5 Alasan Sebaiknya Kamu Tidak Lagi Mengkonsumsi Ikan Mujair, Salah Satunya Bisa Picu Penyakit Mematikan

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 17:15
Hello Sehat

Ikan Mujair

Gridhype.id- Ikan Mujair menjadi salah satu bahan olahan makanan yang banyak diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Mulai dari di goreng, dipecak hingga dibakar ikan mujair menjadi salah satu santapan favorit masyarakat Indonesia.

Meski mengkonsumsi ikan sangat dianjurkan untuk kesehatan sebagai sumber protein, namun ikan mujair menjadi pengecualian.

Baca Juga: Bak Kisah Nabi Yunus, Pria ini Ditelan Hidup-hidup Oleh Ikan Paus dan Berhasil Keluar Selamat dengan Cara ini

Ada beberapa alasan yang membuat ikan mujair sebaiknya tidak dikonsumsi, salah satunyabahkan disebut bisa memicu kanker!

Ya, mungkin di antara kita yang doyan makan ikan mujair ini jadi tak yakin setelah mengetahui 5 fakta mengejutkan berikut ini.

1. Ikan yang DiternakkanMasih banyak peternak yang membudidayakan ikan dan hanya fokus pada keuntungan saja.Hasilnya, tentu kualitas dari ikan-ikan tersebut tak diperhatikan dan hanya mementingkan kuantitas.Kondisi tersebut akan memperparah polusi dan tentunya membuat kualitas ikan itu sendiri berkurang.

Baca Juga: China Kapok Datangkan Lagi Produk Laut Impor dari Indonesia Lantaran Tempo Hari Paket Ikan Beku Terdeteksi Virus Corona

Di Indonesia, ikan mujair menjadi salah satu jenis ikan yang populer dan banyak ditemukan sebagai bahan makanan.

Harganya yang relatif murah membuat banyak ibu rumah tangga yang memilih ikan mujair sebagai menu makanan sehari-hari.

Namun tahukah kamu bila ikan mujair yang banyak diternakkan ini ternyata punya dampak buruk bagi kesehatan?

2. Kadar Lemak Buruk Sangat TinggiBila ikan mujair liar makan tumbuhan air dan algae, ikan mujair di peternakan ikan akan makan jagung dan pelet kedelai.

Selain itu, ikan-ikan tersebut juga akan digemukkan.Sayangnya proses penggemukan tersebut membuat ikan memiliki kandungan lemak yang tak baik bagi tubuh kita.

Baca Juga: Sering Dikonsumsi Hingga Diternak di Indonesia, Ikan Jenis ini Ternyata Kurang Baik Untuk Kesehatan, Bisa Picu Kanker

Misalnya, kandungan asam lemak omega-6 yang sangat tinggi.Padahal yang dibutuhkan tubuh kita adalah asam lemak omega-3.Psst, sekadar informasi, kadar omega-6 pada ikan mujair lebih tinggi daripada satu porsi hamburger atau bacon, lo!

3. Mengandung Zat KimiawiIkan-ikan pada peternakan biasanya diberi antibiotik dan sangat mungkin terpapar pestisida yang seharusnya digunakan untuk memberantas hama.Selain itu, sering ditemukan juga ikan mujair yang mengandung bahan kimia yang sama seperti yang ada pada plastik PVC, yaitudibutyltin.Sebuah artikel dari Dr. Axe menyebutkan bahwa kandungan ini akan menyebabkan obesitas, alergi, asma, dan gangguan metabolik lainnya apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Bekerja Lembur Hingga Selalu Tidur di Atas Jam 12 Malam, Pria ini Pingsan Hingga Alami Koma Karena Sering Begadang

4. Memakan Kotorannya SendiriDuh, alasan keempat ini memang terdengar menjijikan.

Tapi, tahukah kita bahwa ikan mujair dari peternakan ikan yang sangat padat akan cenderung makan kotorannya sendiri, lo.Bahkan di negara tertentu, ikan mujair juga diberi makanan dari kotoran itik atau babi.Padahal dalam kotoran tersebut mengandung mikroba jahat seperti salmonella yang sangat tinggi dan bisa mengganggu fungsi tubuh kita.

Baca Juga: Mendiang Yana Zein Meninggal Akibat Penyakit Mematikan, Minuman yang Digemari Masyarakat Indonesia ini Jadi Salah Satu Penyebabnya

5. Bisa Memicu KankerIkan mujair merupakan produk perikanan yang seringkali tidak mendapat perawatan yang tepat, sehingga memiliki kandungan dioxin yang tinggi.Dioxin adalah racun kimiawi yang bersifat karsinogen atau memicu kanker.Sekali dioxin masuk ke tubuh kita, dibutuhkan waktu 7 hingga 11 tahun sebelum benar-benar bersih di tubuh kita.

Maka, alangkah baiknya bila kita memang sedang ingin mengonsumsi ikan mujair atau ikan lainnya, pastikan dulu darimana ikan itu berasal.Jangan sampai mempertaruhkan kesehatan kita atau keluarga tercinta, ya!(*)Artikel ini sudah tayang di nova.grid.id dengan judul “Masih Yakin Mau Makan Ikan Mujair Setelah Tahu 5 Fakta Mengejutkan Ini?"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Nova

Baca Lainnya