Punya Segudang Manfaat, Siapa Sangka Minum Air Kelapa Terlalu Sering Bisa Menimbulkan Hal Berbahaya

Selasa, 13 Oktober 2020 | 20:00
freepik

bahaya minum air kelapa terlalu sering

GridHype.ID - Rasanya hampir semua orang pernah menyicipi segarnya air kelapa.

Air kelapa dikenal sebagai salah satu minuman favorit oleh banyak orang.

Baca Juga: Meski Punya Sejuta Khasiat, Air Kelapa Bisa Berbahaya dan Pantang Diminum Orang dengan 5 Kondisi Ini

Banyak yang percaya bila minum air kelapa setiap hari sangat bermanfaat bagi tubuh.

Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan gizi yang mampu mengobati dan mencegah berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, diare serta sakit kepala.

Hal ini karena air kelapa mampu membantu untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi, memulihkan energi dan mengatur keseimbangan asam dalam tubuh.

Baca Juga: Negara Kiribati Masih Catat Nol Kasus Covid-19, Warga Lokal Klaim Gunakan Buah Ini Untuk Membangun Kekebalan Tubuh, Benarkah?

Air dari buah tropis ini juga mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C, serta mineral seperti zat besi, kalsium, potassium, magnesium, mangan dan seng.

Air kelapa juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah, mengonsumsinya secara rutin juga akan membuat kulit kamu berkilau alami dan mencegah tanda penuaan dini.

Namun, perlu diketahui bahwa diluar segudang manfaat kesehatan yang ada, ternyata terdapat efek samping air kelapa yang akan timbul jika terlalu banyak mengonsumsinya.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Bagus Untuk Lambung, Terlebih Saat Jalani Puasa

Bukan minuman yang ideal untuk atlet

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan setelah minum air kelapa adalah meningkatkan energi, namun minuman ini tak direkomendasikan untuk atlet.

Jika merasa dehidrasi setelah beraktivitas, minum air putih lebih dianjurkan karena jumlah natrium dalam air kelapa lebih banyak.

Dibandingkan dengan minuman energi, air kelapa memiliki kandungan karbohidrat yang rendah tetapi memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif untuk Berbuka Puasa, Minum Air Kelapa Miliki Banyak Manfaat bagi Tubuh, Bisa Buat Kulit Jadi Bersih!

Kalori dalam air kelapa

Air kelapa tidak mengandung banyak gula, namun hanya mengandung sedikit kalori.

Inilah alasan yang menyebabkan mengapa sebaiknya air kelapa tidak diminum terlalu banyak.

Air kelapa juga mengandung gula dan elektrolit alami.

Baca Juga: Tak Ada Salahnya Coba Minum Air Kelapa Hijau! Khasiatnya Mampu Cegah Radang Tenggorokan

Dalam 30 mililiter air kelapa, terdapat 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.

Tidak baik bagi orang yang rentan dengan alergi

Air kelapa juga dapat menyebabkan reaksi alergi bagi orang-orang tertentu.

Untuk itu, memang sebaiknya berkonsultasi ke dokter bagi kamu yang memiliki alergi terhadap makanan atau minuman tertentu.

Baca Juga: Jadi Pilihan untuk Pelepas Dahaga, Manfaat Terbaik Air Kepala Justru Bisa Didapat Saat Diminum dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi Hari!

Memiliki sifat diuretik

Air kelapa memiliki sifat diuretik, dengan kata lain jika terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan frekuensi buang air kecil akan lebih sering.

Meskipun sedikit air kelapa memiliki sifat menghidrasi, terlalu banyak meminumnya dapat mangganggu kesehatan.

Menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit

Kandungan kalium yang tinggi dari air kelapa memiliki manfaat yang baik, namun dengan alasan yang sama bisa menjadikan air kelapa merugikan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: Jadi Pilihan untuk Pelepas Dahaga, Manfaat Terbaik Air Kepala Justru Bisa Didapat Saat Diminum dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi Hari!

Bertindak sebagai laksatif

Minum air kelapa terlalu banyak dapat memiliki efek laksatif pada sistem pencernaan.

Kendati segar, air kelapa adalah pencahar alami dan akan tidak cocok untuk beberapa orang yang mengalami masalah dengan frekuensi buang air besar.

Dengan demikian, sebaiknya membatasi konsumsi air kelapa supaya manfaatnya tetap optimal.

Artikel ini pernah tayang di Nakita.id dengan judul Jangan Lagi Dilakukan, Minum Air Kelapa Setiap Hari Bukannya Bermanfaat Malah Berisiko Alami Hal Berbahaya Ini

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya