Find Us On Social Media :

Kerap Dikatikan dengan Hal Mistis, Siapa Sangka Bunga Melati Justru Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Tingkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi bunga melati

Gridhype.id – Bunga melati banyak ditemui di Indonesia, terutama di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

Di Indonesia sendiri melati jenis melati putih atau Jasminum Sambac dipilih sebagai simbol bunga nasional "puspa bangsa". 

Hal ini lantaran bunga melati dilambangkan sebagai kesucian dan kemurnian serta banyak dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Kanker, Berikut 26 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Disisi lain, bunga melati juga kerap dianggap mistis, mitos jaman dahulu melati seringkali dikaitkan dengan Ratu Selatan.

Aroma melati yang muncul tiba-tiba juga sering dianggap sebagai pertanda datangnya mahkluk halus.

Namun dibalik kesan mistis pada bunga melati, spesies tanaman berbunga dalam keluarga zaitun Oleaceae ini memiliki segudang manfaat kesehatan yang tak terduga lho.

Melati telah digunakan untuk keperluan pengobatan selama ribuan tahun. Di Asia selatan dan tenggara, bunga melati dikenakan oleh wanita sebagai hiasan rambut.

Lotion yang terbuat dari bunga melati diterapkan pada masalah kulit seperti kulit terbakar dan ruam. Jus bunga dikatakan untuk mengembalikan kelembapan dan elastisitas kulit, mengurangi tampilan kerutan dan memberikan kulit tampilan dan rasa yang lebih sehat.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari bunga melati, seperti dilansir dari healthbenefitstimes.