Bima Arya Sebut Rizieq Shihab ODP Covid-19, Tegur Pihak Rumah Sakit yang Lakukan Swab Diam-diam

Minggu, 29 November 2020 | 06:45
tribun bogor/tribunnews

Wali Kota Bogor, Bima Arya sebut Rizieq Shihab ODP Covid-19. Saat ini Rizieq Shihab sedang dirawat di RS Ummi Bogor.

GridHype.ID - Wali kota Bogor sebut Rizieq Shihab ODP Covid-19 atau orang dalam pemantauan.

Rupanya ada alasan khusus kenapa Bima Arya menyatakan hal tersebut.

Menurut Bima Arya, status ODP Rizieq Shihab berkaitan dengan aktivitasnya selama ini.

Dikatakan, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) ini sempat kontak erat dengan orang yang belakangan diketahui positif Covid-19.

Baca Juga: Kulit Tampak Lebih Cerah tanpa Habiskan Biaya Mahal, Dijamin Bikin Kamu Makin Pede!

"Menurut kami habib ini semestinya statusnya orang dalam pemantauan (ODP), karena termasuk kontak erat dengan orang dinyatakan positif," kata Bima Di Balaikota Bogor, Jumat (27/11/2020).

Itu juga yang mendorong Pemkot Bogor melalui Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk meminta pihak rumah sakit melakukan swab test dengan pendampingan Dinas Kesehatan Kota Bogor kepada habib Rizieq Shihab.

"Karena itu saya sampaikan sebaiknya habib segera melakukan tes pcr swab sesegera mungkin," ujarnya.

Namun pada prosesnya rupanya Habib Rizieq melakukan swab test secara mandiri dengan mendatangan petugas medis dari luar rumah sakit dan diluar pengetahuan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Bima menyebut bahwa dirinya sebagai Ketua Satgas Covid sekaligus kepala daerah memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlindungan kepada warga terlebih saat ini Habib Rizieq dirawat di rumah sakit Kota Bogor yang didalamnya juga banyak pegawai dari wilayah Kota Bogor.

"Karena kita tidak ingin ada sesuatu hal yang terjadi, bagaimanapun habib ini dilayani cukup banyak orang dan penting akan bagi semua selain kesehatan dan keselamatan habib sendiri," katanya.

Sore tadi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang juga ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor mengirimkan tim dari Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk melakukan swab test ulang kepada Habib Rizieq.

Baca Juga: Oknum Polisi di Kediri Ini Digrebek Rekannya Ketika Asyik Pesta Sabu, Berpeluang Dipecat Secara Tidak Hormat

RS Ummi Ditegur

(tribun bogor)
(tribun bogor)

RS Ummi Bogor tempat Rizieq Shihab dirawat.

Bima Arya Sugiarto menyayangkan dengan sikap RS Ummi yang sempat tidak mengetahui adanya tim swab dari luar rumah sakit yang melakukan swab kepada Habib Rizieq Shibab ketika pelaksanaan shalat jumat.

Padahal Bima sebelumnya sudah berkordinasi dengan pihak rumah sakit agar pelaksanaan seab terhadap habib rizieq dengab pendampingan dari Pemkot Bogor melalui Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk memastikan setiap prosesnya berjalan baik.

Namun pada proses perjalananya rupanya habib Rizieq melakukan swab diam-diam tanpa diketahui pihak rumah sakit.

Mendapati itu Bima mengaku sempat menegur pihak rumah sakit.

"Rumah sakit kan punya sistem tamu yang datang prosedurnnya bagaimana bisa terjadi diswab tapi tidak diketahui orang.

Saya, pak kapolres, pak dandim ketika masuk saja dicek satu satu, masa tim swab enggak ketahuan masuk kesini, jangan-jangan enggak pakai APD," kata Bima malam tadi saat mendatangi RS Ummi.

Baca Juga: Nggak Perlu Khawatir Belum Terima BLT Subsidi Gaji, Cukup Buat Pengaduan Lewat Nomor WhatsApp atau Klik Webisite Kemnaker

Bima mengatakan bahwa tugasnya adalah untuk menjalankan undang-undang sesuai aturan yang berlaku.

"Kalau swab harus jelas lembaganya timnya, kita harus pastikan itu dan pihak rumah sakit tadi siang kami lihat kecolongan itu kami tegur dan kami minta kedepan terbuka bekerjasama kalau enggak bisa kena pasal, enggak ngalangin,

saya minta saya tegur keras koperatif demi semuanya bagi kami penting kesehatan habib penting keseehatan yang bekerja disini juga penting ini warga Bogor dan taat aturan juga penting," katanya.

Dapat Kiriman Karangan Bunga

Hingga hari Jumat (27/11/2020) Habib Rizieq Shihab masih berada di RS Ummi, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor untuk menjalani medical chek up dan observasi kesehatan.

Pantauan TribunnewsBogor.com di sekitar rumah sakit, tidak terlihat adanya pengamanan yang mencolok.

Selain itu juga tidak terlihat adanya massa atau penjenguk yang datang, lantaran Habib Rizieq Sendiri tidak ingin dijenguk.

Baca Juga: Petugas Rumah Sakit Sedang Shalat Jumat, Habib Rizieq Shihab Malah Lakukan Swab Test dengan Tim Medis dari Luar, Begini Kata Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor

Namun itu sejak Jumat pagi, karangan bunga berisi ucapan dan doa agar Habib Rizieq Shihab cepat sembuh terus berdatangan ke RS Ummi.

Seorang warga Bogor yang ikut mengirimkan bunga, Tedi Irawan mengatakan, awalnya ia berencana menjenguk Habib Rizieq namun tidak diperkenankan.

Hal itu dikarenakan Habib Rizieq masih butuh istirahat dan tidak diperkenankan menerima tamu.

"Ya memang tidak bisa (masuk), mungkin karena beliau butuh istirahat, kita pahami kondisi Habib ya, kami sebagai warga Bogor berdoa mudah-mudahan Habib tetap diberikan kesehatan oleh Allah SWT," ujarnya.

Selain itu, ia juga membawa karangan bunga ucapan doa agar Habib Rizieq cepat sembuh.

"Karangan bunga ini murni dari pencinta para Habaib ya, spontanitas, mungkin teman-teman media bisa melihat dan membuktikan bahwa ini bukti kecintaan dari warga Bogor," katanya.

(*)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Alasan Bima Arya Sebut Rizieq Shihab ODP Covid-19, Tegur RS Ummi yang Merawat karena Insiden ini

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Surya

Baca Lainnya