Mengapa Komedo dan Jerawat Muncul Selama Pandemi? Begini Penjelasannya

Sabtu, 19 Desember 2020 | 11:30
marchh.com

Ilustrasi jerawat

GridHype.ID- Selama pandemi virus corona melanda di negeri ini, kita semua diminta untuk menghindari kerumuman.

Pemerintah mengajurkan untuk menjaga jarak dan melakukan semua aktivitas di rumah saja.

Termasuk sekolah, beribadah dan bekerja, kita lakukan di rumah saja.

Tak heran bila akibat pandemi virus corona atau Covid-19 membuat banyak orang di rumah saja.

Baca Juga: Datangnya Penawar Virus Corona bak Angin Segar Untuk Akhiri Pandemi Covid-19, Siapa Sangka 10 Wabah Penyakit Ini Berhasil Ditangani dengan Vaksin

Namun, terkadang kebijakan tersebut membuat orang terlena.

Habis bangun tidur karena kesiangan langsung membuka laptop tanpa cuci muka, langsung ngemil, tidak mandi seharian saat bekerja dari rumah.

Akibatnya kesehatan kulit menjadi terganggu. Komedo dan jerawat jadi muncul.

“Karena merasa di rumah saja jadi tidak menjaga kebersihan kulit. Makan juga tidak lagi dijaga," kata dr Dewi.

Baca Juga: Mulai 18 Desember Pemprov Terapkan Aturan Baru Bagi Masyarakat yang Hendak Keluar Masuk DKI Jakarta, Wajib Bawa Hasil Rapid Test Antigen

Dia mengatakannya saat acara Skin Talk Episode 41 tema 'Cara Praktis Mengatasi Komedo dengan Estetika Acne Solution, Jumat (18/12/2020).

Menurut Dewi, saat di rumah saja, kebanyakan orang makan makanan manis, terlalu asin, dan tidak cuci tangan.

"Apalagi juga tidak mencuci wajah," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, walaupun di rumah saja, kulit harus tetap dibersihkan, tetap menggunakan pelembab, dan sunblock.

Baca Juga: Presiden RI Tegaskan Vaksin Covid-19 Dibagikan Gratis, Aming: Nggak Gratis Itu

"Walaupun di rumah saja, menggunakan pelembab dan sunblock, itu wajib. Walaupun tidak terkena sinar matahari, sunblock juga melindungi uap panas, dan debu."

"Apalagi saat memasak menggunakan sunblock sangat penting seperti halnya berada di luar dan terkena sinar matahari,” ujarnya.

Dia menambahkan, ketika di rumah saja tidak menggunakan make up, membersihkan wajah dengan pembersih wajah sesuai jenis kulit harus tetap dilakukan.

Pasalnya kulit tetap berkeringat sehingga debu juga bisa menempel di kulit wajah. Bila dibiarkan membuat muncul gangguan pada kulit.

Baca Juga: Polisi Bongkar Sindikat Penipuan Alat Medis untuk Covid-19 Jaringan Internasional, Nilai Kerugiannya Capai Rp 276 Miliar

Salah satunya komedo yaitu benjolan kecil yang muncul pada pori-pori wajah merupakan cikal bakal jerawat bila tidak ditangani.

Komedo ada dua jenis, yakni komedo tertutup seperti bintik-bintik kecil putih (whiteheads) dan komedo yang terbuka ada bintik hitam (blackheads).

Munculnya komedo baik yang putih atau yang hitam biasanya terjadi pada kulit yang berminyak, tapi tidak tertutup kemungkinan kulit kering juga bisa terjadi.

Ada beberapa penyebab munculnya whiteheads di antaranya kulit berminyak, memencet jerawat, merokok, paparan bahan kimia dalam produk kecantikan.

Baca Juga: Usai Sepekan Umumkan Positif Covid-19, Kondisi Terkini Ustaz Yusuf Mansur Semakin Baik: Tapi Saya Masih Belum Bisa Napas Panjang dan Dalam

Sedangkan penyebab blackheads karena kulit berminyak, perubahan hormon terutama menjelang menopause, mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Selain itu, produksi keringat berlebih, terlalu sering eksfoliasi wajah seperti scrub, atau peeling wajah yang berlebihan.

Dewi mengingatkan, baik saat WFH atau sudah bekerja sekalipun membersihkan wajah harus dilakukan, terutama sehabis bangun tidur.

Baca Juga: Pencet Jerawat di Area Segitiga Kematian di Wajah, Wanita ini Alami Hal Mengerikan

Wajah juga dibersihkan saat siang ketika wajah kotor dan berkeringat, dan sebelum tidur.

Gunakan sabun wajah untuk membersihkan wajah sesuai jenis kulit, menjaga makanan, dan lifestyle seperti jangan begadang.

Bila komedo atau jerawat sudah sangat menganggu sebaiknya ke klinik kecantikan untuk dilakukan treatment, jangan memencet komedo atau jerawat sendiri.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Saat Pandemi Virus Corona di Rumah Saja, Jangan Biarkan Jerawat Bandel Muncul

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Wartakotalive

Baca Lainnya