Coba Cek Matamu! 4 Kondisi Ini Pertanda Kita Mengidap Penyakit Serius

Kamis, 29 Oktober 2020 | 06:45
https://www.maxpixels.net/

Ilustrasi mata

GridHype.ID - Seperti halnya bagian tubuh lain, mata rupanya bisa jadi indikator adanya penyakit serius yang tersembunyi dalam tubuh kita.

Meski jarang kita menyadarinya namun para ahli telah menjabarkan mata kita bisa menunjukkan tanda adanya penyakit serius.

Dilansir Nakita.ID, berikut beberapa penyakit mematikan yang bisa dideteksi dari kondisi mata kita. Periksa segera!

Baca Juga: Tak Perlu Lagi Keluarkan Uang untuk Obat Mahal, Daun Bawang Ternyata Simpan Segudang Manfaat Kesehatan

1. Kanker

Ternyata, pemeriksaan kondisi mata juga bisa mendeteksi apakah kita menderita kanker atau enggak.

Menurut Joseph Pizzimenti, profesor di Nova Southeastern University College of Optometry Eye Care Institute di Fort Lauderdale, Florida, kita bisa menemukan semuanya, mulai dari tumor otak hingga kanker payudara dan paru-paru melalui mata.

Ada juga jenis perdarahan tertentu di retina yang bisa jadi pertanda leukemia.

Dokter mata bisa lho mendiagnosis tumor otak berdasarkan perubahan di bidang penglihatan pasien.

"Melanoma ganas dapat menyerang di belakang mata, dan pasien sering nggak tahu itu ada kecuali kanker berada di tengah-tengah bidang penglihatan mereka," kata Pizzimenti.

2. Diabetes

Salah satu petunjuk pertama untuk diabetes tipe 2 yaitu ada sejumlah kecil perdarahan di retina, yang merupakan gejala retinopati diabetik.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Jika Bentuk Bokongmu Bisa Prediksi Risiko Penyakit yang Mengintaimu Selama ini

"Saya melihat pasien setiap hari yang mengalami kerusakan ini dan yang belum didiagnosis menderita diabetes," ujar Pizzimenti.

Kalau enggak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan kebutaan, tapi mengelolanya bisa mengurangi risiko jadi setengahnya.

Ketika retinopati diabetik terdeteksi dini, perubahan gaya hidup seperti makan lebih sehat dan menurunkan berat badan dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut.

3. Tekanan darah tinggi

Kerusakan pembuluh darah termasuk melemahnya dan menyempitnya arteri dapat menandakan tekanan darah tinggi, kata Jessica Ciralsky, MD, asisten profesor oftalmologi di Well Cornell Medical College di New York City.

Menurut jurnal di American Journal of Medicine, beberapa penelitian berskala besar telah menemukan hubungan antara penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah kecil di retina.

4. Radang Sendi

Sekitar 25% pasein radang sendi secara umum memiliki masalah mata kering.

Baca Juga: Tidak Melulu Buruk, Begini Cara Memasak Mi Instan dengan Cara yang Sehat

Pasien dengan radang sendi, penyakit peradangan yang memengaruhi sendi kecil di tangan dan kaki, memiliki tingkat bahan kimia inflamasi tinggi yang terdapat di dalam darah mereka.

Terkadang tanda ini bisa bermigrasi ke bola mata maupun ke sendi.

Itu tadi beberapa penyakit serius yang bisa dideteksi lewat kondisi mata tertentu. Mulai sekarang kita harus lebih peka lagi, ya!

(*)

Artikel ini telah tayang di Cewek Banget dengan judul 4 Kondisi Mata yang Jadi Tanda Kita Terkena Penyakit Serius. Periksa!

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : cewek banget.id

Baca Lainnya