Belum Beruntung Lolos Gelombang 13? Buruan Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 14, Begini Caranya

Sabtu, 13 Maret 2021 | 05:30
prakerja.go.id/Instagram

pendaftaran kartu Prakerja gelombang 14 sudah dibuka

GridHype.ID - Kabar gembira, pemerintah kembali membuka program bantuan pemerintah, yaitu program Kartu Prakerja gelombang 14.

Sebelumnya, pemerintah diketahui telah mengumumkan hasil seleksi program Kartu Prakerja gelombang 13.

Melansir dari kompas.com,pemerintah telah membuka pendaftaran gelombang 14 program Kartu Prakerjapada Kamis (11/3/2021).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, program kartu prakerja gelombang 14 telah dibuka pukul 12.00 WIB dengan kuota untuk 600.000 orang.

Baca Juga: Pemerintah Kucurkan Berbagai Bantuan Bagi Terdampak Pandemi Covid-19, Mensos Minta Masyarakat Patuhi Prokes dan Program Vaksinasi Agar Bansos Tak Sia-Sia

"Hari ini sudah diumumkan peserta yang lolos gelombang 13, dan besok batch 14 akan dibuka dengan kuota 600.000," ujar Rudy dalam Dialog Perkembangan Program Kartu Prakerja secara virtual padda Rabu (10/3/2021).

Direktur Eksekutif Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, pendaftar yang belum lolos pada pendaftaran gelombang 13 bisa mencoba mendaftar pada gelombang ke-14.

Ia mengatakan, calon peserta bisa langsung mengklik tombol join batch 14 yang ada pada dashboard yang ada di akung masing-masing.

Baca Juga: Bisa 'Hidupkan' Kembali Orang Terkasih yang Telah Tiada, Aplikasi My Heritage Ramai Digunakan, Begini Cara Buat Foto Menjadi Hidup

"Yang tidak diterima di gelombang 13 nanti cukup mengklik join batch ke-14," ujar Denni.

Ia menjelaskan, pada gelombang 14 kali ini, pihak Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menambah fitur baru, yakni pendaftar bisa mengetahui alasan tidak diterima dalam pendaftaran di setiap gelombang.

"Di gelombang 14 kami memperbaiki gitur untuk yang tidak lolos dan akan ada informasi di dashboard masing-masing alasan tidak berhasil menjadi penerima Prakerja karena kami memiliki NIK dari setiap K/L yang merupakan kelompok-kelompok yang dilarang menjadi penerima Kartu Prakerja," ujar Denni.

Seperti yang dikutip dari tribunnews.com, pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 13 telah disampaikan pada Rabu (10/3/2021).

Setelah dinyatakan lolos, maka peserta mengikuti tahap selanjutnya yakni membeli pelatihan.

Sebelum mengikuti pelatihan, silakan cek di dashboard akun Prakerja Anda untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

Baca Juga: Nama Kamu Dicoret dari Daftar Penerima Bantuan Pemerintah? Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Sedangkan, untuk tata cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14, simak penjelasan berikut ini:

Buat Akun Prakerja

- Login ke laman www.prakerja.go.id dan klik menu Daftar Sekarang.

- Kemudian masukkan Nama Lengkap, e-mail, dan password.

- Tunggu ada notifikasi.

- Selanjutnya buka e-mail, dan ikuti petunjuk untuk melakukan verifikasi e-mail.

- Setelah verifikasi akun telah berhasil, silakan kembali ke akun Prakerja untuk selanjutnya melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Kabar Gembira! BLT Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta Tetap Disalurkan di Tahun 2021 Cuma Tak Semua Bisa Mendapatkan karena Alasan Ini

Daftar Kartu Prakerja

- Pastikan sudah memiliki akun, masuk ke laman www.prakerja.go.id.

- Klik 'Login' atau Masuk dengan mengisikan e-mail dan password.

- Kemudian masukan nomor KTP dan tanggal lahir, dan klik Berikutnya.

- Lengkapi data diri di antaranya nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, dan unggah swafoto sambil memegang KTP.

Langkah selanjutnya dalam pembuatan Kartu Prakerja adalah mengikuti tes.

Baca Juga: Dampak Mengerikan Pandemi Virus Corona, Sosok Ini Sebut 2 Juta Anak akan Jatuh ke Jurang Kemiskinan Jika Bantuan Sosial Dihentikan Tahun Ini

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya