Pulang dari Bali Justru Terpapar Covid-19, Chef Juna Ungkap Dirinya Sempat Drop Hingga Pindah Rumah Sakit

Rabu, 10 Februari 2021 | 19:30
Instagram | @junarorimpandeyofficial

Chef Juna

GridHype.ID -Publik figur Indonesia yang terinfeksi virus covid-19 sepertinya semakin bertambah.

Meski sudah mematuhi protokol kesehatan, nyatanya virus covid-19 bisa menyerang kapan saja dan di mana saja.

Baru-baru ini, Chef Juna dan pendangdut Inul Daratista juga mengakui bahwa mereka terpapar covid-19 setelah bepergian.

Baca Juga: Jadi Pergunjingan Publik, Sosok Crazy Rich PIK Helena Lim Bisa Terancam 5 Tahun Penjara, Kemenkes: Bukan Tenaga Kesehatan, Hanya Menaruh Saham Saja

Melansir dari kompas.tv, Inul dan keluarganya terinfeksi virus covid-19 usai mudik ke Surabaya.

"Kemarin kami mudik (ke Surabaya), pulang dari mudik kami terpapar (covid-19)," ujar Inul saat ditemui kompas.tv di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Rabu (9/2/2021).

Meskimenjalani isolasi mandiri dan tak dirawat di Rumah Sakit, istri Adam Suseno itu mengaku proses pemulihannya cukup cepat.

Baca Juga: WHO Umumkan Hasil Penyelidikan Soal Asal-usul Covid-19, Namun Malah Sulut Amarah, Ada Apa?

"Baru selesai kena dua mingguan lalu lah. Jadinya, ya saya sendiri masih belum berani dekat-dekat orang banyak. Termasuk orangtua sendiri," jelas Inul.

Sama halnya dengan Inul Daratista, pemilik nama asli Juna Rorimpandey pun mengungkap dirinya terinfeksi virus covid-19 usai pulang dari Bali.

Melansir dari kompas.com, Chef Juna mengungkapkan hal ini melalui video yang diunggah kanal YouTube Merry Riana pada Selasa (9/2/2021).

"Jadi, kita pulang dari Bali, with my girlfriend tanggal 9 Januari. Tanggal 11 Januari itu ada yang enggak enak. Ehh, taunya berhari-hari kan," ungkapnya.

Panas tubuhnya yang tak kunjung turun membuat juri Master Chef Indonesia itu melakukan tes PCR.

Baca Juga: Sudah Terima Vaksin Covid-19 Meski Bukan Nakes, ini Dia Sosok Helena Lim Crazy Rich PIK yang Viral

"Sampai dapat panas tinggi, demam beneran tinggi. Itu lebih dari dua hari enggak turun-turun. Keringatan terus, baju abis. Ini udah enggak bener nih, PCR. Akhirnya, beruntung juga dari sembilan kali PCR dapat juga positif," jelasnya.

Juna akhirnya langsung menuju Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) untuk melakukan CT-Scan paru-paru dan tes darah.

"Itu langsung drop, pas lihat CT-Scan langsung bete. Keliatan virusnya, putih-putihnya. Jadi sudah pneumonia tapi baru moderate," tuturnya.

Baca Juga: Sempat Terpapar Covid-19 Usai Mudik, Inul Daratista: Nah Pulangnya Kita Semua Kena

Selain kehilangan indra perasa dan penciuman, Juna juga mengaku peradangan di tubuhnya sudah di angka 72, sehingga membuat dirinya ingin dirawat di rumah sakit.

Namun, ruang perawatan RSPI saat itu sangat penuh dan memutuskan untuk isolasi mandiri di rumah selama dua hari.

"Akhirnya mau dirawat inap, semua RSPI penuh. Dibilang mau ditunggu di ICu enggak? Wah, enggak jelas nih nunggu di ICU paling males," ucap Chef Juna.

Punya banyak rekan dokter membuatnya bisa dipindahkan ke rumah sakit lain untuk dirawat.

"Untung di rumah saya itu dari pertama demam, saya selalu di atas. Jadi, enggak ketemu siapa-siapa di bawah, di rumah. Besok paginya semua kenalan, bersyukur banyak kenalan dokter, langsung dapat di Kiara RSCM," pungkasnya.

Baca Juga: Kisruh Selebgram Terima Vaksin Meski Bukan Kelompok Prioritas, Dokter Tirta Minta Usut Kasusnya: Perlu Bantuan Deddy Corbuzier

Ia pun mengungkapkan bahwa proses pemulihan hingga dinyatakan negatif dari covid-19 tergolong cepat yaitu selama sekitar tujuh hari.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Kompas.tv

Baca Lainnya