Persiapkan Dirimu! Pemerintah Segera Umumkan Jadwal Seleksi CPNS 2021, Jumlah Formasi yang Dibuka Capai 1 Juta

Kamis, 12 November 2020 | 05:30
Tribun Jogja

Hore! Pemerintah Pastikan Akan Buka Lowongan CPNS dan PPPK Besar-besar Pada 2021 Mendatang, Carar Informasi Waktu Pelaksanaanya!

GridHype.ID - Kabar gembira, pemerintah segera umumkan jadwal penerimaan cpns 2021.

MelaluiMenteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB) Tjahjo Kumolo berbicara tentang jumlah formasi CPNS 2021.

Tak main-main jumlah formasinya diperkirakan mencapai lebih dari 1,2 jutauntukseleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021,

Adapun CPNS 2021 rencananya dibuka sekitar Maret tahun depan.

Baca Juga: Ditanya Luna Maya Hal Ini, Jawaban Wijin Bikin Gisel Tak Puas: Ya Masa Cari-cari Banget

Pemerintahan akan kembali membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2021).

Di Penerimaan CPNS 2021, formasi yang dibuka akan lebih banyak yakni lebih dari 1,2 juta CPNS akan direkrut pada CPNS 2021.

Formasi prioritas CPNS 2021 di antaranya:

Baca Juga: Kerap Dituding Merebut Pacar Marion Jola, Brisia Jodi Akui Sama-sama Jomblo saat Bertemu Julian Jacob

1. Guru (kuota: 1 juta)

2. Bidan

3. Perawat

4. Dokter

5. Penyuluh pertanian

Baca Juga: Berseru di Hadapan Pendukungnya, Rizieq Shihab Beberkan Alasannya Pulang ke Tanah Air Usai Berada di Arab Saudi Selama 3 Tahun

6. Penyuluh KB

7. Penyuluh PU

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pemerintah akan kembali membuka seleksi penerimaan CPNS 2021.

Baca Juga: Viral Daun Pisang Berwarna Putih sampai Dikaitkan dengan Hal Mistis, Begini Penjelasan Sang Ahli

"Tahun depan sudah kita sepakati untuk adanya pengadaan 1 juta guru. Kemudian pengadaan bidan, perawat, dokter itu lebih kurang 200.000 sekian. Penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh PU, dan semuanya harus ada," kata Tjahjo Kumolo dalam peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Solo, Jawa Tengah, baru-baru ini.

"Satu desa, kecamatan itu harus ada ASN yang menjadi penyuluh, ada yang kesehatan menyangkut skala prioritas dan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM," sambungnya.

Rencananya seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 akan dibuka pada awal Maret 2021.

Baca Juga: Baru Setahun Menggeluti Usaha Madu Palsu, Tersangka MS Kantongi Keuntungan hingga Rp8 Miliar

Terkait jadwal seleksi CPNS 2021 ini dibocorkan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo.

"Sekitar bulan Maret akan kita buka ( jadwal seleksi CPNS 2021)," ujar Menpan RB, Tjahjo Kumolo pada Rabu (4/11/2020).

Hingga saat ini Tjahjo Kumolo belum membeberkan secara rinci terkait jumlah formasi dan formasi apa saja yang akan dibuka.

Baca Juga: Tenar karena Wajahnya Mirip Raffi Ahmad, Omzet Bakso Ayah Dimas Ramadhan Naik 3 Kali Lipat: Bisa Sampai Rp1 Juta per Hari

"Belum. Karena CPNS 2019 lalu juga masih banyak formasi kosong dan kami juga mengimbau supaya tidak asal rekrut dan harus sesuai kompetensinya," papar Tjahjo.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Andi Rahadian memperkirakan jumlah formasi yang dibuka pada CPNS 2021 akan lebih banyak.

"Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," kata Andi.

Baca Juga: Setelah Sebulan Jalani LDR, Aurel Hermansyah Syok Melihat Penampilan Atta Halilintar : Kamu Kurus Banget ih Nggak Suka

Jumlah formasi yang lebih banyak tersebut dikarenakan pada tahun 2020 tidak ada rekrutmen CPNS.

"Sehingga jumlah kebutuhan formasi kemungkinan diakumulasikan di formasi tahun 2021," kata Andi.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Menpan RB Umumkan Jadwal Seleksi CPNS 2021, Berikut Bocoran Jumlah Formasi yang Capai 1 Juta

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Jakarta

Baca Lainnya