Segera Cek Rekening! Bantuan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Termin Kedua untuk Pekerja Cair Pekan Ini

Sabtu, 07 November 2020 | 08:30
Kompas.com

Horeeee BLT Subsidi Gaji bakal ditransfer lagi ke rekening bikers.

GridHype.ID - Kabar gembira bagi para pekerja yang terdaftar sebagai penerima subsidi gaji.

Hal ini BLT subsidi gaji Rp 600 ribu untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta akan cair.

Hal ini disampaikan olehMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang mengupayakan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan termin II akan disalurkan pekan ini.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Mudah Panik Saat Berada di Situasi Sulit, Virgo Menjadi Sangat Kacau Jika Tak Sesuai Ekspektasinya

Hal ini dia sampaikan dalam tayangan YouTube Kementerian Ketenagakerjaan.

Segera cek rekening, BLT subsidi gaji Rp 600 ribu untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta akan cair.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengupayakan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan termin II akan disalurkan pekan ini.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Pecinta Binatang, Irfan Hakim Bongkar Pengeluaran Biaya Pakan Hewan Peliharaannya

Hal ini dia sampaikan dalam tayangan Youtube Kementerian Ketenagakerjaan.

"Mudah-mudahan minggu ini sudah bisa disalurkan tahap keduanya," katanya, Kamis (5/11/2020).

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini data penerima subsidi gaji termin pertama dalam tahap evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Baca Juga: Dirumorkan Batal Nikah, Ayu Ting Ting Langsung Pamer Potret Mesra Bersama Adit Jayusman: Siapa yang Bilang Putus?

Lebih lanjut kata Ida, evaluasi data ini dilakukan atas usulan dari Lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar penerima subsidi gaji sesuai dengan persyaratan yang tercantum di dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020.

"Bagaimana dengan pencairan tahap kedua? Setelah kami mencairkan tahap pertama atas rekomendasi KPK kami perlu memadankan data penerima dengan data wajib pajak di Kementerian Keuangan," ujar dia.

"Sekarang dalam proses pemadanan data. Untuk memastikan bahwa penerima program subsidi upah itu sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan, harus upah yang di bawah Rp 5 juta," sambung Ida.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Sudah Ditutup, Kriteria Ini yang Menentukan Peserta Lolos atau Tidak

Dia menargetkan evaluasi data penerima subsidi gaji yang dilakukan oleh DJP Kemenkeu akan dituntaskan pekan ini juga.

"Mudah-mudahan hari ini atau besok (padanan data) sudah bisa selesai. Begitu data itu selesai dikonfirmasi langsung kami salurkan," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Hubungan Industrial (KKHI) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Aswansyah menyebutkan, terdapat beberapa masalah yang dihadapi calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan ini ketika belum menerima bantuan dari pemerintah.

Baca Juga: Kisah Orang-orang yang Bangkit dari Kematian, Ungkap Hal yang Mereka Rasakan Saat Jantung Tak Lagi Berdetak

Masalah tersebut menurut dia kebanyakan bersumber dari nomor rekening para calon penerima.

Dia menyebutkan, ada 5 rekening bakal sulit menerima subsidi gaji.

Salah satu yang dia sebutkan adalah penggunaan rekening biru atau yang biasa digunakan nasabah untuk meminjam dana dari bank.

Baca Juga: Belum Selesai Wabah Covid-19, 6000 Warga di Barat Laut China Positif Terinfeksi Bakteri Brucellosis, Begini Gejala Awalnya

Masalah rekening lainnya, sambung dia, yaitu rekening duplikasi, rekening tidak aktif, rekening diblokir, yang terakhir nama rekening calon penerima subsidi gaji tidak sesuai dengan nama di Nomor Induk Kepesertaan (NIK) BPJS Ketenagakerjaan.

Dia juga menyebutkan, data terakhir per 20 Oktober 2020, terdapat 152.000 nomor rekening calon penerima subsidi gaji bermasalah.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau kepada pekerja yang akan menerima subsidi gaji untuk segera memverifikasikan masalah rekeningnya ke bank.

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Pencairan BLT Gaji Rp 600 Ribu Gelombang 2 Bakal Cair Minggu Ini, Yuk Cek Rekening

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya