atau bahkan di kesehatan. Tergantung passion-nya Manganang ini lebih besar di mana," ujar KSAD dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari kanal YouTube Official Inews, Selasa (9/3/2021).

Dalam penempatan tugas baru ini, KSAD telah memerintahkan Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad), Brigjen TNI Tetty Melina Lubis untuk menyiapkan semua dokumen perpindahan Aprilia.

Selain itu, KSAD memastikan pihaknya akan membantu Aprilia untuk melengkapi semua syarat dan prosedur sebagai warga negara sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2006 tentang Adminitrasi Kependudukan.

Baca Juga: Punya Segudang Manfaat, Siapa Sangka Minum Air Kelapa Terlalu Sering Bisa Menimbulkan Hal Berbahaya

"Sehingga kita berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama, dari nama sebelumnya kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orangtuanya," ujar KSAD.

"Kemudian juga perubahan status jenis kelamin sesuai Pasal 56 dari UU 23 itu," ucap dia.

Aprilia sebelumnya tercatat sebagai warga negara dengan jenis kelamin perempuan.

Catatan ini bahkan bertahan hingga ketika dirinya bergabung dengan TNI AD pada 2016.

Namun, hasil pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto menunjukkan bahwa Aprilia merupakan seorang pria.

Menurut Andika Perkasa, Aprilia Manganang yang juga merupakan prajurit TNI aktif dengan pangkat Sersan Dua (Serda) telah menjalani pemeriksaan medis sejak 3 Februari 2021.

Pemeriksaan itu dilakukan karena Andika Perkasa dan pejabat TNI lainnya melihat ada kejanggalan dalam kondisi fisik Aprilia Manganang.

Baca Juga: Pernah Bertunangan dengan Deswita Maharani Namun Kandas, Atlet Bulutangkis ini Justru Menikah dengan Anak Menteri, Rumah Mewahnya Jadi Sorotan

Andika Perkasa kemudian memanggil Aprilia Manganang ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di RSPAD Gatot Subroto.

Hasilnya, Aprilia Manganang dipastikan berjenis kelamin laki-laki. Sebab, hasil pemeriksaan medis menunjukkan Aprilia Manganang lebih memiliki organ tubuh laki-laki.

Tidak hanya itu, kadar hormon testosteron yang identik dengan laki-laki juga ditemukan lebih tinggi di tubuh Aprilia Manganang.

Hasil pemeriksaan itu kemudian membuat Andika Perkasa menawarkan Aprilia Manganang penanganan medis dan operasi (correction surgery).

Menurut Andika Perkasa, Aprilia Manganang sangat antusias ketika mendengar akan mendapat penanganan medis perubahan jenis kelaminnya.

Terdekat, Aprilia Manganang yang sudah menyelesaikan correction surgery pertama akan kembali naik meja operasi untuk kedua kalinya sebagai proses terakhir.

Dalam penjelesannya, Andika Perkasa menyebut Aprilia Manganang mengidap kelainan medis yan disebut hipospadia ketika dilahirkan.

Baca Juga: Mentang-mentang Masuki New Normal, RS Wisma Atlet Malah Gelar Dangdutan Hingga Bikin Musisi Ini Murka

Berdasarkan Pemeriksaan di RSPAD Secara garis besar, hipospadia adalah kelainan saluran kencing atau reproduksi.

Andika Perkasa menyebut kelainan hipospadia yang dialami Aprila Manganang ketika lahir termasuk sangat serius.

Namun, karena keterbatasan fasilitas medis saat kelahiran, Aprilia Manganang ditetapkan berjenis kelamin perempuan.

"Aprilia Manganang sangat tidak seberuntung kita semua. Saat dilahirkan, Aprilia Manganang mengalami kelainan dalam sistem reproduksinya. Dalam terminologi kesehatan, kelainan itu disebut hipospadia," kata Andika Perkasa kepada wartawan.

"Dalam perkembangannya, kami melihat dan mengamati Aprilia Manganang. Dia kemudian menjalani pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021," ujar Andika Perkasa.

"Dari hasil pemeriksaan, ternyata Apilia Manganang lebih memiliki organ laki-laki, bahkan tidak ada ditemukan organ internal jenis kelamin wanita," tutur Andika Perkasa.

"Pemerikasaan hormonal juga demikian. Secara faktual dan ilmiah, kita bisa meyakini Aprilia Manganang adalah laki-laki," ucap Andika Perkasa menambahkan.

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas TV, Surya

Baca Lainnya