Pandemi Ini Jadi Hobi Berolahraga? Yuk Intip Tips Membersihkan Matras Yoga Biar Engga Cepat Rusak

Selasa, 03 November 2020 | 10:30
dok. istockphoto

Tips membersihkan matras yoga pakai cuka

GridHype.ID - Kamu suka yoga? kayaknya tips berikut enggak boleh kamu lewtkan.

Umumnya saat yoga, kamu bakal menggunakan matras sebagai alas.

Yup, matras yang kita gunakan sangat mungkin terkena dan menyerap keringat yang kita hasilkan saat melakukan berbagai gerakan yoga.

Ketika malas membersihkan, matras yang banyak menyerap keringat dan jarang dibersihkan tersebut dapat menimbulkan aroma kurang sedap yang mengganggu kenyamanan, juga bisa menjadi sarang kuman.

Baca Juga: Bisa Turun 1 Kilogram hanya Dalam Waktu Sehari, Intip Diet ala Jennie Blackpink, Garam Jadi Pantangan!

Untuk itu, sebaiknya kita jangan malas mencuci matras yoga supaya nyaman saat digunakan dan mendukung latihan yoga kita lebih kondusif.

Tentu saja dengan cara yang tepat biar matras yoga kita enggak cepat rusak ya.

Nah, berkaitan sama membersihkan matras yoga, berikut tips cara membersihkan matras yoga biar tetap bersih tapi enggak cepat rusak. kepoin yuk!

1. Jangan lupa bersihkan seminggu sekali

Menjaga agar matras tetap bersih, sebaiknya kita bersihkan matras seminggu sekali.

Tapi buat kita yang memang rutin olahraga yoga, intensitas membersihkannya pun jangan lupa ditambah ya. Misalnya 2 sampai 3 kali seminggu.

Soalnya keringat yang jatuh dan terserap pada matras bisa menjadi sarang kuman yang berbahaya bagi tubuh dan kulit kita.

2. Bersihkan dengan Plas Chamois

Saat membersihkan matras yoga, kita disarankan menggunakan Plas Chamois dari pada menggunakan kain/lap.

Baca Juga: Cuma 20 Menit, Gerakan Yoga Berikut Bisa Kurangi Sakit Kepala Hingga Hilangkan Stres di Tengah Pandemi

Salah satu brand Plas Chamois yang terkenal adalah Kanebo.

Yup, menggunakan kanebo akan lebih bagus karena mampu menyerap air dan membersihkan kotoran/debu dengan sangat baik.

Caranya, kita dapat membersihkan matras dengan mengelapnya menggunakan kanebo yang sudah dibasahkan dengan campuran cairan pembersih serbaguna dan air.

Jangan lupa peras kanebo sampai lembap (enggak terlalu basah), baru bisa kita gunakan untuk mengelap permukaan matras.

Namun, dilansir dari Kompas.com, kalau matras yoga terbuat dari karet alami sebaiknya gunakan campuran cairan pembersih dengan cuka (perbandingan 50:50).

Formula ini diklaim ampuh untuk menghilangkan kuman, mengembalikan fleksibilitas tekstur karet dan menjaga warna matras tetap oke.

3. Keringkan dengan cara digantung

Setelah mencuci matras, jangan lupa untuk membuatnya kering dengan cara digantung di tempat teduh, yang banyak tertiup angin.

Baca Juga: Hanya Lakukan Gerakan Sederhana Ini Selama 20 Menit Setelah Bangun Tidur Tiap Hari, 5 Manfaat Kesehatan akan Kamu Peroleh

Sebaiknya kita enggak menjemur matras langsung terkena sinar matahari yang menyengat, karena dapat merusak fungsi material dasar matras.

4. Sebaiknya tidak direndam

Dilansir dari Kompas.com, sebaiknya kita juga enggak merendam matras yoga dan menggunakan terlalu banyak sabun atau air saat mencuci matras.

Itu karena, air sangat mungkin masuk ke dalam matras ketika kita merendamnya, dan itu membuat matras enggak nyaman lagi saat digunakan.

5. Jangan lupa jemur walaupun enggak sempat membersihkan

Kalau kita enggak punya banyak waktu untuk membersihkan matras yoga, setelah digunakan sebaiknya kita enggak langsung menggulung matras.

Kita tetap perlu menjemur matras dengan cara digantung biar terkena angin, supaya keringat yang menempel setidaknya kering dengan cepat.

Baca Juga: Disebut Bajunya Samaan Dengan Ayu Ting-Ting, Nagita Slavina:

Keringat yang dibiarkan basah akan menimbulkan lembab dan hal ini memberikan peluang bakteri untuk berkembang, sehingga menimbulkan bau.

Itu dia 5 cara membersihkan matras yoga yang bisa kita coba.

Selamat menerapkannya di rumah, ya!

(*)

Artikel ini telah tayang di Cewek Banget dengan judul Tips Cara Membersihkan Matras Yoga Biar Enggak Cepat Rusak, Kepoin Yuk!

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : cewek banget.id

Baca Lainnya