Bakal Naikkan Standar Gaji PNS Minimal Rp 9 Juta, Tjahjo Kumolo Minta Maaf Urung Laksanakan Lantaran Prioritas Keuangan Negara Untuk Hal Ini

Minggu, 03 Januari 2021 | 06:30
Kompas.com

Gaji PNS 2021 bakal naik, minimal jadi Rp9 juta!

GridHype.ID - PNS bakal mendapatkan gaji paling rendah Rp 9 juta di tahun 2021.

Kenaikan gaji PNS oleh pemerintah ini melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB ).

Kemenpan RB berencana menaikkan standar gaji pegawai negeri sipil (PNS).

Baca Juga: Bareskrim Polri Berhasil Ungkap Pembuat Parodi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang Viral, Pelaku Masih Berusia 16 Tahun

Nominalnya menjadi minimal Rp 9 juta.

Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, memastikan, rencana itu belum akan terealisasi pada tahun 2021.

"Karena adanya pandemi Covid-19, maka prioritas keuangan negara beralih untuk kebutuhan terkait subsidi infrastruktur kesehatan dan bantuan sosial.

Baca Juga: Masih Jalani Isolasi Mandiri, Giring Ganesha Akui Sedih Tak Bisa Nikmati Malam Pergantian Tahun Baru Bersama Keluarga: Saya Lihat dari Balkon

Maka peningkatan bertahap atas kesejahteraan ASN tertunda dan kami mohon maaf apabila ini belum bisa terpenuhi pada tahun anggaran 2020 atau 2021," tuturnya dalam video virtual, dikutip Kamis (31/12/2020).

Tjahjo Kumolo menambahkan, hal tersebut sudah dibahas bersama dengan berbagai instansi terkait, yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, dan Badan Kepegawaian Negara.

Kendati demikian, Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan standar kelayakan hidup PNS.

Baca Juga: Umumkan Positif Lewat Hasil Test Pack, Anak-anak Sule Malah Terlihat Tak Yakin dengan Kehamilan Nathalie Holscher

Untuk ASN di tingkat pusat, kata dia, kenaikan dilakukan melalui tunjangan kinerja yang diukur lewat Indeks Reformasi Birokrasi.

Adapun untuk ASN daerah, bisa dilakukan lewat penambahan penghasilan dengan tetap mempertimbangkan kapasitas keuangan daerah dan restu dari DPRD setempat.

Pemerintah tetap memprioritaskan kesejahteraan ASN dengan berbagai tunjangan lainnya, seperti gaji ke-13 dan tunjangan hari raya, kata dia.

Baca Juga: Habiskan Momen Pergantian Tahun Baru Bersama Teman Dekat di Bali, Nikita Mirzani Ngaku Sudah Lama Tak Pakai Baju Minim

Tjahjo Kumolo meminta kepada semua PNS agar dapat memahami penundaan penyesuaian yang berkaitan dengan gaji, tunjangan, dan manfaat pensiun akibat pandemi Covid-19 dan berharap agar peningkatan kesejahteraa dapat dilakukan setelah masa pandemi usai.

"Yang penting saat ini ASN harus selalu sehat dan terus produktif dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Karena tugas utama ASN adalah untuk melayani masyarakat," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Gaji PNS Minimal Rp 9 Juta Per Bulan Urung Terlaksana Tahun 2021, Menpan RB Beri Penjelasan Begini

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Jatim

Baca Lainnya