Tetap Cantik dan Bugar di Usianya yang Menginjak 39 Tahun, Rupanya Wulan Guritno Tekuni Olahraga yang Banyak Disukai Para Pria

Sabtu, 03 Oktober 2020 | 11:30
Instagram @wulanguritno

Wulan Guritno

Gridhype.id- Diusianya yang tak lagi muda, artis cantik Wulan Guritno masih terlihat bugar dan awet muda.

Menginjak usia 39 tahun, tubuh ideal Wulan Guritno bikin iri setiap wanita.

Rupanya untuk mendapatkan tamppilan tubuh yang ideal dan bugar seperti ini, ia mengimbanginya dengan berolahraga rutin.

Baca Juga: Wulan Guritno Harus Jalani Pernikahan Dini Akibat Hamil di Luar Nikah, Begini Kabar Mantan Suami Sang Artis yang Hilang Bak Ditelan Bumi!

Beberapa jenis olahraga puntelah dilakoni Wulan, namun ada satu jenis olahraga yang ia geluti selama ini.

Bukan kardio atau pun yoga seperti yang khas dilakukan oleh kebanyakan perempuan, tetapi Wulan justru memilih olahraga angkat besi.

"Biasanya aku olahraga weightlifting, high intensity, dan aku detail cari tahu apa yang baik buat badan aku. Kemarin itu lagi rajin yang personal training," kata Wulan saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020) lalu.

Kolase Gridhype.id
Kolase Gridhype.id

Menginjak Kepala Empat, Wulan Guritno Masih Terlihat Bugar, Rupanya Banyak Rahasia Kesehatan yang Ia Miliki, Simak Yuk, Trus Lakukan Agar Tubuh Ikutan Bugar!

Wulan mengatakan, rutinitas olahraga angkat besi pun selalu dilakukan setiap pagi sebelum berangkat bekerja.

Baca Juga: Wajib Tahu, Virus Corona Lemah Terhadap 3 Hal ini, Bisa Bantu Kita Terhindar dari Paparan Covid-19

"Kadang aku olahraga pagi jam tujuh, kalau pekerjaan jam sembilan itu aku mandinya di studio. Jadi mobil aku sudah ada baju olahraga dan lain-lain, jadi bisa habis olahraga langsung kerja," ucapnya.

Meski begitu, kebiasaan yang ia lakukan ini, kata Wulan, sudah turunan dari orangtua terdahulunya.

" Olahraga itu rajin banget karena dari nenek buyut aku emang rajin olahraga, dan mereka panjang umur dan sehat sampai akhir hayat. Nah, aku mengikuti mereka dan perlu suplemen penunjang," ujar Wulan.

Baca Juga: Masih Banyak yang Tidak Tahu, Jangka Waktu Pemakaian Bra yang Sama Hanya Bisa Sampai 6 Bulan Saja lho!

Manfaat olahraga angkat besi bagi wanita

Sementara itu dilansir dari Grid Health, rupanya banyak manfaat angkat beban bagi wanita.

Menurut Alexandra Rohloff, seperti dikutip dari The Health Awareness, latihan beban menawarkan perempuan sejumlah manfaat termasuk penurunan berat badan, pembakaran lemak, meningkatkan massa otot, serta memerangi osteoporosis.

Perlu kita ketahui bahwa peningkatan otot pada wanita hanya akan menonjolkan penampilan feminim mereka.

Wanita tidak akan memiliki otot seperti pria. Wanita tidak akan menjadi “maskulin” jika mereka berlatih beban, karena wanita tidak memiliki hormon yang dapat membentuk otot-otot seperti yang ada pada pria, kecuali jika wanita tersebut diberi penguat hormon seperti steroid anabolik.

Berikut beberapa manfaat latihan angkat beban;

Baca Juga: Tips Turunkan Berat Badan Meski Malas Berolahraga, Cocok Buat Kamu Kaum Rebahan

1. Lemak berkurang 40%

Penelitian dari Pennsylvania State University yang mengamati penurunan lemak seseorang dengan membagi orang-orang, berdasarkan jenis latihannya, menjadi 3 kelompok yaitu: orang yang tidak melakukan latihan, orang yang hanya mengikuti latihan aerobik, dan orang yang melakukan aerobik sekaligus mengangkat beban.

Kelompok yang melakukan aerobik dan angkat beban dapat menghilangkan lemak sebanyak 9,5 kg, namun para pengangkat beban dapat menurunkan lemak lebih banyak 3 kg ketimbang yang tidak mengangkat beban.

Mengapa? Karena pengangkat beban hanya kehilangan lemak, sedangkan yang lain kehilangan lemak dan ototnya.

Penelitian lain terhadap orang yang diet namun tidak melakukan latihan angkat beban memperlihatkan 75% dari berat tubuh yang hilang adalah lemak dan 25%-nya otot.

Kehilangan otot dapat menurunkan berat badan, namun tidak memiliki pengaruh terhadap penampakan tubuh.

Baca Juga: Miliki Anak Gadis yang Beranjak Dewasa, Wulan Guritno Nyatakan Tak Segan Cerca Pacar Shaloom Jika Berani Berulah: Biasanya Gue Emosi Kalau Cowoknya Berulah

2. Membakar lebih banyak kalori

Angkat beban akan meningkatkan kalori yang terbakar, karena setelah menjalani latihan, otot akan membutuhkan banyak energi untuk memperbaiki seratnya.

Bahkan, para peneliti menemukan bahwa mengangkat beban akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh bahkan selama 39 jam setelahnya.

3. Mengatasi stres

Melepaskan keringat ketika berlatih angkat beban akan membuat kita menikmati hidup tanpa tekanan.

Para ilmuwan menyatakan bahwa orang yang rajin berolahraga menunjukkan tingkat hormon stres yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga.

Studi lain menunjukkan bahwa setelah kita menghadapi situasi yang membuat stres, orang yang memiliki masa otot paling banyak lebih mudah mengembalikan tekanan darah ke kondisi semula.

Baca Juga: Payudara Sudah Kendur Padahal Masih Muda, 5 Kebiasaan ini yang Jadi Penyebabnya, Segera Hindari!

4. Menyehatkan jantung

Para peneliti University of Michigan menemukan bahwa orang yang melakukan tiga latihan beban dalam seminggu selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah diastolik (angka tekanan terendah) dengan rata-rata 8 poin.

Hal tersebut cukup untuk mengurangi risiko stroke sebesar 40% dan kemungkinan serangan jantung sebesar 15%.

5. Memperpanjang umur

Peneliti University of South Carolina menyatakan bahwa kekuatan tubuh total dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker.

Demikian pula menurut ilmuwan lain yang menyatakan bahwa memiliki tubuh yang kuat semasa usia pertengahan berkaitan dengan keberlangsungan hidup yang luar biasa, yang diartikan sebagai hidup pada umur 85 tahun tanpa memiliki penyakit khusus.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"Wulan Guritno Berikan Tips agar Tubuh Tetap Bugar"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya