Ulah Ade Londok Tarik Kursi Malih Tong Tong Hingga Terjatuh Rupanya Berisiko Sebabkan Kelumpuhan Akibat Cedera Tulang Ekor, ini Penjelasan Dokter

Jumat, 06 November 2020 | 18:15
Tribun Jatim

Ade Londok tanggapi sikapnya yang viral terhdapa komedian Malih

Gridhype.id-Beberapa waktu lalu aksi Ade Londok yang menarik kursi komedian Haji Malih hingga membuatnya terjengkang dan terjatuh mendapat banyak kritikan dari masyarakat.

Kejadian tersebut terjadi dalam sebuah program acara, dimana Ade Londokberperan sebagai petugas keamanan atau hansip, lalu Malih berperan sebagai calon ketua lingkungan.

Dalam satu adegan, Ade Londok menarik Haji Malih hingga membuatnya terjengkang dan terjatuh.

Baca Juga: Tak Kuat Dihujat Seantero Indonesia, Ade Londok Pilih Mundur dari Dunia Artis: Sekarang Mau Kembali Lagi Jadi Tukang Jahit

Terlihat jelas adegan itu tidak seperti tidak direncanakan, alias spontan, tak heran Malih pun memasang ekspresi kaget usai terjatuh.

Warganet pun langsung menilai apa yang dilakukan oleh komedian asal Bandung yang memviralkan odading itu dianggap tak lucu dan tak sopan.

Tangkap layar kanal Youtube Deddy Corbuzier

Komedian Malih Tong Tong

Baca Juga: Fenomena Awan Melingkar yang Muncul di Tiga Gunung, Punya Dampak Berbahaya Bagi Penerbangan

Tak hanya tak sopan, adegan candaan dengan menarik kursi sangat berbahaya karena berisiko menyebabkan kelumpuhan akibat cedera tulang ekor.

Sudah banyak korban yang alami trauma fisik bahkan kelumpuhan akibat candaan tarik kursi, meski sebagian besar adalah remaja.

Apalagi bila candaan itu dilakukan pada orangtua yang kondisi tulangnya lebih rawan rusak akibat trauma.

Baca Juga: Rumah Tangganya Selalu Harmonis Selama 15 Tahun, Andre Taulany Blak-Blakan Sebut Jika Pernah Merasa Bosan

CANDAAN TARIK KURSI BISA SEBABKAN KELUMPUHAN

DilansirGridhype.id dari kompas.com, seorang Dokter Spesialis Tulang yang juga Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Rahyussalim, SpOT, K-Spine mengatakan seandainya ada orang yang jatuh dengan posisi terduduk umumnya yang paling sering terkena adalah daerah lumbal yakni sekitar pinggang dan tulang belakang.

“Akibat cedera itu biasanya ada 2 struktur yang pasti kena. Pertama struktur tulang dan kedua struktur saraf,” jelasnya.

Baca Juga: Uus Bongkar Fakta Wendi Cagur Didepak dari OVJ, Sang Komedian Buka Suara

tribunnews.com

Siswi SMK lumpuh karena cedera tulang ekor

Pemeriksaan harus teliti Apabila yang cedera adalah tulang maka akan menimbulkan nyeri, sedangkan jika pada saraf maka akan mengalami mati rasa ataupun kelumpuhan.

Ia juga mengingatkan agar tak menyepelekan seseorang yang jatuh dengan posisi terduduk ataupun seseorang yang terjatuh dan kemudian mengalami kelumpuhan.

Termasuk pada anak-anak, karena garis fraktur pada hasil rontgen anak terkadang tidak terlalu jelas sehingga kemungkinan bisa menimbulkan kekeliruan diagnosis apabila tidak dicermati oleh dokter pemeriksa dengan teliti.

Umumnya kondisi patah akan terlihat sangat jelas ketika dilihat melalui MRI.

Baca Juga: Fenomena Awan Melingkar yang Muncul di Tiga Gunung, Punya Dampak Berbahaya Bagi Penerbangan

Tulang ekor cedera

Adapun ia menjelaskan, efek terjatuh dari kursi dengan posisi terduduk bisa langsung maupun tak langsung terjadi.

“Kalau direct injury itu mengenai tulang panggung, pinggang, dan leher,” kata dia

Sementara indirect injury umumnya gangguan terjadi di struktur saraf, saraf pusat, saraf perifer, atau gangguan indera penglihatan, dan pendengaran.

Pada kondisi ini umumnya efeknya dirasakan langsung sakit saat itu.

Akan tetapi akibat yang ditimbulkan gradual atau bertahap yang bisa menjadi semakin berat.

“Misal sekarang nyeri doang, setelah sekian waktu makin berat, 6 bulan kemudian lumpuh. Itu bisa saja terjadi seperti itu,” imbuhnya.

Baca Juga: 6 Tahun Mejanda, Begini Lika-Liku Kehidupan Tessa Kaunang yang Harus Banting Tulang Merawat Buah Hatinya Sebagai Single Parent

JANGAN DIURUT

Pengurutan bisa menimbulkan bahaya.

“Pengurutan itu semacam manipulasi pada daerah pinggang itu. Kalau itu dikerjakan, akan terjadi pergeseran pada daerah atau struktur tulang yang patah atau cedera,” katanyaseperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (06/11/2020).

Ia menambahkan, manipulasi yang dilakukan pada bagian tulang patah hanya akan menambah cedera seseorang.

Dan satu-satunya penanganan dalam kondisi demikian adalah operasi.

“Cedera diikuti lumpuh mau enggak mau harus dioperasi. Operasi sebenarnya untuk menstabilkan tulang yang patah,” kata dia.

Ia juga menyebut terapi yang juga bagus itu adalah dengan stem cell.

(*)

Artikel ini telah tayang di Gridhits.id dengan judul, Bukan Hanya Tak Lucu, Ulah Ade Londok yang Tarik Kursi Hingga Malih Terjatuh Berisiko Sebabkan Komedian Senior itu Lumpuh karena Cedera Tulang Ekor

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya