Bunga Citra Lestari hingga Edric Tjandra Lakukan Tes Swab Sendiri, Aman atau Justru Berbahaya? Begini Penjelasan dari Relawan Satgas Covid-19

Kamis, 10 Desember 2020 | 16:00
Freepik

Ilustrasi tes swab

GridHype.ID -Pandemi virus corona (Covid-19) hingga kini masih menjadi momok mengerikan di seluruh dunia.

Termasuk Indonesia, pandemi virus corona (Covid-19) juga masih mewabah di beberapa wilayah.

Berbagai pencegahan pun dilakukan, termasuk melakukan tes virus corona.

Beberapa artis juga rutin melakukan tes virus corona sesudah mereka melakukan aktivitas di luar rumah dan bertemu banyak orang.

Baca Juga: Bikin Vidi Aldiano Sampai Nangis, BCL Nekat Lakukan Sendiri Swab Test Corona ke Teman-temannya

Saat ini tersedia tiga jenis tes corona yang sesuai strandar, mulai dari rapid tes, swab PCR dan swab Antigen.

Tidak sedikit juga yang melakukan tes swab mandiri tanpa pendampingan tenaga medis.

Salah satunya Bunga Citra Lestari, dia melakukan tes untuk Vidi Aldiano.

BCL tampak memasukan alat swab ke dalam rongga hidung Vidi ALdiano dan Nino RAN.

Instagram.com/bclsinclair

BCL melakukan tes swab ke Vidi Aldiano

Baca Juga: Beredar Surat Keterangan Hasil Swab Test Habib Rizieq Shihab, Bima Arya: Bisa Asli Bisa Tidak

Pasalnya, BCL bukan tenaga profesional untuk melakukan tes terhadap virus corona.

Tidak selesai sampai BCL saja, ada Edric Tjandra juga melakukan hal serupa.

Edric jelas-jelas mengaku melakukan tes swab antigen sendiri.

Dia mencolok hidungnya sendiri dengan alat swab di rongga hidungnya.

Instagram/edrictjandra

Edric Tjandra melakukan swab antigen secara mandiri.

Baca Juga: Kabar Habib Rizieq Shihab Kabur dari Rumah Sakit Dibantah Pihak FPI, Aziz Yanuar: Hasil Swab Itu Privasi Beliau

Grid.ID mencoba melakukan konfirmasi kepada Koordinator Relawan Satgas Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i apakah tindakan tersebut dianjurkan atau tidak.

Sebagai tenaga medis, dr. Adda'i tidak menganjurkan seseorang melakukan swab tes mandiri, bukan dilakukan oleh tenaga medis.

"Sangat tidak disarankan, engga boleh, saya sebagai tenaga medis melarang itu supaya tidak diikutin banyak orang. Udah pandemi ini engga selesai, ditambah gitu semakin banyak penularan, minimbulkan rasa aman yang palsu," kata dr. Muhamad Fajri Adda'i kepada Grid.ID melalui sambungan telepon, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: Rizieq Shihab Lakukan Tes Swab Secara Diam-Diam dengan Petugas dari Luar RS, Bima Arya Beri Teguran Keras ke Pihak RS Ummi Bogor

Mengapa tidak disarankan?

Ada beberapa alasan yang dijelaskan dr. Adda'i, yang pertama teknik swab yang salah sehingga bisa menimbulkan false negatif atau negatif yang palsu.

"Swab itu kan cara mengambilnya, itu kalau kita ngambilnya engga benar itu false negatifnya tinggi, Swab antigen yang ketika jumlah kumannya sedikit itu kemampuan menemukannya jauh lebih rendah, bahkan beberapa case, itu sensitifitasnya nol," katanya lagi.

Selain memberikan hasil negatif yang palsu, mereka yang melakukan swab mandiri dan tidak dengan pertolongan medis berisiko tinggi.

Baca Juga: Bima Arya Sebut Rizieq Shihab ODP Covid-19, Tegur Pihak Rumah Sakit yang Lakukan Swab Diam-diam

Proses usap yang salah di rongga hidung ternyata bisa membawa masalah baru.

"Betul, kalau di hidung ada namanya kontramedia, ada konkon kayak tulang dilapisi mukosa, ada tiga konka ada yang atas bawah,"

"Kalau kita colok-colok itu bisa berdarah, ada tata cara melakukan swab di hidung pelan-pelan masuknya. Bisa cedera,"

Begitu juga metode swab di mulut, juga memiliki risiko yang besar jika dilakukan sembarangan.

Baca Juga: Petugas Rumah Sakit Sedang Shalat Jumat, Habib Rizieq Shihab Malah Lakukan Swab Test dengan Tim Medis dari Luar, Begini Kata Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor

Risikonya mulai dari muntah hingga infeksi.

"Di mulut bisa muntah, karena ada reseptor muntah, kalau dia nusuk sembarangan kena tonsil (amandel), kan tonsilnya bisa berdarah, luka, bisa jadi infeksi," jelasnya.

Selanjutnya, membantu melakukan swab seperti yang dilakukan artis BCL sangat keliru lantaran tidak menggunakan APD yang ketat.

Risiko terpapar virus corona sangat besar jika seseorang yang dilakukan tes tersebut ternyata positif.

Baca Juga: Sebelum Jalani Swab Test, Habib Rizieq Shihab Konsultasi dengan Dokter Pribadinya, Bima Arya: Tadi Pagi Kami Mendapatkan Respon

"Iya risiko juga yang swab bisa ketularan, makanya standarnya harus bagus. Bisa ketularan orang dia mengaga begitu. Dokter-dokter atau siapapun di tenaga medis yang besangkutan dengan saluran pernapasan pasti APD-nya ekstra," lanjut dia.

Maka dari itu, dr. Muhamad Fajri Add'i mengimbau untuk menlakukan swab tes dengan bantuan tenaga medis di rumah sakit dan faskes yang memiliki standar untuk melakukan tes corona.

"Sebaiknya di rumah sakit, tenaga medis yang jelas, kalau bisa di rumah sakit atau faskes yang berstandar melakukan itu," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BCL dan Edric Tjandra Lakukan Swab Test Sendiri, Relawan Satgas Covid-19 Ungkap Bahayanya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya